Kesenjangan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar di Daerah Perkotaan, Pinggiran Kota, dan Pedesaan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v7i3.69790Keywords:
Literasi, Sekolah Dasar, Analisis KesenjanganAbstract
Literasi merupakan paradigma baru dalam dunia pendidikan khususnya dalam pembelajaran literasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi kemampuan Literasi siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rumus slovin dengan batas toleransi kesalahan sebesar 3%. Hal ini dikarenakan jumlah populasi penelitian cukup banyak dan beragam. Selanjutnya, penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah angket. Angket yang digunakan terdiri atas 30 pernyataan yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dalam penelitian dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian dianalisis berdasarkan dimensi setiap kuisioner. Pada kuisioner siswa terkait dengan persepsi kepemilikan Literasi memberikan hasil berupa kondisi terkini pembelajaran berbasis Literasi. Hasil penelitian ini memberikan gambaran secara deskriptif mengenai kondisi kemampuan Literasi siswa sekolah dasar. Kemampuan Literasi siswa masih belum merata, baik dilihat dari jenis kemampuan literasinya maupun lokasi sekolah siswa (perkotaan, pinggiran kota, dan pedesaan). Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan adanya kesenjangan yang cukup besar terhadap kemampuan literasi siswa di perkotaan dibandingkan di pinggiran kota dan pedesaan. Gambaran mengenai kondisi tersebut dapat dijadikan acuan dan landasan dalam menentukan upaya yang tepat untuk mengembangkan kemampuan Literasi siswa sekolah dasar.
References
Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Literasi. PT Refika Aditama.
Agung, G. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Apriyani, T. (2020). Pembelajaran Sastra Populer Berbasis Wattpad Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Baca Tulis. Suar Betang, 15(1), 107–116. https://doi.org/10.26499/surbet.v15i1.152. DOI: https://doi.org/10.26499/surbet.v15i1.152
Aswat, H. (2020). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70–78. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.302. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.302
Azimah, R. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Pembelajaran di Kelas Tinggi. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(4), 934–947. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i4.7567. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v3i4.7567
Buwono, S., & Dewantara, J. A. (2020). Hubungan Media Internet, Membaca, Dan Menulis Dalam Literasi Digital Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 4(4), 1186–1193. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.526. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.526
Chan, B. S. K., Churchill, D., & Chiu, T. K. F. (2017). Digital Literacy Learning In Higher Education Through Digital Storytelling Approach. Journal of International Education Research (JIER), 13(1), 1–16. https://doi.org/10.19030/jier.v13i1.9907. DOI: https://doi.org/10.19030/jier.v13i1.9907
Chusni, M. M., & Hasanah, A. (2018). Pengaruh Kemampuan Pengelolaan Laboratorium dan Literasi Sainfik Terhadap Kesiapan Calon Guru Fisika. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 325. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i3.5222. DOI: https://doi.org/10.20527/bipf.v6i3.5222
Dafit, F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Literasi Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 87–100. https://doi.org/10.24036/jippsd.v1i1.7937. DOI: https://doi.org/10.24036/02017117937-0-00
Didiharyono, & Qur’ani, B. (2019). Increasing Community Knowledge Through the Literacy Movement. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 17. https://doi.org/10.35914/tomaega.v2i1.235. DOI: https://doi.org/10.35914/tomaega.v2i1.235
Ediyono, S., & Alfiati, A. (2019). Membangun Budaya Literasi Berbasis Kearifan Lokal dalam Mata Kuliah Menulis Puisi Mahasiswa. An-Nuha : Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 6(2), 183–194. https://doi.org/10.36835/annuha.v6i2.334. DOI: https://doi.org/10.36835/annuha.v6i2.334
Fadila, D., Suliyanah, S., & Deta, U. A. (2020). Analysis of Interest and Scientific Literacy Skills of Senior High School in Learning Physics. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 8(2), 39. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v8i2.3195. DOI: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v8i2.3195
Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi dan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 709–716. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2030. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2030
Fauziyah, A., Prasetyaningsih, P., & Biru, L. T. (2021). Analysis of Scientific Literacy Skills in Solving Question Science on Food Security Themes in Serang City. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(2), 56–63. https://doi.org/10.26740/jppipa.v6n2.p56-63. DOI: https://doi.org/10.26740/jppipa.v6n2.p56-63
Graham, S. (2019). Changing How Writing Is Taught. Review of Research in Education, 43(1), 277–303. https://doi.org/10.3102/0091732X18821125. DOI: https://doi.org/10.3102/0091732X18821125
Hadis, H. A. H. S., & Manvender, K. S. S. G. (2016). The effect of reading on improving the writing of EFL students. Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities, 23(4), 1115–1138.
Helaludin. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi dalam Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi. Pendais, I(skor 403), 44–55.
Huber, M. M., Leach-López, M. A., Lee, E., & Mafi, S. L. (2020). Improving accounting student writing skills using writing circles. Journal of Accounting Education, 53, 100694. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2020.100694
Indriyani, V., M. Zaim, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi baca tulis dan inovasi kurikulum bahasa. Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108–118. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.7842. DOI: https://doi.org/10.22219/KEMBARA.Vol5.No1.108-118
Jack, K. (2015). The use of poetry writing in nurse education: An evaluation. Nurse Education Today, 35(9), e7–e10. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2015.04.011. DOI: https://doi.org/10.1016/j.nedt.2015.04.011
List, A. (2019). Defining digital literacy development: An examination of pre-service teachers’ beliefs. Computers and Education, 138, 146–158. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.03.009. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.03.009
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88. DOI: https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp69-88
Marlina, T., & Halidatunnisa, N. (2022). Implementasi Literasi Sosial Budaya Di Sekolah Dan Madrasah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 426. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.1002. DOI: https://doi.org/10.35931/am.v6i2.1002
Muniroh, S. M., Khasanah, N., & Irsyad, M. (2020). Pengembangan Literasi Budaya dan Kewargaan Anak Usia Dini Di Sanggar Allegro Desa Podo Kec. Kedungwuni Kab. Pekalongan. Jurnal Lentera Anak, 1(1), 81–91.
Musfiroh, T., & Listyorini, B. (2016). Konstruk Kompetensi Literasi Untuk Siswa Sekolah Dasar. Litera, 15(1), 1–12. https://doi.org/10.1108/978-1-78973-973-220191007. DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v15i1.9751
Nisa, A. K. (2020). Pola pengembangan isi dan pola pengungkapan imaji dalam teks puisi karya siswa kelas viii smp. Basindo, 4(01), 17–31.
Nopilda, L., & Kristiawan, M. (2018). Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Pembelajaran Literasi Sebuah Paradigma Pendidikan Abad Ke- 21. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(2). https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i2.1862. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i2.1862
Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561. DOI: https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561
Nurjanah, M., Dewi, D. T., Al Fathan, K. M., & Mawardini, I. D. (2022). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 3 Sd/Mi. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 87. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i2.6499. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i2.6499
Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497.
Oliver, M. C., & Adkins, M. J. (2020). “Hot-headed” students? Scientific literacy, perceptions and awareness of climate change in 15-year olds across 54 countries. Energy Research and Social Science, 70. https://doi.org/10.1016/j.erss.2020.101641. DOI: https://doi.org/10.1016/j.erss.2020.101641
Polizzi, G. (2020). Digital literacy and the national curriculum for England: Learning from how the experts engage with and evaluate online content. Computers and Education, 152(February), 103859. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103859. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103859
Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65–80. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066. DOI: https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066
Purnama, S., Ulfah, M., Machali, I., Wibowo, A., & Narmaditya, B. S. (2021). Does digital literacy influence students’ online risk? Evidence from Covid-19. Heliyon, 7(6), e07406. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07406. DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07406
Purnama, S., Wibowo, A., Narmaditya, B. S., Fitriyah, Q. F., & Aziz, H. (2022). Do parenting styles and religious beliefs matter for child behavioral problem? The mediating role of digital literacy. Heliyon, 8(6). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09788. DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09788
Putri Utami, I. W., & Muzakki, A. (2020). Analisis Pendampingan Literasi Budaya Dan Kewarganegaraan Di Era New Normal. Wahana, 72(2), 126–130. https://doi.org/10.36456/wahana.v72i2.2851. DOI: https://doi.org/10.36456/wahana.v72i2.2851
Ratnasari, E. M. (2020). Efektifitas Penggunaan Buku Cerita Bergambar terhadap Kecerdasan Visual Anak Prasekolah. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 10–16. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.4287. DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.4287
Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Gunahumas, 1(1), 72–87. https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380. DOI: https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380
Rosenhan, C., & Galloway, N. (2019). Creativity, Self-reflection and Subversion: Poetry Writing for Global Englishes Awareness Raising. System, 84, 1–13. https://doi.org/10.1016/j.system.2019.04.005. DOI: https://doi.org/10.1016/j.system.2019.04.005
Rusilowati, A., Nugroho, S. E., Susilowati, E. S. M., Mustika, T., Harfiyani, N., & Prabowo, H. T. (2018). The development of scientific literacy assessment to measure student’s scientific literacy skills in energy theme. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 983, Issue 1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012046. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012046
Samsu, N., Mustika, D., Nafaida, R., & Manurung, N. (2020). Analisis Kelayakan dan Kepraktisan Modul Praktikum Berbasis Literasi Sains untuk Pembelajaran IPA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(1), 29–40. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.15546. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.15546
Sari, S. P., Natuna, D. A., & Afrianto, A. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Literasi Numerasi Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri Kota Pekanbaru. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(1), 290. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8379. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8379
Semilarski, H., & Laius, A. (2021). Exploring Biological Literacy: A Systematic Literature Review of Biological Literacy. European Journal of Educational Research, 10(3), 1199–1213. DOI: https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.3.1181
Silitonga, E. A., & Simanjuntak, M. R. (2022). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Literasi-Numerasi Siswa Sekolah Dasar Sebagai Implementasi Kegiatan Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Pendahuluan. 3(3), 623–636. https://doi.org/10.53696/27214834.255.
Solikhah, I. (2015). Reading and Writing as Academic Literacy in EAP Program of Indonesian Leaners. Dinamika Ilmu, 15(2), 325. https://doi.org/10.21093/di.v15i2.261. DOI: https://doi.org/10.21093/di.v15i2.261
Sudarsono, S., Abdurrahman, A., & Rosidin, U. (2020). Pengembangan Cerita Bergambar Fisika Berbasis STEM untuk Menumbuhkan Literasi Sains pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 11. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i1.2202. DOI: https://doi.org/10.24127/jpf.v8i1.2202
Sudaryono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Prenamedia Group.
Tavdgiridze, L. (2016). Literacy Competence Formation of the Modern School. Journal of Education and Practice, 7(26), 107–110.
Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Dan Bimbingan Konseling. PT Raja Grafindo Persada.
Valladares, L. (2021). Scientific Literacy and Social Transformation: Critical Perspectives About Science Participation and Emancipation. Science and Education, 30(3), 557–587. DOI: https://doi.org/10.1007/s11191-021-00205-2
Virgiawan, C. (2016). Studi Keanekaragaman Capung (Odonata) Sebagai Bioindikator Kualitas Air Sungai Brantas Batu-Malang Dan Sumber Belajar Biologi. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 1(2), 188–196. https://doi.org/10.22219/jpbi.v1i2.3330. DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v1i2.3330
Wahyu, Y., Suastra, I., Sadia, I. W., & Suarni, N. K. (2020). The effectiveness of mobile augmented reality assisted STEM-based learning on scientific literacy and students’ achievement. International Journal of Instruction, 13(3), 343–356. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13324a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2020.13324a
Wahyuni, S., Hindun, I., Setyaningrum, Y., & Masrudi, M. (2020). Implementasi PPK Berbasis Kelas Melalui Literasi Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SMP Muhammadiyah 1 Malang. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 2(3), 196–208. https://doi.org/10.36312/sasambo.v2i3.315. DOI: https://doi.org/10.36312/sasambo.v2i3.315
Widi, cIlhami N., Setiya, U., & Duden, S. (2016). Penerapan Scientific Approach untuk Meningkatkan Literasi Saintifik dalam Domain Kompetensi Siswa SMP pada Topik Kalor. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 51–56. https://doi.org/10.21009/1.02108. DOI: https://doi.org/10.21009/1.02108
Widiantari, N. K. K., Suparta, I. N., & Sariyasa, S. (2022). Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika di Era Pandemi COVID-19. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 331. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.10218. DOI: https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.10218
Widodo, W., Sudibyo, E., Suryanti, Sari, D. A. P., Inzanah, & Setiawan, B. (2020). The effectiveness of gadget-based interactive multimedia in improving generation z’s scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 248–256. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23208. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23208
Winarni, S., Kumalasari, A., Marlina, M., & Rohati, R. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi Dan Digital Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 574. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3345. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3345
Yan, A. S., Hani, U., & Azis, K. (2021). Memperkenalkan Budaya Literasi Melalui Kegiatan Membaca Puisi Berbahasa Inggris. Madaniya, 2(4), 368–372. https://doi.org/10.53696/27214834.103. DOI: https://doi.org/10.53696/27214834.103
Yuki, L. K. (2020). Implementasi Literasi Budaya Kuda Kosong dalam Meningkatkan Minat Membaca pada Mahasiswa Universitas Putra Indonesia. Jurnal Soshum Insentif, 3(1), 44–50. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i1.215. DOI: https://doi.org/10.36787/jsi.v3i1.215
Yustika, G. P., & Iswati, S. (2020). Digital Literacy in Formal Online Education: A Short Review. Dinamika Pendidikan, 15(1), 66–76. https://doi.org/10.15294/dp.v15i1.23779. DOI: https://doi.org/10.15294/dp.v15i1.23779
Yusuf, R., Sanusi, Razali, Maimun, Putra, I., & Fajri, I. (2020). Tinjauan Literasi Budaya dan Kewargaan Siswa SMA Se-Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 91–99.
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi The Type Of Descriptive Research In Communication Study. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90. DOI: https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kadek Yudiana, Ni Nyoman Chintya Ari Putri, I Gede Wahyu Suwela Antara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)