Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran Ipa Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Novi Purwita Novi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Suarjana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Agus Sudarmawan SD Negeri 4 Kampung Baru

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.37427

Keywords:

Problem Based Learning, Learning Outcomes

Abstract

Kurang terlibatnya siswa dalam kegiatan pembelajaran dan pembelajaran yang dilaksanakan berpusat pada guru. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatkan hasil belajar tematik muatan pelajaran IPA siswa kelas IV SD melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrument berupa tes pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan mencari rata-rata, daya serap, dan ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I diperoleh rata-rata 67,33 dan ketuntasan belajar 63,33% yang berada pada kategori cukup. Siklus II diperoleh rata-rata 79 dan ketuntasan belajar 83,33% yang berada pada kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD. Implikasi penerapan model pembelajaran problem based learning yaitu siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

Author Biographies

Novi Purwita Novi, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Profesi Guru

I Made Suarjana, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Dasar

Gede Agus Sudarmawan, SD Negeri 4 Kampung Baru

Guru Kelas SD

References

Afandi, M. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 1(1), 1–19. https://doi.org/10.30659/pendas.1.1.1-19.

Agung, A. A. G. (2010). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha.

Agustami, R. P., Alimah, S., & Artikel, I. (2017). Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Pembelajaran IPA Terpadu Serta Implikasinya di SMP. Journal of Innovative Science Education, 6(1). https://doi.org/10.15294/jise.v6i1.17069.

Alamiah, U. S., & Afriansyah, E. A. (2017). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara Yang Mendapatkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education Dan Open-Ended. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 207–216. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.308.

Aldila, S., & Mukhaiyar, R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Kelas X SMK Negeri 1 Bukittinnggi. Ranah Research, 2(2), 51–57. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/233.

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Di Sekolah Dasar. Polyglot, 14(1), 9–18. http://dx.doi.org/10.19166/pji.v14i1.789.

Ardaya, D. A. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 72–83. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v1i1.9065.

Badrudin, D., . Y., & Wibowo, S. (2014). Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Pemanfaatan Media Pembelajaran KIT IPA Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(2), 17–31. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v3i2.465.

Bujuri, D. A., & Baiti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar IPA Integratif Berbasis Pendekatan Kontekstual. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 184–197. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i2.3173.

Dewantara, D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA (Studi Pada Siswa Kelas V SDN Pengambangan 6 Banjarmasin). Jurnal Paradigma, 11(2), 41–44. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/paradigma/article/view/2694.

Efendi, D. R., & Wardani, K. W. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Inquiry Learning Ditinjau Dari Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1277–1285. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.914.

Efendi, Y., Wira, T., & Khoirunnisa, E. (2016). Penerapan Teknologi AR (Augmented Reality) Pada Pembelajaran Energi Angin Kelas IV SD Di Rumah Pintar Al-Barokah. Studia Informatika : Jurnal Sistem Informasi, 9(1), 29–47. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/sijsi.v9i1.2962.

Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Metakognisi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa.

Eviani, Utami, S., & Sabri, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Literasi Sains IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1. https://training.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/139.

Farisi, A., Hamid, A., & Melvina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Suhu Dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(3), 283–287. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/4979.

Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 27–35. http://202.4.186.66/JPSI/article/view/8404.

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(2), 1349–1355. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.19166/pji.v14i1.789.

Haswan, F., & Al-hafiz, N. W. (2017). Aplikasi Game Edukasi Ilmu Pengetahuan Alam. Riau Journal Of Computer Science, 3(1), 31–40.

Hujaemah, E., Saefurrohman, A., & Sultan Maulana Hasanuddin Banten, U. (2015). Pengaruh Penerapan Model Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Terbit Sejak, 5(1), 23–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v5i1.2203.

I Putu Ari Sudana, I. G. A. W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359.

Isnaini, I., Margiati, K. . ., & A, G. B. (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas IV SDN 19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(3). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1193.

Istiqomah, J. Y. N., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 670–681. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.553.

Jannah, F. (2015). Inovasi Pendidikan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP UNLAM, 1(1), 27–32. https://www.rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/215.

Jayadiningrat, M. G., & Ati, E. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 1. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i1.14133.

Johana Ermina Setyaningtyas, Firosalia Kristin, I. A. (2018). Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas 2. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(6), 530. http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/737/473.

Juita, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Kota Mukomuko. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 43. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1404.

Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 20–29. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045.

Latief, H. . A. (2016). Penelitian Tindakan Kelas Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jip.v10i2.230.

Moh. Fikri Bungel. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Palu pada Materi Prisma. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1). https://doi.org/10.17509/jmee.v3i1.3193.

Nadhifah, G., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Inquiry. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 33–44. http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa/article/view/mv5n1_5/187.

Ni Kt. Dewi Muliani, I. M. C. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333.

Nugroho Widiantono, N. H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1, 199–213. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p199-213.

Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(4), 369–379. https://doi.org/10.1080/10889860091114220.

Nurdin, S. (2015). Penerapan Pendekatan PAKEM dalam Pembelajaran IPA di MIN Rukoh. PIONIR Jurnal Pendidikan, 4(2), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v4i2.174.

Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Iman Nurchotimah, A. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 10. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.41752.

Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Elearning Melalui Aplikasi Edmodo Pada Mekanika Teknik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1199–1209. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.544.

Parasamya, C. E., & Wahyuni, A. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(1), 42–49. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/2145.

Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645.

Purbosari, P. M. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Membuat Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Untuk Meningkatkan Academic Skill Pada Mahasiswa. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 231. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p231-238.

Putra, P. (2017). Penerapan Pendekatan Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Mengembangkan Karakter Siswa Di SDN 01 Kota Bangun. Muallimuna, 3(1), 28–47. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.953.

Putrayasa, I. M., Syahruddin, S. P., & ... (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Mimbar PGSD …, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3087.

Sappe, I., Ernawati, E., & Irmawanty, I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 231 Inpres Kapunrengan Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(2), 530. https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i2.1419.

Saputro, B. C. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Sifat-sifat Cahaya Dengan Metode Inquiri Pada Kelas V Semester II SD Negeri Sumogawe 04. JMP Online, 1(9), 925–937. http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/191.

Septiyowati, T., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kecakapan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. 5(3), 1231–1240. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.893.

Sintya Devi, P., & Wira Bayu, G. (2020). Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26525.

Sitohang, J. (2017). Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(4), 681–688. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i4.4851.

Slameto, S. (2015). Implementasi Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 47. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p47-58.

Supardi, K. (2017). Media Visual Dan Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(10). http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jipd/article/view/266.

Surya, Y. F. (2017a). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 011 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Basicedu, 1(1), 10–20. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.150.

Surya, Y. F. (2017b). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–53. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.7.

Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060.

Winantara, I. W. D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran TPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No 1 Mengwitani. Journal of Education Action Research, 1(2), 148. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12047.

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/IJSME.V2I3.4366.

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa, 7(1), 51–62. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341.

Downloads

Published

2021-07-24

How to Cite

Novi, N. P., Suarjana, I. M., & Sudarmawan, G. A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran Ipa Siswa Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 278–286. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.37427

Issue

Section

Articles