Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27372Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi pengetahuan IPA kelas IV di SDN Gugus Tuanku Imam Bonjol Kecamatan Denpasar Barat Tahun 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SDN Gugus Tuanku Imam Bonjol Tahun 2019/2020.. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode tes, instrumen tes pilihan ganda biasa. Data posttest kompetensi pengetahuan IPA dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Data yang diperoleh thitung = 10,13 dan pada taraf signifikansi 5% dan dk = n1+n2–2 = 68 maka diperoleh nilai ttabel = 2,000. , Sehingga thitung > ttabel, H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen = 84,69 > kelompok kontrol = 67,04. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan multimedia berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV tahun 2019/2020.References
Agung, A. A. Gede. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: FIP Undiksha.
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
A’la, Miftahul. 2010. Quantum Teaching. Yogyakarta: DIVA Press.
Anwar, Muhammad. 2015. Filsafat Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Arifin, Zainal. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asriyani, K. D. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Script Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Busungbiu”. e-journal PGSD UNDIKSHA Jurusan PGSD, Volume 1, Nomor 1 (hlm. 1-11). Diakses pada tanggal 12 Januari 2018
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.
DePorter, Bobbi dan Mike Hernacki. 2011. Quantum Learning. Bandung:
Kaifa.
Herlina, W. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Gugus XIII Kecamatan Buleleng”. e-journal PGSD UNDIKSHA Jurusan PGSD, Volume 1, Nomor 1 (hlm. 1-10). Diakses pada tanggal 10 Januari 2018
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka.
Kadir, Abdul, dkk. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Kosasih, Nandang dan Dede Sumarna. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.
Koyan, Wayan. 2007. Statistika Terapan (Teknik Analisis Data Kuantitatif). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Listyawati, Ni Luh. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD”. e-journal PGSD UNDIKSHA Jurusan PGSD, Volume 1, Nomor 1 (hlm. 1-10). Diakses pada tanggal 11 Januari 2018
Partiwi, Putu Oka. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Di Gugus II Kecamatan Buleleng”. e-journal PGSD UNDIKSHA Jurusan PGSD, Volume 1, Nomor 1 (hlm. 1-11). Diakses pada tanggal 10 Januari 2018
Puspitasari, Desi. 2014. “Pengembangan Multimedia Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Subtema Daur Air di Sekolah Dasar”. Volume 2, Nomor 2. Diakses pada tanggal 31 Oktober 2014
Setiawan, Yudi. 2015. “Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV di Gugus IV Kecamatan Petang.” E-journal PGSD UNDIKSHA Program Pascasarjana, Volume 3, Nomor 1.
Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenamedia Group.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kirikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.
Susiani. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Terhadap Kecerdasan Sosio-Emosional dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Banyuning”. e-journal PGSD UNDIKSHA Program Pascasarjana, Volume 1, Nomor 1 (hlm. 1-10). Diakses pada tanggal 12 Januari 2018
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Tabany, Trianto Ibnu Badar al-. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media Group.
Widayat, Widi. 2014. “Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Sistem Gerak pada Manusia”. Diakses pada bulan Juli 2014
Winarsunu, Tulus. 2009. Statistik dalam Penelitian Pendidikan. Malang: UMM Press.
Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. 2017. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)