Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Authors

  • komang Junia Adi Purnama Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ngurah Japa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Suarjana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27413

Keywords:

Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, Efektivitas

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa dan  pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered) menjadi masalah utama penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar Matematika. Penelitian ini menggunakan metode pencatatan dokumen yang berkaitan dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar Matematika di sekolah dasar yang dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yakni meta analisis dengan kegiatan yang dilaksanakan sebagai berikut; (1) menentukan dan mempelajari topik penelitian yang akan dirangkum, (2) mencari dan mengumpulkan sejumlah topik yang telah ditentukan dan menyeleksinya, (3) melakukan perhitungan effect size dengan mengidentifikasi mean dan standar deviasi dari perhitungan uji t yang telah dilakukan, dan (4) menarik kesimpulan dan menginterprestasikan hasil penelitian meta analisis. Hasil analisis effect size memaparkan bahwa dari ke 7 penelitian yang relevan hanya terdapat 5 penelitian yang dapat diukur efektivitasnya dikarenakan data yang disajikan lengkap dengan perolehan perhitungan effect size model pembelajaran Two Stay Two Stray efektif terhadap hasil belajar Matematika siswa dengan hasil belajar Matematika berada pada kategori sangat tinggi. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray  efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa

Author Biographies

komang Junia Adi Purnama, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha

I Gusti Ngurah Japa, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Made Suarjana, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Ansor, S. 2017. Studi Met

a Analisis Strategi dan Pemanfaatan Jurnal Elektronik untuk Mahasiswa Lulusan Universitas Negeri Malang dalam Upaya Publikasi Ilmiah Bereputasi International. Record and Library Journal. 3 (1).

Arianti, Haedar, dan Saleh. 2017. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif TipeTwo Stay Two Stray (TSTS) pada Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pinrang. Jurnal Office. 3 (2).

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arthaningsih & Diputra. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Melalui Model Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal Of Education Technology. 2 (4).

Asep Mulyana, A., Rochman, C., & Salim, A. (2019). Tantangan Kompetensi Kognitif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Alfa Centauri Bandung. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 8(2), 344-368.

Astesya, Wasitohadi, dan Rahayu .2018. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS Dengan TPS Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Didaktika Dwija Indiria. 6 (2).

Aqib, Zainal dan Murtadlo. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran. Bandung: PT SARANA TUTORIAL NURANI SEJAHTERA

Chotimah, H. (2018). PENINGKATAN KETERAMPILAN DISKUSI SISWA KELAS X SMAN 1 PLERET, BANTUL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 8(1), 29-40.

Dawani, Margiyati, Sabri. 2018. Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 7 (9).

Dasem, A. A., Laka, B. M., & Niwele, A. (2018). Peranan Guru Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD Inpres Komboi Kabupaten Biak Numfor. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 126-136.

Diani, Yuberti, Syafitri. 2016. Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble Dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peseta Didik Kelas X Man 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. 5 (2).

Hamdani, R., & Indriani, D, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Kelompok dan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VII MTs Miftahul

Mubtadiin. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya, 3(2), 185-194.

Handayani, Nunuk., Slameto, & Radia. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Ditinjau dari hasil Belajar Siswa Kelas V SD Pada Mata Pelajaran Matematika. International Journal Of Elementary School Education. 2 (1).

Iskandar, J. (2019). Implementasi Sistem Manajemen Keuangan Pendidikan. Jurnal Idaarah, 2019,3.1:116

Jumpa Ukur, M. P. (2020). MANFAAT DAN KENDALA ADMINISTRASI PENDIDIKAN DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN. Jurnal Ilmiah Research Sains Vol, 6(1).

Febriyanti, Jampel, Syahruddin. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha. 2 (1).

Saidah. 2016. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Saputra, I. M. D. (2019). PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM TEMBANG “CENING AYU”. PRATAMA WIDYA: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 2(2), 51-57.

Setyowati, Y.E., Relmasira, S.C., & Hardiani, A. T. A. (2019). PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MUATAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TWO STAY TWO STRAY SEKOLAH DASAR. Jurnal Elementaria Edukasi, 2(1).

Shoimah, R. N. (2020). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KONKRIT UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III MI MA’ARIF NU SUKODADI-LAMONGAN. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 1-18

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Roqib&Nurfaudi. 2020. Kepribadian Guru Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru Yang Sehat di Masa Depan. Purwokerto: CV. Cinta Buku.

Surata, K, I., Sudiana, M, I., Sudirgayasa, G, I. 2020. Meta-Analisis Media Pembelajaran pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Of Education Technology. 4 (1).

Thalheimer&Cook. 2002. How to Calculate Effect Size From Published Research A Simplifield Methodology.www.work-learning.com

Waluyohadi, G, E, A. 2019. Meta-analisis Study of Achievement Motivation and Academic Achievement. Jurnal Psikopedia. 18 (2).

Wirnawati, Tampubolon, Asran. 2017. Pengaruh Media Konkret Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN 15 Sempalai Tebas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 6 (7).

Rediarta, I, W., Sudarma, K, I., & Murda, N, I. 2014. Pengaruh Model Kooperatif Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar IPA. 2 (1).

Downloads

Published

2020-07-23

How to Cite

Purnama, komang J. A., Japa, I. G. N., & Suarjana, I. M. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 343–350. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27413

Issue

Section

Articles