Dampak Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Quizizz terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa

Authors

  • Lina Indriani Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Haryanto Haryanto Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Dhiniaty Gularso Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48139

Keywords:

Problem Based Learning, Quizizz, Berpikir Kritis

Abstract

Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan dalam menganalisis suatu permasalahan sampai dengan mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Model pembelajaran PBL sangat sesuai digunakan untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa karena mampu menstimulus kemampuan berpikir siswa sehingga membantu membangun kebiasaan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu media quizizz terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD pada mata kuliah IPS 2. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Desain quasi eksperimen yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Non-equivalent control group design merupakan desain penelitian yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelas eksperimen terdiri dari 38 mahasiswa dan kelas kontrol terdiri dari 37 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif yang dihitung dengan membandingkan nilai rata-rata setiap variabel dengan kriteria kurva standar. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji paired sampel t-test. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL berbantu media quizizz berpengaruh signifikan terhahap peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa.

References

Arta, I. M., Japa, I. G. ., & Sudarma, I. K. (2020). Problem Based Learning Berbantuan Icebreaker Berpengaruh Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 264–272. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25435.

Asriningtyas, A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. JKPM: Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23–32. https://doi.org/10.26714/jkpm.5.1.2018.23-32. DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2226

Bustanil S, M., Asrowi, & Adianto, D. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Tutorial Di Sekolah Menengah Kejuruan. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 119–134. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11568. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11568

Davut Gul, M., & Akcay, H. (2020). Structuring a new socioscientific issues (SSI) based instruction model: Impacts on pre-service science teachers’ (PSTs) critical thinking skills and dispositions. International Journal of Research in Education and Science, 6(1), 141–159. https://doi.org/10.46328/ijres.v6i1.785. DOI: https://doi.org/10.46328/ijres.v6i1.785

Febriana, R., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). Modul Geometri Ruang Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2591. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2591

Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat PembelajaranMatematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609. DOI: https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609

Gularso, D. (2021). Era Society 5 . 0 Dan Revolusi Industri 4 . 0 ( Community Education For The Future Of Indonesia In. Jurnal Berdaya Mandiri, 3(1), 476–492. https://doi.org/10.31316/jbm.v3i1.1257. DOI: https://doi.org/10.31316/jbm.v3i1.1257

Handayani, S., Masfuah, S., & Kironoratri, L. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2240–2246. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.770. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.770

Idris, I., Sida, S. C., & Idawati, I. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Indonesian Journal Of Primary Education, 3(2), 58–63. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21849. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21849

IŞIKLAR, S., & ABALI ÖZTÜRK, Y. (2022). The Effect of Philosophy for Children (P4C) Curriculum on Critical Thinking through Philosophical Inquiry and Problem Solving Skills. International Journal of Contemporary Educational Research. https://doi.org/10.33200/ijcer.942575. DOI: https://doi.org/10.33200/ijcer.942575

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064 –1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124

Laili, G., & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840. 306-309.

Malida, S. (2020). Pendidikan Inklusif Berbasis Kearifal Lokal Dalam Menghadapi Era Society 5.0: Kajian Literatur Dan Sitematika Review Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 131–143. https://doi.org/10.17509/jpis.v29i2.29501.

Malinda, Z. A., Murtono, M., & Zuliana, E. (2017). Problem Based Learning Berbantuan Lego Meningkatkan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1790. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1790

Murti, E. D., Nasir, N., & Negara, H. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Model Pembelajaran SAVI ditinjau dari Kemandirian Belajar Matematis. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 119–129. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4072. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4072

Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo pada Mekanika Teknik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1199–1209. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.544. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.544

Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1076. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3069. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3069

P21. (2019). Partnership for 21st Century Learning. Framework For21" Century Learning, 9.

Paradina, D., Connie, C., & Medriati, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 169–176. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.169-176. DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.169-176

Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 60–66. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1161. DOI: https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1161

Rastal, J., 1, A., Faiz, A., & Septiani, L. (2022). Penggunaan Media Quiziz Sebagai Sarana Pengembangan Berpikir Kritis Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 201–210. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1804. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1804

Sari, P. P., Murtono, Utomo, S., & Ardianti, D. (2021). Implementation of Problem Based Learning ( PBL ) on Interactive Learning Media. Journal of Technology and Humanities, 2(2), 24–30. https://doi.org/10.53797/jthkkss.v2i2.4.2021.

Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.275. DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.275

Satwika, Y. W., Laksmiwati, H., & Khoirunnisa, R. N. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 7. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p7-12. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p7-12

Sudewa, K. A., Sugihartini, N., & Divayana, D. G. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Dengan Discovery Learning Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas VIII Di SMP Lab Undiksha Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(1), 25. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i1.29407. DOI: https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i1.29407

Sugiono, S. (2021). Pemanfaatan Chatbot Pada Masa Pandemi Covid-19: Kajian Fenomena Society 5.0. JUrnal PIKOM, 22(2), 133–148. https://doi.org/10.31346/jpikom.v22i2.3833.

Sukartini, N. N. (2022). Penerapan model problem based learning berbantuan evaluasi quizizz untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.5281/zenodo.6566603.

Sumarno. (2019). Pembelajaran kompetensi abad 21 menghadapi era Society 5.0. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 272–287. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/28.

Suryaningsih, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis IPA Siswa SD. Mimbar PGSD Undikhsa, 9(1), 40–48. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33196. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33196

Tanasyah, Y., Putrawan, B. K., Sutrisno, & Iswahyudi. (2021). Dampak Strategi Pembelajaran Lewat Visualisasi Dalam Pendidikan Agama Kristen Di Era Masyarakat 5.0. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 3(2), 281–303. https://doi.org/10.35909/visiodei.v3i2.226. DOI: https://doi.org/10.35909/visiodei.v3i2.226

Widayanti, & Purrohman, P. S. (2021). Pengaruh Media Aplikasi Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAKelas V. Jurnal Educatio, 7(3), 810–817. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1253.

Wihartanti, L. V., Wibawa, R. P., Astuti, R. I., & Pangestu, B. A. (2019). Penggunaan Aplikasi Quizizz Berbasis Smartphone Dalam Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019, 362–368.

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341

Downloads

Published

2022-07-09

How to Cite

Indriani, L., Haryanto , H. ., & Gularso, D. . (2022). Dampak Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Quizizz terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 214–222. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48139

Issue

Section

Articles