Pengaruh Model Pembelajaran Quick On The Draw Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27421Keywords:
Quick On Draw, Tri Hita Karana, MatematikaAbstract
Kesulitan siswa dalam memahami pelajaran matematika menyebabkan rendahnya pencapaian siswa pada kompetensi pengetahuan matematika. Sehingga perlu adanya model pembelajaran untuk memaksimalkan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quick On The Draw berbasis kearifan lokal Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Populasi yang dilibatkan adalah seluruh kelas IV SD sebanyak 246. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling dengan sampel secara keseluruhan ialah 55 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kompetensi pengetahuan matematika. Data yang terkumpul dinormalisasikan menggunakan gain skor kemudian dianalisis menggunakan uji-t polled varians. hasil analisis data, diperoleh thitung = 3,305 > ttabel = 2,005 dengan dk = 53 pada taraf signifikansi 5 %. Sehingga H0 ditolak, maka terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Quick On The Draw berbasis kearifan lokal Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas IV SD yang disebabkan karena pembelajaran dengan model pembelajaran Quick On The Draw berbasis kearifan lokal Tri Hita Karana mampu meningkatkan kompetensi pengetahuan matematika melalui langkah-langkah pembelajaran yang dapat melatih siswa lebih aktif dan optimal dalam memahami pelajaran matematika.
References
Aini, S & Irawati, S. 2019. “Strategi Pembelajaran Quick On The Draw untuk meningkatkan aktivitas dan Hasil belajar Mahasiswa Pada Materi interpolasi”. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, Volume 3, Nomor 1 (hlm 19-29)
Agung, A.A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Ani, Ni Kadek Kisri. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbasis Tri Hita Karana terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V”. Mimbar PGSD, Volume 5, Nomor 2 (hlm1-10)
Astami, Ni Made Wira., Wiarta, I Wayan & darsana, I Wyn. 2016. “Penerapan Inkuiri terbimbing berbasis Tri Hita Karana Dapat Meningkatkan Sikap Sosial Dan Kompetensi Pengetahuan IPS”. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol. 4, No. 1.
Ayu,dkk. 2018. “Penerapan Pembelajaran Quick On The Draw Pada Materi Laju Reaksi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia”. Volume 2, Nomor 1 (hlm 32-41)
Dewi, Negara, I Gusti Agung Oka. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran (Savi) Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA”. Mimbar PGSD Undiksha, Volume 8, Number 1 (hlm 40-49)
Dantes, Nyoman. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Raja Grafindo Persada
Dewi, Wiarta, I Wayan & Suniasih, Ni Wayan. 2017. “pengaruh Model pembelajaran Realistik Setting Kooperatif (RESIK) Dipadukan Dengan Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Matematika”. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, Volume 5, Nomor 2.
Devina, Wiarta, I Wayan & Wiyasa, I Komang Ngurah. 2017. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scrambel Berbantuan bahan Manipulatif Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan matematika”. Journal of Education Technology, Volume 1, Nomor 2 (hlm 133-140)
Ginnis, Paul. 2016. Trik & Taktik Mengajar Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas. Jakarta: PT Indeks
Nadia, dkk. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw Terhadap Hasil belajar Siswa Pada tema Panas Dan perpindahannya Kelas V SDN 35 Pagambiran”. Ejurnal bunghatta, Volume 9, Nomor 1.
Nonitha, Sedanayasa, Gede., dkk. 2015. “Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD” E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Volume 3, Nomor 1.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013. 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Putra, Gustana, dkk, 2016. “pengaruh model pembelajaran Savi Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap hasil belajar IPA Siswa kelas IV”. E – Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 3, No.2.
Putri, Ardana, I Ketut & Agustika, Gusti Ngurah Sastra. 2019. “Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa kelas V”. Mimbar PGSD Undiksha, Volume 7, Nomor 2.
Prabaningrum & Putra, I Ketut Adnyana. 2019. “ Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Berbantuan Media seni Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Volume 3, Number 4 (hlm 414-422)
Pradnyawathi, Agustika Sastra. 2019. “Pengaruh Model PAKEM Berbasis Tri Hita Karana terhadap keterampilan Menulis”. International Journal of Elementary Education, Volume 3, Number 1 (hlm 89-98)
Saputra, Atmadja, & Sinarwati. 2017. “Memaknai Konsep Keseimbangan Antar Komponen Tri Hita Karana Dalam Penganggaran Organisasi Subak (Studi Kasus Pada Subak Kaliculuk, Desa Pakraman Dencarik, Kecamatan Banjar)”. E-Journal S1 AK Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1, Volume 8, Nomor 2.
Renja, Miterianifa, dkk. 2017. “Pengaruh Penerapan Model pembelajaran Quick On The Draw terhadap aktivitas Dan Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Materi Hidrokarbon”. Konfigurasi, Vol. 1, No. 2 (hlm 154-162)
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenamedia Group
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suja, I Wayan. 2010. Kearifan Lokal Sains Asli Bali. Surabaya: Paramita.
Tyas, Listya Yudining. 2017. “Pengaruh Model Quick On The Draw Didukung Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas V SDN Burengan 2”. Simki-Pedagogia, Volume 01, Nomor 02 (hlm. 2 -11).
Wiana, I Ketut. 2007. Tri Hita Karana Menurut Konsep Hindu. Surabaya: Paramita.
Yunita, Ni Komang Devi., Tristiantari, Ni Ketut Desia. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbasis kearifan Lokal Tri Hita Karana Terhadap Hasil belajar”. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia. Vol.1, No. 2 (hlm 96-107)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)