Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI SD

Authors

  • Ni Luh Putu Sintia Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Surya Manuaba Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32760

Keywords:

Media, Powerpoint, IPA

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pelaksanaan pembelajaran kusunya di masa pandemi saat ini. Namun pada kenyataannya masih sedikit guru yang menggunakan media dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar siswa semakin menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan mengetahui kelayakan dari pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif pada mata pelajaran IPA. Model penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu model DDD-E (Decide, Design, Develop, dan Evaluate. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner atau angket. Pada uji rancang produk dilakukan oleh beberapa ahli serta siswa yang meliputi: (1) ahli isi mata pelajaran, (2) ahli desain pembelajaran, (3) ahli media pembelajaran, dan (4) uji coba perorangan yang dilakukan terhadap tiga orang siswa dengan kategori memiliki pengetahuan tinggi, sedang, dan rendah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari data hasil penelitian menunjukkan tingkat persentase kelayakan dari media pembelajaran powerpoint interaktif menurut ahli isi mata pelajaran yaitu sebesar 100%, tingkat kelayakan persentase dari ahli desain pembelajaran yaitu sebesar 95,00%, tingkat kelayakan persentase dari ahli media pembelajaran yaitu sebesar 89,2% dan menurut hasil uji coba perorangan tingkat persentase yang diperoleh yaitu 91,66% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif layak untuk dipergunakan pada kegiatan pembelajaran dengan muatan pelajaran IPA bagi siswa kelas VI SD.

Author Biographies

Ni Luh Putu Sintia Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ida Bagus Surya Manuaba, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Ahdar, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Padu Musik Terhadap Antusiasme Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Sosial. Jurnal Dinamika Penelitian Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 18(2), 287–302. https://doi.org/10.21274/dinamika.2018.18.2.287-302.

Alfin, J. (2019). Analisis Karakteristik Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Halaqoh Nasional & Seminar Internasional Pendidikan Islam, 190–205. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/6485.

Amalia, N. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan I. Jurnal PenSil, 9(2), 104–110. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i2.15350.

Amanda, N., Reffiane, F., & Arisyanto, P. (2019). Pengembangan Media Budel (Buku Berjendela) pada Tema Keluargaku. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 97. https://doi.org/10. 23887/jppp.v3i2.17384.

Anggara, A. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Untuk Meningkatkan Kognitif dan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Teologi Berita Hidup, 2(1), 11–19. https://doi.org/10. 38189/jtbh.v2i1.18.

Annisa, N., & Simbolon, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ipa Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry Pada Materi Gaya Di Kelas Iv Sd Negeri 101776 Sampali. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 8(2), 217–229. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.10199.

Anomeisa, A. B., & Ernaningsih, D. (2020). Media Pembelajaran Interaktif menggunakan PowerPoint VBA pada Penyajian Data Berkelompok. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(01), 17–31. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/10635.

Anyan, A., Ege, B., & Faisal, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point. JUTECH : Journal Education and Technology, 1(1). https://doi.org/10.31932/jutech.v1i1.690.

Darung, A., Setyasih, I., & Ningrum, M. V. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Menggunakan Poster Infogrfis. Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi, 1(1), 27–41. https://doi.org /10.30872/geoedusains.v1i1.183.

Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. 17(2), 90–97. https://doi.org/10.36555 /educare.v17i2.247.

Dewi, M. D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis RME Materi Aljabar Kelas VII SMP. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217. https://doi.org/ 10.31941/delta.v8i2.1039.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https:// doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934.

Fuad, A. J. (2019). Pemanfaatan Media Slide Power Point dalam Meningkatkan Prestasi Siswa…. 1, 61–77.

Hariyono, M., & Darnoto. (2018). Pengembangan Media Interaktif Geokolase Information and Comunication Tecnologies (Ict). 1(1), 41–51.

Havizul, H. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar Menggunakan Model Ddd-E. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 283. https://doi.org/10. 31571/sosial.v6i2.1202.

Illahi, T. rahmah, Sukartiningsih, W., & Subroto, W. T. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Pascasarjana , Prodi Pendidikan Dasar , Universitas Negeri Surabaya , Dosen Pascasarjana , Prodi Pendidikan Da. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(3).

Kamil, P. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Dengan Menggunakan Media Power Point Dan Media Torso. Bioedusiana, 4(2), 64–68. https://doi.org/10. 34289/277901.

Khusniati, M. (2012). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 204–210.

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540.

Laoh, G. H. (2020). Pengembangan E-Learning Mata Pelajaran Pemograman Dasar Di SMK. Jurnal Sains Dan Teknologi, Universitas Negeri Manado, 1(2), 63–68. http://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/ index.php/ismartedu/article/view/723.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459.

Mansur, H., & Rafiudin, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37. https://doi.org/10.32585/jkp. v4i1.443.

Maryana, Suaedi, & nurdin. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint Dan. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(3), 53–61. http:// entalpipendidikan.ppj.unp.ac.id/ojs/index.php/epk/article/view/10.

Mukholifah, M., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. (2020). Mengembangkan Media Pembelajaran Wayang Karakter Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 673–682. https://doi. org/10.47492/jip.v1i4.152.

Novita, L., Windiyani, T., & Fazriani, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. 02(September), 82–86. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1451.

Peprizal, & Syah, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 455–467. http:// doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28217.

Permana P, N. D., & Manurung, I. F. U. (2020). Penggunaan Bahan Ajar Digital Berbasis Inquiry pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Mata Kuliah Pembelajaran IPA di SD Kelas Tinggi. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 3(2), 73. https://doi.org/10.24014/ejpe.v3i2.11008.

Purwanti1, L., Widyaningrum, R., & Melinda, S. A. (2020). Analisis Penggunaan Media Power Point dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Animalia Kelas VIII. Jurnal of Biology Education, 3(2), 157–166. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jbe.

Putri Nasution, E. Y., & Siregar, N. F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi. Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(02), 205–221. http://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3325.

Sadikin, A., Johari, A., & Suryani, L. (2020). Pengembangan multimedia interaktif biologi berbasis website dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01). https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.644.

Setianingrum, D. P. M. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Tentang Translasi Dan Dilatasi Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 19 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 10(29). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/36141/ 32131.

Silitonga, I. D., & Purba, D. O. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Dimasa Pendemi Covid 19. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra, 16–20. https://ojs.unm.ac.id/JLLO/article/view/17075.

Sinsuw, A. A. E., & Sambul, A. M. (2017). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Guru-guru SMP. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 6(3), 105–110. https://doi. org/10.35793/jtek.6.3.2017.18070.

Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2020). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Microsoft Power Point Siswa Kelas 5 SD. 1(1), 38–48. https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article /view/41.

Sudarto, Farida Nugrahani, H. A. S. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Media Audio Visual Berbasis PowerPoint untuk Menumbuhkan Minat membaca Permulaan Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 1689–1699.

Sukardi, S., & Rozi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Online Dilengkapi Dengan Tutorial Terhadap Hasil Belajar. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 4(2), 97. https://doi.org /10.29100/jipi.v4i2.1066.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. 2(1), 43–48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metodelogi Penelitian Pengembangan Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Teni Nurrita. (2018). Kata Kunci :Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171.

Wardani, Y., & Sudarwanto, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Scribe Pada Kompetensi Dasar Melakukan Pelayanan Purna Jual Terhadap Kompetensi Siswa Kelas Xii Pemasaran Di Smk Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(1), 709–715. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/32052.

Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82–92. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p82-92.

Downloads

Published

2021-05-08

How to Cite

Dewi, N. L. P. S., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 76–83. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32760

Issue

Section

Articles