Peran Model Pembelajaran Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27437Keywords:
Efektivitas, Scramble, IPA Sekolah DasarAbstract
Prestasi pelajar Indonesia merosot dalam survey PISA. Walaupun pembelajaran IPA telah diinovasikan di kelas. Buktinya, terdapat 45 ddokumen hasilddrisetdddari tahun 2013 s/d 2020 di Garuda : garda rujukan digital dengan kata kunci model pembelajarandd-Scramble terhadap IPA. Hasil itu menunjukkan bahwa model ini memberikan pengaruh terhadapd pembelajaran IPA. Namun belum ada penelitian lanjut mengenai model pembelajaran Scramble-d di sekola.h d.asar. Sehingga, perlu dilakukan meta-analisis atau penelitian lanjutan mengenaiddmodel ini dengan pembelajara.n I.PA di sekolah dasar agar dapat dijadikan pertimbangan maupun dasar pengembangan model ini. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis besar pengaruh penggunaan mo.del p.embelajaran Scramble terhadap pembelajaran IPA di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah meta-analisis. Sampel penelitian dipilih berdasarkan penjaringan dengan ketentuan yang telah ditentukan sebelumnya. Pendekatan dyang d.igunakan adalah deskr.iptif ku.antitatif, yaitu menghitung e.ffectddsize d.ari sepuluh artikel dengan mengiden.tifikasi m.ean, sta.ndar de.viasi dan v.arians dari perhitungand pada uji-t. Dari hasil penelitian diketahui bahwa dari tiga puluh tiga jurnal tersebut hanya ddidapatkan Sepuluh jurnal yang memenuhi kriteria penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa d7 djurnal memiliki nilai effect size ddalam kategori besar dan 3 jurnal menunjukkan Effect Size dalam dkategori sedang. Rata-rata nilai deffect size model pembelajaran Scra-mble sebesar 1,58. Angka tersebut dbermakna bahwa perlakuan model pembelajaran S-cramble dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar dmemberikan pengaruh yang besar terhadap siswa. Implikasi penelitian ini yaitu model ini dapat digunakan sebagai alternative bagi gu.ru sebagai tenaga pendidik dalam membelajarkan IPA agar hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. memenuhi capaian pembelajaran.
References
Anggraini, P. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO UTARA. Digital Repository Unila. http://digilib.unila.ac.id/32413/
Annuuru, T. A., Johan, C. R., & Ali, M. (2017). No Title. Edutechnologia, 1(2), 137. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/issue/view/922
Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Polygot.
Arif, S., & Rijanto, T. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Peserta Didik (Meta-Analisis Data). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro.
Assyifa, H. (2017). Perbandingan Efektifitas Silodosin dan Tamsulosin sebagai Tatalaksanaan Lower Urinary Tract Symptom (LUTS) pada Pembesaran Prostat Jinak : Telaah Sistematis dan Meta Analisis. Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/4596
Bagja, S. W., & Yuliana, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan 1. Jurnal Rontal Keilmuan PKn.
Benyamin, P. issak, Mahendra, Y., & Santosa, D. S. S. (2020). Metode Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen: Studi Meta Analisis. Sotiria : Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 03(01). http://sttpaulusmedan.ac.id/e-journal/index.php/sotiria/article/view/17
Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan. https://doi.org/10.21274/dinamika/2017.17.2.315-330
Dewi, P. S. (2016). Perspektif Guru Sebagai Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah. https://doi.org/10.24042/tadris.v1i2.1066
Diani, R., Yuberti, Y., & Syafitri, S. (2016). Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.126
Gerintya Scholastica. (2019). Indeks Pendidikan Indonesia Rendah, Daya Saing Pun Lemah. Tirto.Id.
Handayani, M. W., Swistoro, E., & Risdianto, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Fisika terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X MIPA SMAN 4 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika. https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.36-44
Hernandez, A. V., Marti, K. M., & Roman, Y. M. (2020). Meta-Analysis. In Chest. https://doi.org/10.1016/j.chest.2020.03.003
Hutagalung, T., & Utomo, D. (2017). META-ANALISIS VARIASI PENELITIAN DARI PENELITI AKUNTANSI DI INDONESIA.
Komariah, K. (2018). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN SERTA AKTIFITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PKN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERMAIN KOCOK DADU DI SMP NEGERI 5 KOTA SERANG. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1774
Lestari, T. (2019). PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR BERORIENTASI PERATURAN DIRJEN DIKDASMEN KEMENDIKBUD NO. 07/D. D5/KK/2018. Seminar Nasional Keindonesiaan IV. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snk/article/view/542
Maesaroh, E. (2018). IMPLEMENTASI METODE QIRA’ATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI LEMBAGA PENDIDIKAN QUR’AN DEWASA (LPQD) AL FALAH BOBOSAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA (Doctoral dissertation, IAIN). Digital Repository : Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Mulyani, A., Asyhar, R., Yelianti, U., & Syarial. (2018). Integrasi Ilmu Pengetahuan Alam dan Nilai-nilai Islam untuk Pembangunan Karakter Peserta Didik di Madrasah Aliyah. Journal Of Education in Mathematics, Science, and Technology.
Rismawati, M. M. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [IAIN TULUNGAGUNG : Institutional Repository]. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11730%0A
Sari, R. K. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETRAMPILAN BERBICARA PADA BAHASA INDONESIA TINGKAT SD. Universitas Pahlawan, 01(02). https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/582/0
Sugiharti, R. E., & Riftina, Y. (2019). Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris melalui Model Scramble pada Siswa Kelas 4 SDN Jatimulya 04 Tambun Selatan. Indonesian Journal of Primary Education. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15096
Sutini. (2014). ) Studi Meta Analisis Laporan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) Mahasiswa Program S-1 PGSD di UPBJJ-UT Surabaya. Repository.Ut.Ac.Id.
Tommy, K. (2019). Skor Terbaru PISA: Indonesia Merosot di Bidang Membaca, Sains, dan Matematika. Liputan6. https://www.liputan6.com/global/read/4126480/skor-terbaru-pisa-indonesia-merosot-di-bidang-membaca-sains-dan-matematika
Utami, P. (2019). META-ANALISIS PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/49223/1/Meta-Analisis 20-01-10.pdf
Wicaksono, A. G. (2016). Penguatan pendidikan karakter Melalui pembelajaran ilmu alamiah dasar. 11(02). http://www.ejurnal.unisri.ac.id/index.php/widyawacana/article/download/1483/1307
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. In Jakarta.
Yuliati, Y. (2017). LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA. Jurnal Cakrawala Pendas. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
Yuniati, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Konstektual. Al-
Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.101
Yunita Puspitasari, A. (2019). IMPROVING STUDENTS IN WRITING SKILL BY USING SCRAMBLED PICTURE IN NARRATIVE TEXT. JURNAL ILMIAH BAHASA DAN SASTRA. https://doi.org/10.21067/jibs.v5i1.3183
Zubaidah, S. (2017). Pembelajaran Sains (IPA) Sebagai Wahana Pendidikan Karakter. – Universitas Negeri Malang. https://www.researchgate.net/profile/Siti_Zubaidah5/publication/318040732_PEMBELAJARAN_SAINS_IPA_SEBAGAI_WAHANA_PENDIDIKAN_KARAKTER/links/59565147aca272fbb37d2771/PEMBELAJARAN-SAINS-IPA-SEBAGAI-WAHANA-PENDIDIKAN-KARAKTER.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)