Bahan Ajar Digital Interaktif Berbasis Problem Based Learning Materi Keragaman Budaya

Authors

  • Bulan Mella Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Ayu Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.46368

Abstract

Guru belum mampu mengembangkan bahan ajar yang bervariasi untuk proses pembelajaran. Hal ini berdampak pada hasil belajar IPS pada siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan bahan ajar digital berbasis problem based learning materi keragaman budaya pada pembelajaran IPS siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode yang digunakan yaitu non-tes yang berupa lembar kuesioner. Uji kelayakan produk pada penelitian ini dilakukan oleh ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan uji keterpakaian produk dilakukan pada uji coba perorangan dan kelompok kecil siswa kelas IV sekolah dasar. Hasil rancang bangun penelitian ini berupa produk bahan ajar berbentuk digital yang berisi teks, gambar, video dan kuis interaktif, sedangkan hasil uji kelayakan produk oleh ahli isi mata pelajaran memperoleh persentase sebesar 76,923% (baik). Hasil uji kelayakan produk oleh ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 92,5% (sangat baik) dan oleh ahli media pembelajaran memperoleh persentase 93,75% (sangat baik). Hasil uji coba perorangan memperoleh persentase 85,25% (baik) dan hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 89,52% (sangat baik). Disimpulkan bahan ajar digital berbasis problem based learning materi keragaman budaya pada pembelajaran IPS siswa SD kelas IV layak untuk digunakan.

References

Agung, Agung Gede. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Singajara: Universitas Pendidikan Ganesha.

Adawiyah, R. (2018). Implementasi Metode Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Al-Quran dan Hadist Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Penanaman Sikap Peduli Sosial Pada siswa MTs Negeri 1 Sidoarjo. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 7(1), 61. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i1.1604.

Adesita, D., Rofian, R., & Rahmawati, I. (2019). Persepsi Orang Tua Siswa Kelas IV Terhadap Pentingnya Pembentukan Karakter Peduli Sosial. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 61. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19435.

Agung, A. agung gede. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha.

Anggrasari, L. A. (2020). Penerapan e-learning untuk meningkatkan kemampuan literasi digital di era new normal. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 248. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7493.

Asrial, Syahrial, Maison, Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2020). Ethnoconstructivism E-Module to Improve Perception, Interest, and Motivation of Students in Class V Elementary School. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 30–41. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.19222.

Azizul, A., Riski, W. Y., Fitriyani, D. I., & Sari, I. N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Komik Digital Pada Mater Gerak. Vox Edokasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.31932/ve.v11i2.829.

Balan, L., Yuen, T., & Mehrtash, M. (2019). Problem-Based Learning Strategy for CAD Software Using Free-Choice and Open-Ended Group Projects. Procedia Manufacturing, 32. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2019.02.223.

Chan, F., Pamela, I. S., Shinta, S. L., Yoana, A., Mardayani, D., & Sari, R. K. (2019). Penerapan Nilai Karakter Peduli Sosial Pada Peserta Didik Kelas II di Sekolah Dasar. Jurnal Efektor, 6(2). https://doi.org/10.29407/e.v6i2.13749.

Chaturvedi, K., Vishwakarma, D. K., & Singh, N. (2021). COVID-19 and its impact on education, social life and mental health of students: A survey. Children and Youth Services Review, 121, 105866. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105866.

Choi, E., Lindquist, R., & Song, Y. (2014). Effects of problem-based learning vs. traditional lecture on Korean nursing students’ critical thinking, problem-solving, and self-directed learning. Nurse Education Today, 34(1), 52–56. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2013.02.012.

Dalimunthe, R. A. (2015). Strategi dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMP N 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 1. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8616.

Demitra, & Sarjoko. (2018). Effects of Handep Cooperative Learning Based on Indigenous Knowledge on Mathematical Problem Solving Skill. International Journal of Instruction, 11(2), 103–114. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1128a.

Dewantara, J. A., & Sulistyarini, S. (2020). Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar PPKn Berdimensi Penguatan Pendidikan Karakter dengan Contoh Kontekstual. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 164–174. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.30681.

Dwi, I. M., Arif, H., & Sentot, K. (2013). Pengaruh strategi problem based learning berbasis ICT terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 8–17. https://doi.org/10.15294/jpfi.v9i1.2575.

Hasbullah, H. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Biologi Menggunakan Model Problem Base Learning Berbasis Powtoon Siswa Kelas Xii Ipa 7 Sma N 1 Metro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(2), 124. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v9i2.1623.

Hendriana, H., Johanto, T., & Sumarmo, U. (2018). The role of problem-based learning to improve students’ mathematical problem-solving ability and self confidence. Journal on Mathematics Education, 9(2), 291–299. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5394.291-300.

Hidayah, N., & Ulva, R. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46. https://doi.org/10.24042/terampil.v4i1.1804.

Indriani, D., Djahir, Y., & Barlian, I. (2018). Analisis Keterampilan Bertanya Guru Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 27 OKU. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(2), 131–143. https://doi.org/10.36706/jp.v2i2.5542.

Khamidah, N., Winarto, W., & Mustikasari, V. R. (2019). Discovery Learning : Penerapan dalam pembelajaran IPA berbantuan bahan ajar digital interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 87. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.770.

Kimianti, & Prasetyo. (2019). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103.

Kristinawati, E., Susilo, H., & Gofur, A. (2018). ICT Based-Problem Based Learning on Students’ Cognitive Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Sains, 6(2), 38–42. https://doi.org/10.17977/jps.v6i2.11683.

Lukman, & Ishartiwi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model Mind Map Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.21831/tp.v1i2.2523.

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375.

Mastroleo, N. R., Humm, L., Williams, C. M., & Kiluk, B. D. (2020). Initial testing of a computer-based simulation training module to support clinicians’ acquisition of CBT skills for substance use disorder treatment. Journal of Substance Abuse Treatment, 114. https://doi.org/10.1016/j.jsat.2020.108014.

Musaddat, S., Suarni, N. K., Dantes, N., Putrayasa, I. B., & Dantes, G. R. (2021). Kelayakan pengembangan bahan ajar digital berkearifan lokal sebagai bahan literasi bahasa berbasis kelas serta pengaruhnya terhadap karakter sosial dan keterampilan berbahasa siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3). https://doi.org/10.36312/jime.v7i3.2123.

Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Ayu, S., & Umar, M. (2020). Kurikulum Dan Metode Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 the Implementation of Character Education Integrated To Curriculum and Learning Methods During Covid-19 Pandemic. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154–164. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a5.2020.

Musyarofah, M. (2018). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aba Iv Mangli Jember Tahun 2016. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 99. https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.99-122.

Nisa, W. L., Ismet, I., & Andriani, N. (2020). Development of E-Modules Based on Multi-representations in Solid-State Physics Introductory Subject. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(2), 73. https://doi.org/10.20527/bipf.v8i1.7690.

Nisa, & Wuryandani. (2018). Perancangan Buku Cerita Pop-up Berbasis Karakter untuk Menanamkan Karakter Peduli Sosial Anak Usia Dini. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 7(2), 159–166. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1563.

Noroozi, O., & Mulder, M. (2017). Design and Evaluation of a Digital Module with Guided Peer Feedback for Student Learning Biotechnology and Molecular LifeSciences, Attitudinal Change, and Satisfaction. Biochemistry and Molecular Biology Education, 45(1), 31–39. https://doi.org/10.1002/bmb.20981.

Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo pada Mekanika Teknik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 294–302. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.544.

Permatasari, N. A., Setiawan, D., & Kironoratri, L. (2021). Model Penanaman Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Educatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3758–3768. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1303.

Phungsuk, R., Viriyavejakul, C., & Ratanaolarn, T. (2017). Development of a problem-based learning model via a virtual learning environment. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(3), 297–306. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2017.01.001.

Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam. Pendidikan Islam, 11(2), 191–207. https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i2.7806.

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921.

Putri, A. D. (2019). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Hasil Penelitian Dan Industri Terapan, 8, 57–68. https://doi.org/10.31629/sustainable.v8i2.1575.

Putri, A. E. (2020). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Literasi Digital Nilai-Nilai Kearifan Lokal pada Tradisi Saprahan di Pontianak. Yupa: Historical Studies Journal, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.30872/yupa.v3i1.132.

Putri, I. H. N., Sholihah, U., Handayani, E. M., & Sumarmi, S. (2018). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Digital Pada Mata Pelajaran Geografi Dengan Topik Bahasan Sumber Daya Laut Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Geografi, 23(2), 78–84. https://doi.org/10.17977/um017v23i22018p078.

Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) pada Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1). https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.742.

Risda Amini, R., Amini, R., Eka Handayani, S., Fitria, Y., May Lena, S., & Helsa, Y. (2019). Development of Integrated Thematic Teaching Materials using Problem-Based Learning Model in Elementary School. 382(Icet), 442–445. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.111.

Sa’diyah, S. (2020). Peningkatan motivasi dan hasil belajar sistem gerak melalui model pembelajaran problem based learning. Journal of Curriculum Indonesia, 3(2), 79. https://doi.org/10.46680/jci.v3i2.32.

Simanjuntak, S. Y., Kismartini, Dwimawanti, I. H., & Hidayatullah, M. A. (2020). Respons Guru Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 125–136. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.108.

Sitorus, D. S., Suwandari, & Kristiani. (2019). The Effectiveness of Accounting E-Module Integrated with Character Value to Improve Students Learning Outcomes and Honesty. Cakrawala Pendidikan, 38(1120–129). https://doi.org/10.21831/cp.v38i1.20878.

Soyadı, Y., & Birgili, B. (2015). Creative and Critical Thinking Skills in Problem-based Learning Environments. Journal of Gifted Education and Creativity, 2(2), 71–71. https://doi.org/10.18200/jgedc.2015214253.

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 171–185. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138.

Sukmanasa, Elly, Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 171. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138.

Sukmanasa, Windiyani, & Novita. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2). https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138.

Tambunan, L. R., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2020). Implementasi E-book Berbasis Smartphone pada Materi Polinomial di Kelas XI SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Jurnal Anugerah. https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i2.2521.

Tambunan, L. R., & Sundari, E. (2020). Pengembangan Buku Digital Pada Materi Persamaan Garis Singgung Lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1184. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3084.

Umbara, I. A. A. P., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(2), 13–25. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154.

Winatha, K. R., Naswan, S., & Ketut, A. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK TI Bali Global Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i1.2238.

Winatha, K. R., Suharsono, N., & Agustin, K. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 188–199. https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i1.2238.

Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2020). Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Persepsi Mahasiswa PGSD Undiksha). Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 515–526. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29259.

Wulandari, I. G. A. A. M., Sudatha, I. G. W., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459.

Wuryandani, Sapriya, & Budimansyah. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, 33(2), 286–295. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168.

Downloads

Published

2022-04-16

How to Cite

Mella, B., Wulandari, I. G. A. A., & Wiarta, I. W. (2022). Bahan Ajar Digital Interaktif Berbasis Problem Based Learning Materi Keragaman Budaya. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 127–136. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.46368

Issue

Section

Articles