Media Pembelajaran E-Mading Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Tematik Subtema Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan

Authors

  • Gusti Ayu Nyoman Tisia Purnianingrum Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Surya Manuaba Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.46165

Keywords:

E-mading, CTL, Tematik

Abstract

Minimnya ketersediaan media yang membahas materi tersebut menjadi kendala bagi guru dalam menyampaikan materi dan meningkatkan pemahaman peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran e-mading berbasis Contextual Teaching and Learning pada subtema bagaimana tubuh mengolah makanan kelas V SD. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD, guru dan para ahli media. Penelitian ini menggunakan model ADDIE sebagai acuan dalam pelaksanaan penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan angket/kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil kelayakan media pembelajaran e-mading berbasis Contextual Teaching And Learning yaitu hasil review ahli isi materi pembelajaran memperoleh persentase (90%) berkualifikasi sangat baik, hasil review ahli desain pembelajaran memperoleh persentase (92,5%) berkualifikasi sangat baik, review ahli media pembelajaran memperoleh persentase (92,5%) berkualifikasi sangat baik, uji coba perorangan memperoleh persentase 92,5% berkualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 93,33% berkualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil review para ahli, hasil uji coba perorangan dan kelompok kecil, maka, media pembelajaran e-mading berbasis Contextual Teaching and Learning layak digunakan pada proses pembelajaran siswa kelas V. Implikasi adanya media e-mading, guru dapat menyampaikan materi pembelajaran dengan lebih mudah dan meningkatkan semangat siswa dalam belajar.

References

Adha, M. A., Gordisona, S., Ulfatin, N., & Supriyanto, A. (2019). Analisis Komparasi Sistem Pendidikan Indonesia dan Finlandia. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 145. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1102. DOI: https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1102

Agrin, G. S., Arifuddin, M., & Miriam, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 86. https://doi.org/10.20527/jipf.v2i2.1005. DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v2i2.1005

Agung, A. A. G. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.

Akmal, M. Y., Mursid, R., & Munir, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Contextual Teaching And Learning Bidang Studi PKN. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(2), 223–231. https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i2.12600. DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i2.12600

Apriani, R., Harun, A. I., Erlina, E., Sahputra, R., & Ulfah, M. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Multipel Representasi dengan Bantuan Teknologi Augmented Reality untuk Membantu Siswa Memahami Konsep Ikatan Kimia. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(4), 305–330. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i4.23260. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v5i4.23260

Arisyanto, P., Prasetyo, S. A., Untari, M. F. A., & Sundari, R. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tembang Macapat Berbasis Android Bagi Mahasiswa PGSD UPGRIS. Jurnal Basicedu, 5(3), 1584–1592. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.945. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.945

Ayu, N. K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Media Pembelajaran Zoolfabeth Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 194. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35498. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35498

Bajari, A., & Wahyudin, U. (2019). Pemanfaatan mading dan website dalam membentuk sikap antikorupsi siswa di kota Kupang. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(1), 59. https://doi.org/10.24198/jkk.v7i1.20016. DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v7i1.20016

Budiaji, W. (2013). The Measurement Scale and Number of Responses in Likert Scale. Journal of Agricultural and Fisheries Sciences, 2(2), 127–133. https://doi.org/10.31227/osf.io/k7bgy. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/k7bgy

Diah Purwati, N. L. P., Wibawa, I. M. C., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengaruh Numbered Head Together Berbantuan Gambar Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 282. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19275. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19275

Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Hanida, Neviyarni, & Fahrudin, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Discovery Learning Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurna Basicedu, 3(2), 716 – 724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.60. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.60

Hikam, F. F., & Karima, S. (2020). Pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Prestasi Siswa pada Bidang Studi PAI di SDIT Insantama Banjar. Fondatia, 4(2), 187–204. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i2.655. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i2.655

Isti, L. A., Agustiningsih, A., & Wardoyo, A. A. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 21–28. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/7494.

Jafar, A. F., Rusli, R., Dinar, M., Irwan, I., & Hastuty, H. (2020). The Effectiveness of Video-Assisted Flipped Classroom Learning Model Implementation in Integral Calculus. Journal of Applied Science, Engineering, Technology, and Education, 2(1), 97–103. https://doi.org/10.35877/454ri.asci2144. DOI: https://doi.org/10.35877/454RI.asci2144

Kalsum, T. U., Suryana, E., & Nopitasari, V. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fiqih. Jurnal PADAMU NEGERI (Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Eksakta), 1(1), 19–35. https://doi.org/10.37638/padamunegeri.v1i1.118. DOI: https://doi.org/10.37638/padamunegeri.v1i1.118

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Pembelajaran. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 91–96. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778. DOI: https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Khasanudin, M., Cholid, N., & Putri, L. I. (2020). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Animation Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Untuk Kelas V Sd/Mi. Elementary Education, 3(5), 261. https://doi.org/10.22460/collase.v3i5.5888.

Khotimah. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran, Inovasi di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2149–2158. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/857. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.857

Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik, 5(2), 13–23. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/206.

Komalasari, D., & Solikin, I. (2018). Penerapan Aplikasi Mading Digital Berbasis Web Pada MA. Miftahul Huda Kabupaten OKI. Jurnal Sistem Informasi (JUSIFO), 4(1), 27–36. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jusifo/article/view/2443.

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520

Lestari, D. D., & Muchlis, M. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berorientasi Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987

Mestikaningrum, W. (2017). Pengembangan Media Mini Mading Lipat Kain (MIMALIKA) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pada Psychowriting Kelas X Semester …. Bapala, 1–9.

Mukhlis. (2018). Pembelajaran Tematik Pembelajaran Tematik Mohamad Muklis STAIN Samarinda. Fenomena, IV(14), 66.

Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646. DOI: https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646

Nurhasnah, & Sari, L. A. (2020). E-Modul Fisika Berbasis Contextual Teaching And Learning Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik SMA/MA Kelas XI. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 29–40. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1554.

Nurhayati, T., Herminastiti, R., & Khakim, N. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara melalui Metode Contextual Teaching and Learning dalam Kegiatan Circle Time. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1–10. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/252.

Omeri. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Nopan Omeri, 9(3), 464–468.

Pratiwi, A. D., Yayuk, E., & Widjaja, J. R. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Ctl Pada Tema 5 Subtema 3 Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 7(1), 1–6. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/.

Puspasari, R. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 137. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702. DOI: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702

Putra, G., & Agustiana, I. (2021). E-LKPD Materi Pecahan dalam Pembelajaran Daring. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 220–228. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813

Putri, R. D. P., & Suyadi. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dalam Penerapan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3912–3919. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1442. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1442

Rahayu, S. P., Suarjana, I. M., & Bayu, G. W. (2020). Hubungan Sikap Peduli Sosial dan Sikap Tanggung Jawab dengan Kompetensi Pengetahuan IPS. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 97–107. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24325.g14710.

Rahman, A. Z., Hidayat, T. N., & Yanuttama, I. (2017). Media Pembelajaran IPA Kelas 3 Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 5(1), 4-6–43. http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1797.

Rasvani, N. L. A., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi MaCa (Materi Pecahan) Berorientasi Teori Belajar Ausubel Muatan Matematika. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 74–81. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32032. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32032

Ratnasari, S. F., & Saefudin, A. A. (2018). Efektivitas Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 119–127. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a11. DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a11

Rizkalfin., B. A., Denny., D., & Dwi., A. N. (2020). E-Mading Berbasis Website Menggunakan Raspberry Pi E-Mading Based Website Use Raspberry Pi. E-Proceeding of Applied Science, 6(.2), 2294–2300.

Sanistyasari, N. (2019). Pengaruh Metode Karyawisata di Lingkungan Sekolah Berbantuan Media Majalah Dinding Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1), 21–31. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2874. DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2874

Setyawan, R. A., & Atapukan, W. F. (2018). Pengukuran Usability Website E-Commerce Sambal Nyoss Menggunakan Metode Skala Likert. Compiler, 7(1), 54–61. https://doi.org/10.28989/compiler.v7i1.254. DOI: https://doi.org/10.28989/compiler.v7i1.254

Sumadi, S., Degeng, I. N. S., Sulthon, S., & Waras, W. (2017). Effect of Ability Grouping in Reciprocal Teaching Technique of Collaborative Learning on Individual Achievements and Social Skills. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 6(3), 216. https://doi.org/10.11591/ijere.v6i3.6565. DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v6i3.6565

Susiloningsih, W. (2016). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada MataKuliah Konsep IPS Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 57. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.89. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.89

Suwandayani, B. I. (2018). Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman I Malang. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 78–88. https://doi.org/10.30651/else.v2i1.1214. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v2i1.1214

Syupriyanti, L., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Interaktif Menggunakan Pendekatan Ctl Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Sd. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 237–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.54. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.54

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tegeh, I. M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Tegeh, I Made, Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Utami, I. H., & Hasanah, A. (2017). Kompetensi Profesional Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Tematik di SD Negeri Maguw. 121–139. https://doi.org/10.1190/segam2013-0137.1. DOI: https://doi.org/10.1190/segam2013-0137.1

Wiratmojo. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. http://www.aftanalisis.com.

Zulaiha, S. (2016). Pendekatan Contextual Teaching and Learning dan Implementasinya dalam Rencana Pembelajaran PAI MI. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 1(1), 42–60. https://doi.org/10.29240/bjpi.v1i1.84.

Downloads

Published

2022-07-09

How to Cite

Purnianingrum, G. A. N. T., & Manuaba, I. B. S. (2022). Media Pembelajaran E-Mading Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Tematik Subtema Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 191–201. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.46165

Issue

Section

Articles