Korelasi Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru di Sekolah Dasar

Authors

  • Ananda Gde Kusuma Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Oka Negara Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.39564

Keywords:

Motivasi, Disiplin, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru PNS sebanyak 32 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling total dengan menggunakan keseluruhan populasi yang dijadikan sampel yaitu sebanyak 32 guru PNS. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode dengan kuesioner untuk mengumpulkan data tentang variabel motivasi kerja dan disiplin kerja, sedangkan data vaiabel kinerja guru dikumpulkan dengan pencatatan dokumen. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Pada pengujian hipotesis menggunakan uji regresi sederhana untuk hipotesis I, II, dan menggunakan uji regresi ganda untuk hipotesis III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi kerja dan kinerja guru dengan kontribusi sebesar 11,78%; terdapat hubungan yang signifikan disiplin kerja dan kinerja guru dengan kontribusi sebesar 44,5%; terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi kerja dan disiplin kerja dengan kinerja guru dengan kontribusi sebesar 56,28%, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi kerja dan disiplin kerja dengan kinerja guru.

References

Akbar, S. (2018). Analisa Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kerja. Jurnal Jiaganis, 3(2), 1–17. http://jurnal.stiaindragiri.ac.id/site/index.php/jiaganis/article/view/52.

Alhusaini, A., Keitiawan, M., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2166–2172. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.693.

Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(2), 14–23. https://doi.org/10.29040/jap.v17i02.11.

Asterina, F., & Sukoco. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.21831/jamp.v7i2.26743.

Astuti, A. D. (2017). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru SD di Kabupaten Cilacap. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 150–160. https://doi.org/10.21831/amp.v5i2.13931.

Baharudin, H. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Sistem Kepemimpinan Kepala Madrasah. Jurnal Ilmu Tarbiyah At-Tajdid, 6(1), 1–26.

Fauzi, F., & Malini. (2020). Determinasi Pelatihan dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di SMPN 4 Takengon. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(2), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i2.6793.

Gea, K., & Tarigan, U. (2013). Analisis Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Nias UtaraNo Title. Jurnal Administrasi Publik, 3(2). https://doi.org/10.31289/jap.v3i2.1351.

Ginanjar, A. (2018). Model Pembelajaran Taktis dan Motivasi Belajar terhadap Kebugaran Jasmani Siswa SMK. Jurnal Kependidikan, 2(2), 409–419. https://doi.org/10.21831/jk.v2i2.10746.

Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik : Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of Educaton Management and Administration Review, 3(1), 1–6. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/2949.

Haruna, J. (2021). Optimalisasi Pelayanan dan Motivasi Kerja dengan Kedisiplinan Pegawai dalam Mengukur Kepuasan Kinerja. BEduManageRs Journal, 2(1), 50–61. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/bedu/article/view/607.

Hasan, M. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Gowa. Jurnal Economix, 5(2), 72–73. http://ojs.unm.ac.id/economix/article/download/5347/3087.

Ismail, Sulistyarini, & Imran. (2018). Peran Pimpinan Memotivasi Bawah Melanjutkan Pendidikan S2 di Lingkungan Kerja Pemerintah Kecamatan Se-Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(2), 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/23837.

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367.

Jundu, R., Jehadus, E., Nendi, F., Kurniawan, Y., & Men, F. E. (2019). Optimalisasi Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Anak di Desa Popo Kabupaten Manggarai. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 221. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3353.

Lubis, W. (2020). Analisis Efektivitas Belajar pada Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 139–140. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/view/3282.

Maizahroh, & Ulum, R. (2020). Pengaruh Faktor-Faktor Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di SMA Darul Mustofa Tunjung Burneh Bangkalan, 4(1), 27–34. http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/ECS/article/download/403/299/.

Primasari, I. F. N. D., & Zulela. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 64–73. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.16820.

Putra, I. W. A., & Negara, I. G. A. O. (2021). Kontribusi Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 95–104. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32253.

Rahayu, M., Yuniarsih, T., Disman, Sojanah, J., Nusannas, I. S., & Mutmainnah, D. (2020). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru pada Man 1 Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Visipena, 11(1), 99–115. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1216.

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai Fasilitator dan Efektivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954.

Ritonga, E. Y. (2019). Pentingnya Penilaian Prestasi Kerja dalam Organisasi. Jurnal Al-Idarah, 7(1), 13–35. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37064/ai.v7i1.7546.

Rodi, M., Oktafiah, Y., & Wahyudi, P. (2020). Pengaruh Kedisiplinan dan Fasilitas Kerja terhadap Kinerja Guru (Studi pada SMKN 1 Grati). Jurnal EMA, 4(2), 70–80. https://doi.org/10.47335/ema.v4i2.40.

Saragih, R. S., Simarmata, H. M., & Parulian. (2018). Kepemimpinan, Kepuasan Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 19(2), 124–133. https://doi.org/10.30596/jimb.v19i2.2146.

Segantara, I. G. M., Yudana, I. M., & Sunu, I. G. K. A. (2018). Studi Korelasi antara Motivasi Kerja, Kompetensi Profesional Guru, dan Etos Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 1(1), 29–34. https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i1.12927.

Sopandi, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kompetensi Kepribadian terhadap Kinerja Guru. Scientific Journal of Reflection, 2(2), 121–130. https://doi.org/10.5281/zenodo.2628070.

Sukaimi, S. dan M. S. H. (2018). Budaya Disiplin Kerja. Mandania, 8(2), 228–255. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v8i2.5729.

Sukayana, I. W., Yudana, M., & Hendra Divayana, D. G. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di SMK Kertha Wisata Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 157–162. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2804.

Suryani, L., Sahono, B., & Somantri, M. (2017). Korelasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Antara Guru terhadap Kinerja Guru di SMP. Jurnal Manajer Pendidikan, 11(3), 233–238. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/view/3252.

Utari, K. T., & Rasto, R. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 246–253. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18019

Wijania, I. W. (2017). Kontribusi Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 176–184. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/11983.

Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768.

Wulandari, A. P., & Renda, N. T. (2020). Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 90. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26068.

Yusuf, T., & Suci, G. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 2 Penajam Paser Utara. Jurnal GeoEkonomi, 9(2), 117–132. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v9i2.23.

Downloads

Published

2021-10-19

How to Cite

Kusuma, A. G., & Negara, I. G. A. O. (2021). Korelasi Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 347–354. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.39564

Issue

Section

Articles