Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran

Authors

  • Wiladatus Salamah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.29099

Keywords:

Media pembelajaran, Google Classroom

Abstract

Adanya wabah virus covid-19 di Indonesia yang menyebabkan segala aktivitas harus di lakukan dari rumah. Sehingga dalam dunia pendidikan semua guru harus mampu membuat sedemikian media pembelajaran yang dapat di operasikan secara efektif peserta didik dari rumah. Permasalahan dari penelitian ini adalah penggunaan aplikasi google classroom dalam proses pembelajaran di SD N Giling 01 Pati.  Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan aplikasi google classroom dalam proses pembelajaran di SD N Giling 01 Pati. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan datadalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah; guru kelas IV, V dan VI; serta diambil sejumlah 4 peserta didik dari masing-masing kelas IV,V, dan VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi google classroom merupakan media pembelajaran yang sangat fleksibel tempat maupun waktu. Penggunaan aplikasi google classroom juga efektif dalam penyampaian materi maupun pengumpulan tugas karema tidaklah menggunakan alat tulis. Setiap guru dapat dengan mudah mengupload power point, video maupun soal-soal dengan menggunakan google classroom. Berdasarkan penelitian ini kesimpulan yang dapat saya sampaikan adalah pembelajaran melalui aplikasi google classroom merupakan sarana yang tepat yang di pilih guru di SD N Giling 01 di masa pandemi covid-19 guna mencegah penyebaran virus tersebut. Aplikasi google classroom juga merupakan aplikasi terbaik yang bisa di gunakan untuk pembelajaran karena pembelajaran yang di sajikan seperti pembelajaran yang dilakukan di kelas ofline, hanya saja dalam google classroom pembelajaran kelas online tidak bertatap muka secara langsung.

References

Djamarah, SB.2012.Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru.Surabaya:Usaha Nasional.

Ernawati.2018. ”Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Kualitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di MAN 1 Kota Tangerang Selatan”. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Hamdani,M.A.2011.Strategi Belajar Mengajar.Bandung:Pustaka Setia

Julia, Mahrita.2019.Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Pembelajaran Matematika Tipe Think Pair Share di SMKN 3 Banjarmasin. Makalah. Dalam:SEMPIKA II di Pendidikan Matematika FKIP Lambung Mangkurat Banjarmasin, 12 Oktober.

Miarso, Yusuf Hadi.2004.Menyemai Benih Teknologi Pendidikan.Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Sumantri, Mohamad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Surakhmad, Winarno.2000.Metodologi Pengajaran Nasional.Jakarta:UHAMKA

Wulansari, Erina.2018.”Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Memanfaatkan Google Classroom Pada Materi Vektor Dalam Ruang Dimensi Tiga di Kelas X MIA 4 SMA Negeri 7 Yogyakarta”.Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-11-27

How to Cite

Salamah, W. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 533–538. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.29099

Issue

Section

Articles