Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Ni Made Dewi Trisna Yanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Laba Jayanta
  • I Made Suarjana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27462

Keywords:

Course Review Horay, hasil belajar, matematika

Abstract

Dalam proses pembelajaran dikelas sangat berperan penting dalam keberhasilan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan siswa yang mengikuti model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media visual terhadap hasil belajar matematika  kelas IV SD Negeri di Gugus VII Kecamatan Abang tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini berjenis penelitian ekperimen semu dan menngunakan rancangan non-equivalent posttest control grup design. Berdasarkan analisis data hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung= 2,65 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (n1 + n2 – 2 ) = 22 + 19 – 2 = 39 adalah 2,02, Berdasarkan thitung = 2,65 > ttabel = 2,02 maka H0 ditolak atau terdapat pengaruh yang signifikan siswa yang mengikuti model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media visual  terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN di gugus VII Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2019/2020.

Author Biographies

Ni Made Dewi Trisna Yanti, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Nyoman Laba Jayanta

Universitas Pendidikan ganesha

I Made Suarjana, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Aprilianawati, D. M., Nizaruddin, N., & Prayito, M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Lectora Ditinjau dari Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 357.

Astuti, A., & Mannahali, M. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Kalimat Bahasa Jerman Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay (Crh). Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 2(1), 1–8.

Arsani, W. N., Putra, S. K. N. B. D., & Ardana, K. I. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD, 1(3), 2.

Dantes, N. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers.

Elah, & Muhammad, G. M. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran CRH ( Course Review Horay ) Increasing Conceptual Understanding of Junior High Schools Students Through the CRH ( Course Review Horay ) Learning Model To cite this article : Penin. Triple S: Jounrnals of Mathematics Education, 2, 33–44.

Faradipta. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Volume 1, Nomor 2b (185-191).

Hasibuan, L. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII SMP Negeri Rantau Selatan. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 5(1), 11–15.

Jayanti, D. D. (2017). Pembelajaran Course Review Horay : Sebuah Solusi Memperbaiki Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Edukasi, 3(2), 175–184.

Jatiyasa, W. I. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Bali (Permulaan) melalui Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada Siswa Kelas III SDN 3 Tiyingtali Tahun pelajaran 2019/2020. 11(2), 1–12.

Kusfabianto, I. J., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan model pembelajaran Course Review Horay untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika kelas IV SD. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(2), 87–92.

Maryam, S., Hasbi, M., & Hamid, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Persegi Panjang Di Kelas Vii Smp Negeri 2 Marawola. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 04(01), 116–130.

Mediati, S. 2016. “Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Media Flipchart Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Volume 1, Nomor 2 (hlm 113-121)

Nurhadi, & Sari, S. S. (2019). Pengaruh Model Course Review Horeydengan Teknik Kerja Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Ma Al-Maarif Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauanmeranti Nurhadi1. Jurnal Online Mahasiswa : Pendidikan Matematika, 1(2), 80–94.

Ningrum, W. K., Putu, L., Mahadewi, P., & Japa, I. G. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika. 2(2), 209–218.

Naharir, R. A., Dantes, N., & Kusmariyatni, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester II SD Gugus VI Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Mimbar PGSD Undiksha, 6(1), 15–21.

Nureva, N., & Wulandari, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 4(1), 15–27.

Nurhayati, & Marliani, N. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay ( CRH ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 29–36.

Prameswari, W, dkk. 2017. “ Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (Crh) Berbantuan Media Lingkungan Sekolah Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Utara”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 2(2), 1-11.

Putri, N. L., Suastika, K. I., & W. T. D. (2019). Pengaruh Media Batang Napier Pada Model Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Di SDN Bandungrejosari 03 Malang Lidya. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 3, 149–157.

Sadiman, dkk. 2012. Media Pendidikan pengertian, pengembangan, dan pemanfaatanya. Depok: Rajawali pers.

Shoimin, A. 2014. 68 model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta. Ar-ruzz media

Sundari. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Savi Pada Siswa Kelas Vb Sdit Al-Izzah Sorong. Jurnal Pendidikan. Volume 5 Nomor 2 (44-51)

Sapta. 2016 Pengaruh Penggunaan Quiz Creator Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal mathematic paedagogic. Volume 1 Nomor 1. (hlm 91-96) Suriati, N. Y., Alzaber, & Wahyuni, P. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Swasta Yayasan Pendidikan Persada Indah Perawang. Jurnal Aksiomatik, 7(20), 18–24.

Utami, P. D. K. S., Tastra, D. K., & Kusmariyatni, N. (2016). Pengarug Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berbantuan Media Benda Kongkrit Terhadap Hasil Belajar IPA. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–11.

Wahyuningtyas, C. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay ( CRH ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Memahami Administrasi Kelas OTKP SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP, 8(2), 340–350.

Wiyoksono, T., Aprizan, & Lokmono, P. (2020). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dengan Model Course Review Horay ( CRH ). Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 609–618.

Downloads

Published

2020-07-24

How to Cite

Trisna Yanti, N. M. D., Jayanta, I. N. L., & Suarjana, I. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 463–471. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27462

Issue

Section

Articles