Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • Sarah Lutfiah Dewi Universitas pendidikan ganesha
  • I G A Agung Sri Asri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Ganing Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27372

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi pengetahuan IPA kelas IV di SDN Gugus Tuanku Imam Bonjol Kecamatan Denpasar Barat Tahun 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SDN Gugus Tuanku Imam Bonjol Tahun 2019/2020.. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode tes, instrumen tes pilihan ganda biasa. Data posttest kompetensi pengetahuan IPA dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Data yang diperoleh thitung = 10,13 dan pada taraf signifikansi 5% dan dk = n1+n2–2 = 68  maka diperoleh nilai ttabel = 2,000. , Sehingga thitung > ttabel, H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen   = 84,69  > kelompok kontrol   = 67,04. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan multimedia berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV tahun 2019/2020.

Author Biographies

Sarah Lutfiah Dewi, Universitas pendidikan ganesha

PGSD

I G A Agung Sri Asri, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ni Nyoman Ganing, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Agung, A. A. Gede. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: FIP Undiksha.

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

A’la, Miftahul. 2010. Quantum Teaching. Yogyakarta: DIVA Press.

Anwar, Muhammad. 2015. Filsafat Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arifin, Zainal. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asriyani, K. D. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Script Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Busungbiu”. e-journal PGSD UNDIKSHA Jurusan PGSD, Volume 1, Nomor 1 (hlm. 1-11). Diakses pada tanggal 12 Januari 2018

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.

DePorter, Bobbi dan Mike Hernacki. 2011. Quantum Learning. Bandung:

Kaifa.

Herlina, W. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Gugus XIII Kecamatan Buleleng”. e-journal PGSD UNDIKSHA Jurusan PGSD, Volume 1, Nomor 1 (hlm. 1-10). Diakses pada tanggal 10 Januari 2018

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka.

Kadir, Abdul, dkk. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kosasih, Nandang dan Dede Sumarna. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.

Koyan, Wayan. 2007. Statistika Terapan (Teknik Analisis Data Kuantitatif). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Listyawati, Ni Luh. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD”. e-journal PGSD UNDIKSHA Jurusan PGSD, Volume 1, Nomor 1 (hlm. 1-10). Diakses pada tanggal 11 Januari 2018

Partiwi, Putu Oka. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Di Gugus II Kecamatan Buleleng”. e-journal PGSD UNDIKSHA Jurusan PGSD, Volume 1, Nomor 1 (hlm. 1-11). Diakses pada tanggal 10 Januari 2018

Puspitasari, Desi. 2014. “Pengembangan Multimedia Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Subtema Daur Air di Sekolah Dasar”. Volume 2, Nomor 2. Diakses pada tanggal 31 Oktober 2014

Setiawan, Yudi. 2015. “Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV di Gugus IV Kecamatan Petang.” E-journal PGSD UNDIKSHA Program Pascasarjana, Volume 3, Nomor 1.

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenamedia Group.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kirikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.

Susiani. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Terhadap Kecerdasan Sosio-Emosional dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Banyuning”. e-journal PGSD UNDIKSHA Program Pascasarjana, Volume 1, Nomor 1 (hlm. 1-10). Diakses pada tanggal 12 Januari 2018

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Tabany, Trianto Ibnu Badar al-. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media Group.

Widayat, Widi. 2014. “Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Sistem Gerak pada Manusia”. Diakses pada bulan Juli 2014

Winarsunu, Tulus. 2009. Statistik dalam Penelitian Pendidikan. Malang: UMM Press.

Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. 2017. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2020-07-23

How to Cite

Dewi, S. L., Sri Asri, I. G. A. A., & Ganing, N. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 316–324. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27372

Issue

Section

Articles