Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Android Packaging Kit (APK) pada Materi Virus

Authors

  • Ridha Khairini Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Relsas Yogica Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38502

Keywords:

Validitas, Media Pembelajaran, Android

Abstract

Pembelajaran abad-21 menuntut para pendidik untuk dapat mengembangkan berbagai media pembelajaran berbasis teknologi. Hanya saja kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa tidak semua guru mampu mengikuti perkembangan teknologi. Tujuan penelitian ini yakni untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif berbentuk android packaging kit pada materi virus. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan menggunakan model IDI. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni siswa sekolah menengah atas, guru, serta 2 orang dosen. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan yakni berupa kuesioner uji validitas. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menentukan skor setiap validator dengan cara menjumlahkan setiap skor pada setiap indikator dan terakhir Memberikan penilaian valid menggunakan prosedur penilaian persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek kelayakan isi, nilai validitas media mencapai skor 84,52% dengan katerogi valid. Selanjutnya, pada aspek kebahasaan hasil nilai validitas media yakni 85,41% dengan kategori valid, aspek sajian memperoleh nilai validitas sebesar 85% dengan kategori valid, dan aspek kegrafikan memperoleh nilai validitas 90,74% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan validitas keempat aspek tersebut, maka dapat diketahui nilai rata-rata validitas, yakni sebesar 86,41% dan berada dalam kategori valid. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbentuk android packaging kit (apk) layak untuk digunakan berdasarkan pertimbangan validator.

Author Biography

Ridha Khairini, Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

Jurusan Biologi

References

Adhi, S., Marhadini, K., Akhlis, I., & Sumpono, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Gerak Parabola untuk Siswa SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(3), 38–43. https://doi.org/10.15294/upej.v6i3.19315.

Anesia, R., Anggoro, B. S., & Gunawan, I. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Android pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. Indonesian Journal Science and Mathematics Education, 1(2). https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i2.2774.

Anggraeni, D. M., & Sole, F. B. (2018). E-Learning Moodle, Media Pembelajaran Fisika Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 1(2), 57. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v1i2.101.

Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Nur, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran MathSC Berbasis Android Menggunakan App Inventor 2 pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 926–938. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.322.

Ardiansyah, A. A., & Nana, N. (2020). Peran Mobile Learning sebagai Inovasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran di Sekolah. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 47. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24245.

Astini, N. K. suni. (2020). Tantangan dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452.

Astuti, I. A. D., Dasmo, D., & Sumarni, R. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Menggunakan Aplikasi Appypie di SMK Bina Mandiri Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2), 695. https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i2.10525.

Ayuningrum, D., & Afif, N. (2021). Aplikasi Berbasis Android dalam Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini. Journal of Islamic Education, 3(2), 169–184. https://doi.org/10.51275/alim.v3i2.216.

Batubara, H. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.952.

Brucles, L. D., Kurniawan, R., & Adrianto, S. (2019). Aplikasi Panduan Praktis Obat Herbal untuk Penyakit Dalam Berbasis Platform Android. Jurnal Informatika, 10(2), 40. https://doi.org/10.36723/juri.v10i2.114.

Erfan, M., Widodo, A., Umar, U., Radiusman, R., & Ratu, T. (2020). Pengembangan Game Edukasi “Kata Fisika” Berbasis Android untuk Anak Sekolah Dasar pada Materi Konsep Gaya. Lectura : Jurnal Pendidikan, 11(1), 31–46. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i1.3642.

Erri Wahyu Puspitarini, D. W. P. A. P. N. (2016). Game Edukasi Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 1(1), 46–58. https://doi.org/10.37438/jimp.v1i1.7.

Fachri, A. Z., Ajie, H., & Oktaviani, V. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Kelas X SMK Negeri 40 Jakarta. Pinter : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, 5(2), 50–55. https://doi.org/10.21009/pinter.5.2.8.

Guterres, I. K. N. P., Sudarti, S., M, M., & Putra, P. D. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Android pada Pokok Bahasan Gejala Pemanasan Global untuk Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 54. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7225.

Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Kebutuhan Multimedia Interaktif bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar Pembelajaran Sesuai Konteks Pembelajaran Abad 21. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 25–35. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/319/306.

Hazmi, N. (2019). Tugas Guru dalam Proses Pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 56–65. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.734.

Hidayati, I. D., & Aslam, A. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz secara Daring terhadap Perkembangan Kognitif Siswa. Jurnal Pedaagogi Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37038.

Husna Arsyah, R., Ramadhanu, A., & Pratama, F. (2019). Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Sistem Komputer ( Studi Kasus Kelas X TKJ SMK Adzkia Padang ). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 1(2), 31–38. https://doi.org/10.47233/jteksis.v1i2.49.

Irvani, A. I., Warliani, R., & Amarulloh, R. R. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi sebagai Media Pembelajaran. Jurnal PkM MIFTEK, 1(1), 29–41. https://doi.org/10.33364/miftek/v.1-1.35.

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.4.

Kirom, A. (2017). Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 69–80. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893.

Kuswanto, J. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Desain Grafis Kelas X. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 6(2), 78–84. https://doi.org/10.21107/edutic.v6i2.7073.

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467.

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Dinamika Pembelajaran di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55.

Menrisal, M., & Putri, H. M. (2018). Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Pemrograman Dasar. Jurnal Pti (Pendidikan dan Teknologi Informasi), 5(2), 21–30. https://doi.org/10.35134/jpti.v5i2.10.

Mulyono, & Ampo, I. (2021). Pemanfaatan Media dan Sumber Belajar Abad 21. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 9(2), 93–112. https://doi.org/10.24239/pdg.vol9.iss2.72.

Mushfi, M. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 3(1), 29. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v3i1.198.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi Abstrak. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 79–83. https://doi.org/10.15294/IJCET.V6I2.19336.

Negara, H. R. P., Syaharuddin, S., Kurniawati, K. R. A., Mandailina, V., & Santosa, F. H. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Siswa melalui Pemanfaatan Media Belajar Berbasis Android Menggunakan Mit App Inventor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(2), 42. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i2.887.

Puspitasari. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika.

Putra, I. P. D. P., Priantini, D. M. O., Made, A., & Winaya, I. M. A. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 325–338. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.344.

Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani, M. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(2), 133. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/367.

Rahmat, R. F., Mursyida, L., Rizal, F., Krismadinata, K., & Yunus, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 116–126. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27414.

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 433. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924.

Robbia, A. Z., & Fuadi, H. (2020). Pengembangan Keterampilan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik di Abad 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 117–123. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.125.

Samala, A. D., Fajri, B. R., & Ranuharja, F. (2019). Desain dan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Menggunakan Moodle Mobile App. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 12(2), 13–19. https://doi.org/10.24036/tip.v12i2.221.

Saputra, G. Y., Harjanto, A., & Ningsih, Y. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Mata Pelajaran Fisika Materi Pokok Energi di Kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Muara Badak Tahun Ajaran 2019/2020. Journal of Advances in Information and Industrial Technology, 2(2), 10–24. https://doi.org/10.52435/jaiit.v2i2.67.

Sukirman, S. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72–81. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/42/38.

Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual dalam Meningkatkan Minat, Motivasi, dan Hasil Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Tahel, F., & Ginting, E. (2019). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Pahlawan Nasional untuk Meningkatkan Rasa Nasionalis Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Informatika, 09(02), 113–120. http://ojs.palcomtech.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/467.

Utami, F. T., & Zanah, M. (2021). Youtube sebagai Sumber Informasi bagi Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 11(1), 78–84. https://doi.org/10.53696/27219283.64.

Voutama, A., & Novalia, E. (2021). Perancangan Aplikasi M-Magazine Berbasis Android sebagai Sarana Mading Sekolah Menengah Atas. Jurnal Tekno Kompak, 15(1), 104. https://doi.org/10.33365/jtk.v15i1.920.

Widiastika, M. A., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47–64. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.602.

Wijayanti, W., & Relmasira, S. C. (2019). Pengembangan Media PowerPoint IPA untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Samirono. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 77. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17381.

Wulandari, F. (2020). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 3(2), 105. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2158.

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

Khairini, R., & Yogica, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Android Packaging Kit (APK) pada Materi Virus. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 406–413. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38502

Issue

Section

Articles