E-Modul Interaktif pada Muatan IPA Subtema 1 Tema 8 Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Kadek Rossita Cahyani Putri Ganesha University of Education
  • I Gede Margunayasa Ganesha University of Education
  • Kadek Yudiana Ganesha University of Education

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.33653

Keywords:

Pengembangan, E-modul interaktif, IPA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul interaktif pada muatan IPA subtema 1 tema 8 kelas V SD yang sudah teruji validitasnya. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, model ini terdiri dari beberapa langkah-langkah yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Dari tahapan tersebut, penelitian ini hanya berfokus pada tiga tahapan meliputi analyze, design, dan development, sedangkan untuk tahapan implementation dan evaluation tidak dilaksanakan didalam penelitian ini dikarenakan keterbatasan waktu dan akses selama masa pandemi berlangsung. Subjek dalam penelitian ini merujuk pada e-modul interaktif muatan IPA pada subtema 1 tema 8 kelas V sekolah dasar. Disisi lain, objek dalam penelitian ini adalah validitas e-modul interaktif muatan IPA pada subtema 1 tema 8 kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuisioner di dalam pengumpulan data, metode ini diterapkan dengan cara memberikan pernyataan-pernyataan kepada responden yakni, ahli materi, ahli media, dan praktisi. Kegiatan uji validitas e-modul interaktif menghasilkan data berupa angka yang dihitung rata-rata skornya, selanjutnya dikategorikan ke dalam tabel skala lima. Penilaian dari dua orang dosen ahli materi mendapatkan nilai 4,6 dengan kualifikasi “sangat baik”. Penilaian dari dua orang dosen ahli media mendapatkan nilai 4,8 dengan kualifikasi “sangat baik”. Penilaian dari dua orang praktisi yaitu guru wali kelas V SD mendapatkan nilai 4,9 dengan kualifikasi “sangat baik”. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan pengembangan e-modul interaktif pada muatan IPA subtema 1 tema 8 kelas V SD dengan materi siklus air memiliki kualifikasi sangat baik.

References

Agung, A. A. G. (2014). Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing . Aditya Media Publishing.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.

Basar, A. M., Islam, P. A., Nurul, S., Cikarang, F., & Bekasi, B. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi ). 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112.

Chomsin, S. ., & Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. PT Gramedia.

Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433–441. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28035.

Erdogan, V. (2019). Integrating 4C Skills of 21st Century into 4 Language Skills in EFL Classes. International Journal of Education and Research, 7(11), 113–124.

Gozali, F., & Lo, B. (2012). Pemanfaatan Teknologi Open Source Dalam Pengembangan Proses Belajar Jarak Jauh di Perguruan Tinggi. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 1(1), 47–57. https://doi.org/10.23887/janapati.v1i1.9767.

Hamid, A., & Alberida, H. (2021). Pentingnya Mengembangkan E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook di Sekolah Menengah Atas. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 911–918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.452.

Hubing, NancyPhilpot, T. A., Oglesby, D. B., Flori, R. E., Yellamraju, V., & Hall, R. H. (2002). Interactive learning tools: Animating statics. American Society for Engineering Education Annual Conference & Exposition. https://doi.org/10.18260/1-2--10367.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478.

Kuncahyono. (2018). Pengembangan E-Modul (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 2(2), 121. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.32934/jmie.v2i2.75 Copyright.

Kuncahyono, & Aini, D. F. N. (2020). Pengembangan Pedoman E-Modul Berorientasi Student Active Learning Sebagai Pendukung Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 292–304. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13999.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education And Literature, 3(1), 99–110. https://doi.org/10.24235/Ileal.V3i1.1820.

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v2i1.640.

Mustika, Z. (2015). Urgenitas Media Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Yang Kondusif. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.311.

Nakayama, M, & Yamamoto. (2006). Investigating the impact of learner characteristics on blended learning among Japanese Students. Proceedings of the International Conference on E-Learning, ICEL, 2006-Janua(3), 361–370.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Rahmadhani, S., Efronia, Y., & Tasrif, E. (2021). Penggunaan E-Modul Di Sekolah Menengah Kejuruan Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Vokasi Informatika, 1(1), 5–9. http://javit.ppj.unp.ac.id/index.php/javit/article/view/16.

Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501.

Ricu Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jps.091.01.

Santosa, P. I. (2011). No Model Konseptual Pemanfaatan Teori Flow Dalam eLearning. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 1(1), 24–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/janapati.v1i1.9756.

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 264–275. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2171.

Surjono, H. (2009). Pengantar e-learning dan penyiapan materi pembelajaran. In E-learning.

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118.

Suwasono. (2013a). Pengembangan E-Modul Online Elektronika Analog Pada Pendidikan Jarak Jauh. Teknologi Dan Kejuruan, 36(1), 51–62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/tk.v36i1.4070.

Suwasono. (2013b). Pengembangan E-Modul Online Elektronika Analog Pada Pendidikan Jarak Jauh. Teknologi Dan Kejuruan, 36(1), 51–62. https://doi.org/10.17977/tk.v36i1.4070.

Szép, S. G. (2017). Konzeption und Implementierung eines neuartigen E-Learning-Moduls mit EbM-Lerninhalten im Fach ZahnerhaltungskundeConception and implementation of a novel E-learning module with EbM learning contents in operative dentistry. Zeitschrift Für Evidenz, Fortbildung Und Qualität Im Gesundheitswesen, 127–128, 72–78. https://doi.org/10.1016/j.zefq.2017.09.001.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16.

Wibowo, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN).

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279.

Widiyono, A., & Irfana, S. (2021). Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 102–107. https://doi.org/10.17509/md.v16i2.30125.

Winatha, K. R., Suharsono, N., & Agustin, K. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Matematika. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 4(2), 188–199. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/viewFile/14021/9438.

Yoga Purandina, I. P., & Astra Winaya, I. M. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454.

Downloads

Published

2021-06-04

How to Cite

Putri, N. K. R. C., Margunayasa, I. G., & Yudiana, K. (2021). E-Modul Interaktif pada Muatan IPA Subtema 1 Tema 8 Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 175–182. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.33653

Issue

Section

Articles