Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Multiple Intelligence dan Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27339Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh yang signifikan model pembelajaran think pair share terhadap multiple intelligence siswa yang ada pada pelajaran IPA, 2) pengaruh yang signifikan model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA, 3) pengaruh yang signifikan model pembelajaran think pair share terhadap multiple intelligence dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian yaitu Non Equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Gugus X Kecamatan Buleleng. Sampel ditentukan dengan tenik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa tes pilihan ganda dalam mengukur hasil belajar IPA dan non tes berupa angket untuk mengukur multiple intelligence siswa. Teknik analisis data menggunakan MANOVA (Mulitivariat Analysis of Variance). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran think pair share terhadap terhadap multiple intelligence siswa yang ada pada pelajaran IPA. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Ketiga, terdapat pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap multiple intelligence dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA.
References
Agustiana, I G. A. T. 2014. Konsep Dasar IPA Aspek Biologi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Ariantini, N. K. A., Rati, N. W., & Murda, I N. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SD Gugus II Kecamatan Melaya. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2).
Halijah. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Think Pair Share. Jurnal Global Edukasi, I(3), 325-330.
Hasan, M., Yarmi, G., & Sarkadi. 2018. Pengaruh Integrasi Pembelajaran Literasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Siswa Sekolah. Jurnal Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.
Mahendra, I Wayan Eka. 2019. Analisis Butir Soal. Workshop Peningkatan Kompetensi Evaluasi Pembelajaran Guru SLB N 1 Buleleng, 4-7 September 2019, Singaraja
Riyanto, Y. H. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Rosita, I., & Leonard. 2015. Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal Formatif, 3(1), 1-10.
Sunartini, F. V. 2013. Menggali Kemampuan Akademik Peserta Didik Melalui Aplikasi Multiple Intelegensi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Humanika, 13(1).
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan nasional. 2003. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)