Penggunaan Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Hasil BelaJar Bahasa Indonesia

Authors

  • I Gede Ricky Mahendra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.36038

Keywords:

Effect size, scientific approach, learning outcome

Abstract

Banyaknya hasil penelitian yang didapatkan tidak dirangkum atau di uji kembali, sehingga keefektivan pendekatan saintifik dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia tidak terlihat. Penelitian kepustakaan terbaru mengenai pendekatan saintifk pada pembelajaran pembelajaran bahasa Indonesia di jenjang pendidikan sekolah dasar belum ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai pembelajaran bahasa Indonesia melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan formula effect size pada sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah meta-analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah 15 artikel yang diterbitkan dalam rentang waktu 2015-2020 pada jenjang sekolah dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah 15 artikel yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Hasil analisis yang telah dilakukan bahwa secara keseluruhan nilai rata-rata effect size sebesar 0,805, sehingga dikategorikan berefek besar yaitu 0,805 ≥ 0,8. Sehingga rata-rata tersebut membuktikan bahwa, pembelajaran dengan pendekatan saintifik secara keseluruhan memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik sangat cocok digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia. Implikasi hasil penelitian ini juga bisa dijadikan acuan, bahwa pendekatan saintifik bisa dikolaborasikan dengan media, seperti media audio visual dan bisa dipadukan dengan model pembelajaran seperti talking stick, CIRC.

Author Biographies

I Gede Ricky Mahendra, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Wayan Widiana, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Made Citra Wibawa, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Aditya, I. P. E., Asri, I. G. A. A. S., & Ardana, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Video Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ppkn Siswa Kelas V Sd Gugus Iii Kecamatan Kuta Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Media Komunikasi FPIPS, 17(1), 44–53. https://doi.org/10.23887/mkfis.v17i1.22217.

Alamsyah, N. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik). https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p82-96.

Ambarwati, L. H., & Setiawan, I. (2019). Relasi Antara Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Smp Dengan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here. Journal On Education, 01, 300.

Andyani, N., Saddhono, K., & Mujyanto, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya.

Aprianita, R. (2015). Menerapkan Pendekatan Saintifik yang Berorientasi pada Kemampuan Metakognisi dan Keterampilan Sosial. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny.

Astuti, k. Sumantri, Made. Sudarma, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iii Kecamatan Buleleng. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5.

Diani, R. (2016). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantukan LKS terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.108.

Diani, R., Asyhari, A., & Julia, O. N. (2018). Pengaruh Model Rms (Reading, Mind Mapping And Sharing) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Pokok Bahasan Impuls Dan Momentum. Jurnal Pendidikan Edutama. https://doi.org/10.30734/jpe.v5i1.128.

Dra. Ni Wayan Suniasih, S. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Asesmen Portofolio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengetahuan Matematika Dan Sikap Sosial Pada Tema Cita-Citaku Siswa Kelas Iv Sd N 4 Ubung. Mimbar Pgsd Undiksha. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5164.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2012). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Penilaian. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2(2). https://doi.org/http://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50.

Hakim, L. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Efektivitas Penanganan Anak Jalanan di Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 5 Duren Sawit Jakarta Timur. Public Administration Journa, 3.

Handayani, M. W., Swistoro, E., & Risdianto, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Fisika terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X MIPA SMAN 4 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 36–44. https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.36-44.

Indra G, A., & Amaliyah, I. (2017). Pengaruh Pendekatan Saintifik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Analisis Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Edunomic, 5. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/ejpe.v5i1.1071.

Jamil, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Dan Hasil Belajar Ilmu Bahan Bangunan Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu Dan Beton Smk Negeri 2 Binjai Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Negeri Medan.

Jefrianto Syahrir, Tadjuddin Maknun, M. H. (2021). Implementasi Program Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma Negeri 1 Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Imu Budaya, 4.

Nasution, J. (2019). Analisis Kesulitan Bahasa Indonesia Bagi Pemelajar Di Samsifl Uzbekistan Pada Empat Keterampilan Berbahasa. Medan Makna: Jurnal Ilmu Kebahasaan Dan Kesastraan. https://doi.org/10.26499/mm.v17i2.2134.

Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.

Nurdyansyah, T. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 156.

Salim Nahdi, D., & Cahyaningsih, U. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Sd Kelas V Dengan Berbasis Pendekatan Saintifik Yang Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1119.

Sukoriyanto, S. (2018). Pendampingan Penggunaan Asesmen Portofolio Untuk Memonitor Kemajuan Mahasiswa PPL Bagi Guru Pembimbing. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT. https://doi.org/10.30999/jpkm.v8i1.181.

Sutarman, Kristiantari, G. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Bahasa Indonesia (Keterampilan Menulis) Tema Cita-Citaku Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn Desa Peguyangan Ditinjau Dari Karakteristik Pertanyaan Guru. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3.

Tela, T., Yulian, V. N., & Budianingsih, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.35569/biormatika.v5i01.464.

Virnayani, Sulastri, G. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantuan Penilaian Portofolio Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Pejeng. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3.

Downloads

Published

2021-07-10

How to Cite

Mahendra, I. G. R., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2021). Penggunaan Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Hasil BelaJar Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 242–249. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.36038

Issue

Section

Articles