Peran Model Pembelajaran Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Authors

  • I Gede Diyana Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27437

Keywords:

Efektivitas, Scramble, IPA Sekolah Dasar

Abstract

Prestasi pelajar Indonesia merosot dalam survey PISA. Walaupun pembelajaran IPA telah diinovasikan di kelas. Buktinya, terdapat 45 ddokumen hasilddrisetdddari tahun 2013 s/d 2020 di Garuda : garda rujukan digital dengan kata kunci model pembelajarandd-Scramble terhadap IPA. Hasil itu menunjukkan bahwa model ini memberikan pengaruh terhadapd pembelajaran IPA. Namun belum ada penelitian lanjut mengenai model pembelajaran Scramble-d di sekola.h d.asar. Sehingga, perlu dilakukan meta-analisis atau penelitian lanjutan mengenaiddmodel ini dengan pembelajara.n I.PA di sekolah dasar agar dapat dijadikan pertimbangan maupun dasar pengembangan model ini. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis besar pengaruh penggunaan mo.del p.embelajaran Scramble terhadap pembelajaran IPA di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah meta-analisis. Sampel penelitian dipilih berdasarkan penjaringan dengan ketentuan yang telah ditentukan sebelumnya. Pendekatan dyang d.igunakan adalah deskr.iptif ku.antitatif, yaitu menghitung e.ffectddsize d.ari sepuluh artikel  dengan mengiden.tifikasi m.ean, sta.ndar de.viasi dan v.arians dari perhitungand pada uji-t. Dari hasil penelitian diketahui bahwa dari tiga puluh tiga jurnal tersebut hanya ddidapatkan Sepuluh jurnal yang memenuhi kriteria penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa d7 djurnal memiliki nilai effect size ddalam kategori besar dan 3 jurnal menunjukkan Effect Size dalam dkategori sedang. Rata-rata nilai deffect size model pembelajaran Scra-mble sebesar 1,58. Angka tersebut dbermakna bahwa perlakuan model pembelajaran S-cramble dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar dmemberikan pengaruh yang besar terhadap siswa. Implikasi penelitian ini yaitu model ini dapat digunakan sebagai alternative bagi gu.ru sebagai tenaga pendidik dalam membelajarkan IPA agar hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. memenuhi capaian pembelajaran.

Author Biography

I Gede Diyana Putra, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Anggraini, P. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO UTARA. Digital Repository Unila. http://digilib.unila.ac.id/32413/

Annuuru, T. A., Johan, C. R., & Ali, M. (2017). No Title. Edutechnologia, 1(2), 137. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/issue/view/922

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Polygot.

Arif, S., & Rijanto, T. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Peserta Didik (Meta-Analisis Data). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro.

Assyifa, H. (2017). Perbandingan Efektifitas Silodosin dan Tamsulosin sebagai Tatalaksanaan Lower Urinary Tract Symptom (LUTS) pada Pembesaran Prostat Jinak : Telaah Sistematis dan Meta Analisis. Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/4596

Bagja, S. W., & Yuliana, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan 1. Jurnal Rontal Keilmuan PKn.

Benyamin, P. issak, Mahendra, Y., & Santosa, D. S. S. (2020). Metode Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen: Studi Meta Analisis. Sotiria : Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 03(01). http://sttpaulusmedan.ac.id/e-journal/index.php/sotiria/article/view/17

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan. https://doi.org/10.21274/dinamika/2017.17.2.315-330

Dewi, P. S. (2016). Perspektif Guru Sebagai Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah. https://doi.org/10.24042/tadris.v1i2.1066

Diani, R., Yuberti, Y., & Syafitri, S. (2016). Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.126

Gerintya Scholastica. (2019). Indeks Pendidikan Indonesia Rendah, Daya Saing Pun Lemah. Tirto.Id.

Handayani, M. W., Swistoro, E., & Risdianto, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Fisika terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X MIPA SMAN 4 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika. https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.36-44

Hernandez, A. V., Marti, K. M., & Roman, Y. M. (2020). Meta-Analysis. In Chest. https://doi.org/10.1016/j.chest.2020.03.003

Hutagalung, T., & Utomo, D. (2017). META-ANALISIS VARIASI PENELITIAN DARI PENELITI AKUNTANSI DI INDONESIA.

Komariah, K. (2018). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN SERTA AKTIFITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PKN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERMAIN KOCOK DADU DI SMP NEGERI 5 KOTA SERANG. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1774

Lestari, T. (2019). PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR BERORIENTASI PERATURAN DIRJEN DIKDASMEN KEMENDIKBUD NO. 07/D. D5/KK/2018. Seminar Nasional Keindonesiaan IV. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snk/article/view/542

Maesaroh, E. (2018). IMPLEMENTASI METODE QIRA’ATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI LEMBAGA PENDIDIKAN QUR’AN DEWASA (LPQD) AL FALAH BOBOSAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA (Doctoral dissertation, IAIN). Digital Repository : Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Mulyani, A., Asyhar, R., Yelianti, U., & Syarial. (2018). Integrasi Ilmu Pengetahuan Alam dan Nilai-nilai Islam untuk Pembangunan Karakter Peserta Didik di Madrasah Aliyah. Journal Of Education in Mathematics, Science, and Technology.

Rismawati, M. M. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [IAIN TULUNGAGUNG : Institutional Repository]. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11730%0A

Sari, R. K. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETRAMPILAN BERBICARA PADA BAHASA INDONESIA TINGKAT SD. Universitas Pahlawan, 01(02). https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/582/0

Sugiharti, R. E., & Riftina, Y. (2019). Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris melalui Model Scramble pada Siswa Kelas 4 SDN Jatimulya 04 Tambun Selatan. Indonesian Journal of Primary Education. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15096

Sutini. (2014). ) Studi Meta Analisis Laporan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) Mahasiswa Program S-1 PGSD di UPBJJ-UT Surabaya. Repository.Ut.Ac.Id.

Tommy, K. (2019). Skor Terbaru PISA: Indonesia Merosot di Bidang Membaca, Sains, dan Matematika. Liputan6. https://www.liputan6.com/global/read/4126480/skor-terbaru-pisa-indonesia-merosot-di-bidang-membaca-sains-dan-matematika

Utami, P. (2019). META-ANALISIS PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/49223/1/Meta-Analisis 20-01-10.pdf

Wicaksono, A. G. (2016). Penguatan pendidikan karakter Melalui pembelajaran ilmu alamiah dasar. 11(02). http://www.ejurnal.unisri.ac.id/index.php/widyawacana/article/download/1483/1307

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. In Jakarta.

Yuliati, Y. (2017). LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA. Jurnal Cakrawala Pendas. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592

Yuniati, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Konstektual. Al-

Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.101

Yunita Puspitasari, A. (2019). IMPROVING STUDENTS IN WRITING SKILL BY USING SCRAMBLED PICTURE IN NARRATIVE TEXT. JURNAL ILMIAH BAHASA DAN SASTRA. https://doi.org/10.21067/jibs.v5i1.3183

Zubaidah, S. (2017). Pembelajaran Sains (IPA) Sebagai Wahana Pendidikan Karakter. – Universitas Negeri Malang. https://www.researchgate.net/profile/Siti_Zubaidah5/publication/318040732_PEMBELAJARAN_SAINS_IPA_SEBAGAI_WAHANA_PENDIDIKAN_KARAKTER/links/59565147aca272fbb37d2771/PEMBELAJARAN-SAINS-IPA-SEBAGAI-WAHANA-PENDIDIKAN-KARAKTER.pdf

Downloads

Published

2020-07-23

How to Cite

Putra, I. G. D., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2020). Peran Model Pembelajaran Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 409–416. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27437

Issue

Section

Articles