Media Pembelajaran E-Mading Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Tematik Subtema Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.46165Keywords:
E-mading, CTL, TematikAbstract
Minimnya ketersediaan media yang membahas materi tersebut menjadi kendala bagi guru dalam menyampaikan materi dan meningkatkan pemahaman peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran e-mading berbasis Contextual Teaching and Learning pada subtema bagaimana tubuh mengolah makanan kelas V SD. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD, guru dan para ahli media. Penelitian ini menggunakan model ADDIE sebagai acuan dalam pelaksanaan penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan angket/kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil kelayakan media pembelajaran e-mading berbasis Contextual Teaching And Learning yaitu hasil review ahli isi materi pembelajaran memperoleh persentase (90%) berkualifikasi sangat baik, hasil review ahli desain pembelajaran memperoleh persentase (92,5%) berkualifikasi sangat baik, review ahli media pembelajaran memperoleh persentase (92,5%) berkualifikasi sangat baik, uji coba perorangan memperoleh persentase 92,5% berkualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 93,33% berkualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil review para ahli, hasil uji coba perorangan dan kelompok kecil, maka, media pembelajaran e-mading berbasis Contextual Teaching and Learning layak digunakan pada proses pembelajaran siswa kelas V. Implikasi adanya media e-mading, guru dapat menyampaikan materi pembelajaran dengan lebih mudah dan meningkatkan semangat siswa dalam belajar.
References
Adha, M. A., Gordisona, S., Ulfatin, N., & Supriyanto, A. (2019). Analisis Komparasi Sistem Pendidikan Indonesia dan Finlandia. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 145. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1102. DOI: https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1102
Agrin, G. S., Arifuddin, M., & Miriam, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 86. https://doi.org/10.20527/jipf.v2i2.1005. DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v2i2.1005
Agung, A. A. G. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.
Akmal, M. Y., Mursid, R., & Munir, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Contextual Teaching And Learning Bidang Studi PKN. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(2), 223–231. https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i2.12600. DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i2.12600
Apriani, R., Harun, A. I., Erlina, E., Sahputra, R., & Ulfah, M. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Multipel Representasi dengan Bantuan Teknologi Augmented Reality untuk Membantu Siswa Memahami Konsep Ikatan Kimia. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(4), 305–330. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i4.23260. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v5i4.23260
Arisyanto, P., Prasetyo, S. A., Untari, M. F. A., & Sundari, R. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tembang Macapat Berbasis Android Bagi Mahasiswa PGSD UPGRIS. Jurnal Basicedu, 5(3), 1584–1592. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.945. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.945
Ayu, N. K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Media Pembelajaran Zoolfabeth Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 194. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35498. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35498
Bajari, A., & Wahyudin, U. (2019). Pemanfaatan mading dan website dalam membentuk sikap antikorupsi siswa di kota Kupang. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(1), 59. https://doi.org/10.24198/jkk.v7i1.20016. DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v7i1.20016
Budiaji, W. (2013). The Measurement Scale and Number of Responses in Likert Scale. Journal of Agricultural and Fisheries Sciences, 2(2), 127–133. https://doi.org/10.31227/osf.io/k7bgy. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/k7bgy
Diah Purwati, N. L. P., Wibawa, I. M. C., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengaruh Numbered Head Together Berbantuan Gambar Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 282. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19275. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19275
Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099
Hanida, Neviyarni, & Fahrudin, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Discovery Learning Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurna Basicedu, 3(2), 716 – 724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.60. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.60
Hikam, F. F., & Karima, S. (2020). Pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Prestasi Siswa pada Bidang Studi PAI di SDIT Insantama Banjar. Fondatia, 4(2), 187–204. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i2.655. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i2.655
Isti, L. A., Agustiningsih, A., & Wardoyo, A. A. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 21–28. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/7494.
Jafar, A. F., Rusli, R., Dinar, M., Irwan, I., & Hastuty, H. (2020). The Effectiveness of Video-Assisted Flipped Classroom Learning Model Implementation in Integral Calculus. Journal of Applied Science, Engineering, Technology, and Education, 2(1), 97–103. https://doi.org/10.35877/454ri.asci2144. DOI: https://doi.org/10.35877/454RI.asci2144
Kalsum, T. U., Suryana, E., & Nopitasari, V. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fiqih. Jurnal PADAMU NEGERI (Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Eksakta), 1(1), 19–35. https://doi.org/10.37638/padamunegeri.v1i1.118. DOI: https://doi.org/10.37638/padamunegeri.v1i1.118
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Pembelajaran. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 91–96. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778. DOI: https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778
Khasanudin, M., Cholid, N., & Putri, L. I. (2020). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Animation Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Untuk Kelas V Sd/Mi. Elementary Education, 3(5), 261. https://doi.org/10.22460/collase.v3i5.5888.
Khotimah. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran, Inovasi di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2149–2158. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/857. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.857
Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik, 5(2), 13–23. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/206.
Komalasari, D., & Solikin, I. (2018). Penerapan Aplikasi Mading Digital Berbasis Web Pada MA. Miftahul Huda Kabupaten OKI. Jurnal Sistem Informasi (JUSIFO), 4(1), 27–36. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jusifo/article/view/2443.
Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520
Lestari, D. D., & Muchlis, M. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berorientasi Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987
Mestikaningrum, W. (2017). Pengembangan Media Mini Mading Lipat Kain (MIMALIKA) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pada Psychowriting Kelas X Semester …. Bapala, 1–9.
Mukhlis. (2018). Pembelajaran Tematik Pembelajaran Tematik Mohamad Muklis STAIN Samarinda. Fenomena, IV(14), 66.
Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646. DOI: https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
Nurhasnah, & Sari, L. A. (2020). E-Modul Fisika Berbasis Contextual Teaching And Learning Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik SMA/MA Kelas XI. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 29–40. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1554.
Nurhayati, T., Herminastiti, R., & Khakim, N. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara melalui Metode Contextual Teaching and Learning dalam Kegiatan Circle Time. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1–10. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/252.
Omeri. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Nopan Omeri, 9(3), 464–468.
Pratiwi, A. D., Yayuk, E., & Widjaja, J. R. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Ctl Pada Tema 5 Subtema 3 Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 7(1), 1–6. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/.
Puspasari, R. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 137. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702. DOI: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702
Putra, G., & Agustiana, I. (2021). E-LKPD Materi Pecahan dalam Pembelajaran Daring. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 220–228. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813
Putri, R. D. P., & Suyadi. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dalam Penerapan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3912–3919. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1442. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1442
Rahayu, S. P., Suarjana, I. M., & Bayu, G. W. (2020). Hubungan Sikap Peduli Sosial dan Sikap Tanggung Jawab dengan Kompetensi Pengetahuan IPS. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 97–107. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24325.g14710.
Rahman, A. Z., Hidayat, T. N., & Yanuttama, I. (2017). Media Pembelajaran IPA Kelas 3 Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 5(1), 4-6–43. http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1797.
Rasvani, N. L. A., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi MaCa (Materi Pecahan) Berorientasi Teori Belajar Ausubel Muatan Matematika. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 74–81. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32032. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32032
Ratnasari, S. F., & Saefudin, A. A. (2018). Efektivitas Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 119–127. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a11. DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a11
Rizkalfin., B. A., Denny., D., & Dwi., A. N. (2020). E-Mading Berbasis Website Menggunakan Raspberry Pi E-Mading Based Website Use Raspberry Pi. E-Proceeding of Applied Science, 6(.2), 2294–2300.
Sanistyasari, N. (2019). Pengaruh Metode Karyawisata di Lingkungan Sekolah Berbantuan Media Majalah Dinding Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1), 21–31. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2874. DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2874
Setyawan, R. A., & Atapukan, W. F. (2018). Pengukuran Usability Website E-Commerce Sambal Nyoss Menggunakan Metode Skala Likert. Compiler, 7(1), 54–61. https://doi.org/10.28989/compiler.v7i1.254. DOI: https://doi.org/10.28989/compiler.v7i1.254
Sumadi, S., Degeng, I. N. S., Sulthon, S., & Waras, W. (2017). Effect of Ability Grouping in Reciprocal Teaching Technique of Collaborative Learning on Individual Achievements and Social Skills. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 6(3), 216. https://doi.org/10.11591/ijere.v6i3.6565. DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v6i3.6565
Susiloningsih, W. (2016). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada MataKuliah Konsep IPS Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 57. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.89. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.89
Suwandayani, B. I. (2018). Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman I Malang. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 78–88. https://doi.org/10.30651/else.v2i1.1214. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v2i1.1214
Syupriyanti, L., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Interaktif Menggunakan Pendekatan Ctl Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Sd. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 237–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.54. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.54
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tegeh, I. M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Tegeh, I Made, Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
Utami, I. H., & Hasanah, A. (2017). Kompetensi Profesional Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Tematik di SD Negeri Maguw. 121–139. https://doi.org/10.1190/segam2013-0137.1. DOI: https://doi.org/10.1190/segam2013-0137.1
Wiratmojo. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. http://www.aftanalisis.com.
Zulaiha, S. (2016). Pendekatan Contextual Teaching and Learning dan Implementasinya dalam Rencana Pembelajaran PAI MI. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 1(1), 42–60. https://doi.org/10.29240/bjpi.v1i1.84.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Gusti Ayu Nyoman Tisia Purnianingrum, Ida Bagus Surya Manuaba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)