Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • Ni Kadek Devita Putri Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Oka Negara Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27442

Keywords:

Think Talk Write, Mind Mapping, Kompetensi Pengetahuan IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantuan Mind Mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus 8 Kecamatan Gianyar Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus 8 Kecamatan Gianyar sebanyak 146 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 2 Siangan sebanyak 25 siswa sebagai kelompok eksprimen dan kelas V SD Negeri 2 Sumita sebanyak 18 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode tes, instrument tes pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh thitung = 3,5 dan pada taraf signifikansi 5% dan dk = n1+n2–2 = 41  maka diperoleh nilai ttabel = 2,021, karena thitung > ttabel maka Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen   = 83,16  > kelompok kontrol   = 65,06. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write berbantuan Mind Mapping berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus 8 Kecamatan Gianyar tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar dijadikan sebagai kajian yang relevan untuk memperdalam teori mengenai model pembelajaran Think Talk Write berbantuan Mind Mapping.

Author Biographies

Ni Kadek Devita Putri, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Gusti Agung Oka Negara, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ni Wayan Suniasih, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Downloads

Published

2020-07-23

How to Cite

Putri, N. K. D., Negara, I. G. A. O., & Suniasih, N. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 417–425. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27442

Issue

Section

Articles