Pengembangan Media Video Animasi Berorientasi Membaca Pemahaman dengan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada Muatan Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32453Keywords:
Video Animasi, Membaca Pemahaman, DRTA, Bahasa IndonesiaAbstract
Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan menuntut para pendidik untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dari produk video animasi berorientasi membaca pemahaman dengan strategi Directed Reading Thinking activity serta mendeskripsikan kelayakan video animasi berorientasi membaca pemahaman dengan strategi Directed Reading Thinking activity. Sehingga jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah produk berupa media vidio animasi berorientasi membaca pemahaman dengan strategi Directed Reading Thinking activity. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara, dan angket, dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil validitas media pemebelajaran berupa video animasi dari ahli isi mata pembelajaran diperoleh persentase 87% masuk kategori baik, ahli desain pembelajaran diperoleh persentase 90% masuk kategori sangat baik, ahli media pembelajaran diperoleh persentase 91% masuk kategori sangat baik. Persentase yang diperoleh dari hasil uji perorangan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar yaitu 93% masuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis uji coba produk yang dilakukan oleh para ahli dan hasil uji pengguna (siswa) pada tahap uji coba perorangan maka dapat disimpulkan bahwa media video animasi berorientasi membaca pemahaman dengan strategi Directed Reading Thinking activity pada muatan Bahasa Indonesia dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran muatan Bahasa Indonesia kelas IV SD.
References
Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2019). Pemanfaatan Media Berbasis Ict “Kahoot” Dalam Pembelajaran Ppkn Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 6(2), 208–216. https://doi.org/10.36706/jbti.v6i2.10118.
Anzar, S. F., & Mardhatillah. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Bina Gogik, 4(1 Maret 2017), 53–64.
Ariawan, V. A. N., Utami, N. T., & Rahman, R. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Model CIRC Berbantuan Media Cetak. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 95–104. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3529.
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534.
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 47. https://doi.org/10.31602/muallimuna. v2i1.741
Budiarti, W. N., & Haryanto, H. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295.
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095.
Bunadi, Ni Made Rusni. Sutama, I. M., & Sutresna, I. B. (2014). Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Cerpen Siswa Kelas VII E SMP Negeri Kubutambahan. Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Volume 2.
Hastari, G. A. W., Agung, A. A. G., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan Modul Elektronik Berpendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama. EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 7, 33–43.
Jainiyah, S. (2015). Penerapan Strategi Direct Reading Thinking Activity (Drta) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Tema Berbagai Pekerjaan Siswa Kelas Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 253582.
Karakaita Putri, P. N. A., Arini, N. W., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Berbantuan Media Flip Chart Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 158. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17762.
Maulana, P., & Ikhsan, M. H. (2017). Efektivitas Strategi Directed Reading Thinking Activity (Drta) Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Karya Sastra Dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Sebelas April, 1(1), 1–14.
Muhammad Yusuf Kurniawan, St. Y. Slamet, M. S. (2016). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Strategi Directed Reading Thinking Activity (Drta). Jurnal Didaktika Dwijaya Indria, 4(4), 1–6.
Nehru, N., & Syarkowi, A. (2017). Analisis Desain Pembelajaran Untuk Meningkatkan Literasi Sains Berdasarkan Profil Penalaran Ilmiah. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(1), 20–24. https://doi.org/10.17509/wapfi.v2i1.4867.
Nirmala, S. D. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Se-Gugus 2 Purwasari Dalam Membaca Pemahaman Melalui Model Fives Dan Model Guided Reading. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 44–58. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i2.3889.
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19. https://doi.org/ 10.23887/jeu.v6i1.20257.
Purnomo, B. H. (2011). Metode dan Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jurnal Pengembangan Pendidikan, 8(1), 251–256.
Putra, I. G. L. A. K., Tastra, I. D. K., & Suwatra, I. I. W. (2014). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di SDN 1 Selat. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.
Sauri, F. S. (2019). Perancangan Storyboard Dalam Film Animasi 3d “ Sons Of Pandawa ” Storyboard Design In 3d Animation FilM “ SONS OF PANDAWA ” Keywords : Storyboard , Adaptation , Puppet Figure , 3D Animation Film. 6(2), 1672–1680.
Sulistiyowati, T., & Kristanto, A. (2013). Pengembangan Media Video Animasi Tentang Pembentukan Tanah Bagi Siswa Kelas V SD Ngeri Singowangi Kec. Kutorejo Kab. Mojokerto. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Suwandayani, B. I. (2018). Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman I Malang. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 78–88. https://doi.org/10.30651/else.v2i1.1214.
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan dengan Model ADDIE. Seminar Nasional Riset Inovatif IV, 208–216.
Untari, M. F. A., & Saputra, A. A. (2016). Keefektifan Media Komik Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas Iv Sd. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 29–39. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2354.
Widiasih, R., Widodo, J., & Kartini, T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Bervariasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 103. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6454.
Widiyasanti, M., Proketen, S. D., & Yogyakarta, N. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489.
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/ 10.23887/jet.v3i3.21735.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)