Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Multiple Intelligence dan Hasil Belajar IPA

Authors

  • I A Anggia Pramesty Devi Ambaraputri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Pudjawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ayu Tri Agustiana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27339

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh yang signifikan model pembelajaran think pair share terhadap multiple intelligence siswa yang ada pada pelajaran IPA, 2) pengaruh yang signifikan model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA, 3) pengaruh yang signifikan model pembelajaran think pair share terhadap multiple intelligence dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian yaitu Non Equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Gugus X Kecamatan Buleleng. Sampel ditentukan dengan tenik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa tes pilihan ganda dalam mengukur hasil belajar IPA dan non tes berupa angket untuk mengukur multiple intelligence siswa. Teknik analisis data menggunakan MANOVA (Mulitivariat Analysis of Variance). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran think pair share terhadap terhadap multiple intelligence siswa yang ada pada pelajaran IPA. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Ketiga, terdapat pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap multiple intelligence dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA.

Author Biographies

I A Anggia Pramesty Devi Ambaraputri, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ketut Pudjawan, Universitas Pendidikan Ganesha

TP

I Gusti Ayu Tri Agustiana, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Agustiana, I G. A. T. 2014. Konsep Dasar IPA Aspek Biologi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Ariantini, N. K. A., Rati, N. W., & Murda, I N. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SD Gugus II Kecamatan Melaya. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2).

Halijah. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Think Pair Share. Jurnal Global Edukasi, I(3), 325-330.

Hasan, M., Yarmi, G., & Sarkadi. 2018. Pengaruh Integrasi Pembelajaran Literasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Siswa Sekolah. Jurnal Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.

Mahendra, I Wayan Eka. 2019. Analisis Butir Soal. Workshop Peningkatan Kompetensi Evaluasi Pembelajaran Guru SLB N 1 Buleleng, 4-7 September 2019, Singaraja

Riyanto, Y. H. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Rosita, I., & Leonard. 2015. Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal Formatif, 3(1), 1-10.

Sunartini, F. V. 2013. Menggali Kemampuan Akademik Peserta Didik Melalui Aplikasi Multiple Intelegensi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Humanika, 13(1).

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan nasional. 2003. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Downloads

Published

2020-07-22

How to Cite

Ambaraputri, I. A. A. P. D., Pudjawan, K., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Multiple Intelligence dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 306–315. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27339

Issue

Section

Articles