Penerapan Audio Visual pada Pembelajaran Geometri Kelas V di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi COVID 19

Authors

  • Nurul Aini Asfiyanti STKIP ROKANIA
  • Syafia Eka Putri STKIP ROKANIA
  • Yusri Amiroh STKIP ROKANIA
  • Riski Sakinah Hasibuan STKIP ROKANIA
  • Nur Samsi Hasibuan STKIP ROKANIA

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.34843

Keywords:

Penerapan Audio Visual, Hasil Belajar

Abstract

Peserta didik banyak sekali yang belum memahami materi geometri ini sehingga menyulitkan siswasaat belajar di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar matematika, mengembangkan produk berupa media pembelajaran video animasi materi volume bangun ruang kelas V di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan eksperimen yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh media audio visual terhadap pembelajaran geometri manfaat dari pilihan dan digunakannya audio visual untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi pembelajaran geometri. Data yang terkait dengan aktivitas dan strategi yang digunakan peserta didik dalam menyelesaikan soal yang di berikan selama pembelajaran berlangsung dikumpulkan melalui jawaban tertulis peserta didik di lembar jawaban, hasil belajar geometri peserta didik yang dikumpulkan melalui tes objektif pilihan ganda. Hasil penelitian konvensional peserta didik tampaknya belum menguasai materi geometri, sehingga nilai peserta didik belum mencapai KKM dan nilai rata-rata peserta didik pun cenderung rendah. Sedangkan pada penelitian eksperimen dengan menggunakan media audio visual nilai peserta didik meningkat dan sudah ada yang mencapai KKM meskipun tidak banyak. Nilai rata-rata peserta didik pada penelitian konvensional 44,6 dan pada penelitian eksperimen 62. terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil penelitian pembelajaran geometri peserta didik antara kelompok peserta didik yang mengikuti pembelajaran media audio visual dan peserta didik mengikuti pembelajaran konvensional. Implikasi penelitian ini memberikan dampak pada hasil belajar siswa.

References

Ahmadi, F., Sutaryono, Witanto, Y., & Ratnaningrum, I. (2017). Pengembangan Media Edukasi “Multimedia Indonesian Culture” (Mic) Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(2), 127–136. https://doi.org/10.15294/jpp.v34i2.12368.

Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v3i1.157.

Jundu, R., Jehadus, E., Nend, F., Kurniawan, Y., & E. Men, F. (2019). Optimalisasi Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Anak di Desa Popo Kabupaten Manggarai. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3353.

Kamiana, A., Kesiman, M. W. A., & Pradnyana, G. A. (2019). Pengembangan Augmented Reality Book Sebagai Media Pembelajaran Virus Berbasis Android. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 8(2), 165. https://doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.18351.

Kuswanto, J., & Walusfa, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19335.

Laswadi. (2016). Pendekatan Problem Solving berbantuan Komputer dalam. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika Vol., 6(1), 33–41. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i1.59.

Meyer, O. A., Omdahl, M. K., & Makransky, G. (2019). Investigating the effect of pre-training when learning through immersive virtual reality and video: A media and methods experiment. Computers and Education, 140, 103603. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103603.

Misla, M., & Mawardi, M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279.

Muhtarom. (2017). Penerapan Media Audio Visual Macromedia Flash Dan Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Widyagogik, Vol 4(No 2), 145–154.

Nanda, K. K., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Kelas V Di Sd Negeri 1 Baktiseraga. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 88–99.

Nazalin, N., & Muhtadi, A. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Kimia Pada Materi Hidrokarbon Untuk Siswa Kelas Xi SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 221. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.7359.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Ricu Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jps.091.01.

Shaik Alavudeen, S., Easwaran, V., Iqbal Mir, J., Shahrani, S. M., Ali Aseeri, A., Abdullah Khan, N., Mohammed Almodeer, A., & Abdullah Asiri, A. (2021). The influence of COVID-19 related psychological and demographic variables on the effectiveness of e-learning among health care students in the southern region of Saudi Arabia. Saudi Pharmaceutical Journal. https://doi.org/10.1016/j.jsps.2021.05.009.

Soekisno, R. B. A. (2015). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Matematis Mahasiswa. Infinity Journal, 4(2), 120. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.77.

Sulistyaningrum, H., Kuntum, H., & Ummatin, K. (2018). Effectiveness Of Problem Solving Of Solso And Locus Of Control Against Mathematics Learning Achievements Of High School Students. Jurnal Teladan, Volume 3(2), 133–141. http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/41.

Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2021). Developing A Contextual Learning-Based Audio Visual Media On Material Of The Energy Source And Its Change For Four Grade Students At Elementary Schools Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 263–278.

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118.

Utomo, K. D., Soegeng, A. Y., Purnamasari, I., & Amaruddin, H. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas IV SD. 9(1), 1–9.

Widiyono, A., & Irfana, S. (2021). Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 102–107. https://doi.org/10.17509/md.v16i2.30125.

Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 232–245. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055.

Yuanta, F. (2017). Pengembangan Media Audio Visual Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(2), 59–70. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i2.36.

Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2016). Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi. Technomedia Journal, 1(1), 126–138. https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8.

Downloads

Published

2021-06-18

How to Cite

Asfiyanti, N. A., Putri, S. E., Amiroh, Y., Hasibuan, R. S., & Hasibuan, N. S. (2021). Penerapan Audio Visual pada Pembelajaran Geometri Kelas V di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi COVID 19. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 221–226. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.34843

Issue

Section

Articles