Pengaruh Model Pembelajaran Role Reversal Question Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27443Abstract
Masalah dari penelitian ini yaitu dalam proses pembelajaran masih banyak kelemahan yang ditemukan dilihat dari hasil belajar PPKn siswa terutama pada kompetensi pengetahuan. Pembelajaran belum sepenuhnya berpusat pada siswa, siswa belum sepenuhnya aktif dalam menyampaikan pendapat atau gagasannya, siswa kurang kreatif dan kurang memiliki motivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model Role Reversal Question berbantuan media Audio Visual dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperiment (Eksperimen Semu). Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 268 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dengan jenis tes objektif. Data yang dikumpulkan berupa nilai penguasaan kompetensi pengetahuan PPKn dianalisis dengan uji t. Dari sebaran data, diperoleh rata-rata kompetensi pengetahuan PPKn kelompok eksperimen yaitu 85,41 sedangkan kelompok kontrol yaitu 81,38. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 2.166 dan ttabel = 2.019 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 41. Oleh karena thitung > ttabel (2.166 > 2.019) maka Ho ditolak, hal itu berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Role Reversal Question berbantuan Media Audio Visual dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas V SD. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Role Reversal Question berbantuan Media Audio Visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan PPKn pada siswa kelas V SD. Implikasi dari penelitian ini yaitu memberikan masukan bagi sekolah tersebut dengan menentukan kebijakan berupa penerapan model pembelajaran yang inovatif dalam pelaksanaan pembelajaran.References
Agung, A.A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik: Jakarta: Rineka Cipta.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Indriani, Marsiyanti. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Menggunakan Model Active Learning Tipe Role Reversal Question Pada Siswa Kelas V SD N Minomartani 6 Sleman Yogyakarta. Tersedia pada http://eprints.uny.ac.id/16546/1/Marsiyanti%20Indriani.pdf diakses pada 28 November 2019.
Murti, Ambar Susilo. 2016. Peningkatan Hasil Belajar PKn Kelas V Melalui Model Active Learning (tipe role reversal question) SDN 4 Doplang Kecamatan Jati Kabupaten Blora. Premiere Educantum. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran.
Sari, Mei Patmala. 2018. Pengaruh Model Role Reversal Questions (Bertukar Peran Membuat Pertanyaan) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran PKn Di SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018. Tersedia pada http://eprints.unram.ac.id/6133/1/Jurnal%20Skripsi%20Mei%20Patmala%20Sari.pdf diakses pada 15 November 2019.
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi ke Empat. Jakarta: Prenadamedia Group.
Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Silberman, Melvin. L. 2007. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Nusamedia, Bandung.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supradnyana, Km. Wahyu. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Vol:4 No: 1. Tersedia pada
http//ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/ViewFile/7390/5043
(diakses tanggal 10 November 2019).
Tegeh, I Made & I Made Kirna. 2010. Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)