Model Pembelajaran Jigsaw untuk Menumbuhkan Motivasi dah Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48141Keywords:
Model Pemblajaran Jigsaw, Motivasi, Hasil BelajarAbstract
Kurangnya motivasi dan hasil dari mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah IPA dapat diperhatikan dari nilai yang tergolong masih rendah dari soal yang diberikan. Selain itu mahasiswa juga cenderung diam dalam pembelajaran tidak adanya komunikasi balik seperti bertanya atau menjelaskan apa kesulitan yang dimiliki dalam materi yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar dan hasil pembelajaran IPA dari mahasiswa PGSD. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan teknik analisis MANOVA. Pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Kelas A8 Semester 2 angkatan 2021/2022. Untuk pengambilan data menggunakan test yang di sebarkan sesuai dengan tujuannya kelas kontrol dan eksperimen yang di pisahkan. Metode yang dipergunakan dalam menganalisis data adalah uji prasyarat analisis dengan melakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Kemudian untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan Uji Manova Multivariat Analisis of Variance. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar IPA setelah menggunakan model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar mahasiswa. Sehingga dapat di simpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw sangat signifikan.
References
Alhabeeb, A., & Rowley, J. (2018). E-learning critical success factors: Comparing perspectives from academic staff and students. Computers and Education, 127(August), 1–12. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.08.007. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.08.007
Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702. DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702
Anggraini, Y., Patmanthara, S., & Purnomo, P. (2018). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan : Teori , Penelitian Dan Pengembangan, 2(12). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10316.
Anika, & Fajar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047
Apriana, Harahap, M. B., & Bukit, N. (2019). Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Menggunakan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Sains Siswa Kelas V Sd Negeri 101777 Saentis. Jurnal Tematik, 9(1). https://doi.org/10.24114/jt.v9i1.12851.
Azzahra, N., Pratomo, S., & Sumiati, T. (2019). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 14(2), 109–116. https://doi.org/10.17509/md.v14i2.14329. DOI: https://doi.org/10.17509/md.v14i2.14329
Berlyana, M. D. P., & Purwaningsih, Y. (2019). Experimentation of STAD and Jigsaw Learning Models on Learning Achievements in terms of Learning Motivation. International Journal of Educational Research Review, 4(4), 517–524. https://doi.org/10.24331/ijere.628311. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.628311
Dewi, N. R., Saputri, E., Nurkhalisa, S., & Akhlis, I. (2020). The effectiveness of multicultural education through traditional games-based inquiry toward improving student scientific attitude. Journal of Physics: Conference Series, 1567(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/4/042051. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/4/042051
Dewi, R. S. (2018). Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 150–158. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11581. DOI: https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11581
Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838. DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Fasikhah. (2019). Hubungan Kebiasaan dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar IPS. Scientific Journals, 1(3), 55-64. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jlj.v9i1.39136. DOI: https://doi.org/10.15294/jlj.v9i1.39136
Febriana. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dengan Pendekatan Dunia Kerja Pada Program D3 Tata Boga. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 148–155. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.8891
Idzhar, A. (2016). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2(2), 222–228. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/jo.v2i2.2956.
Isticomah. (2021). Penerapan Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Menyampaikan Informasi Berdasarkan Hasil Pengamatan. Jurnal Educatio, 7(4), 1551–1557. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1541.
Izati, S. N., Wahyudi, & Sugiyarti, M. (2018). Project Based Learning Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(9), 1122—1127-1127. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i9.11508.
Kahar, M. S., Anwar, Z., Murpri, D. K., Matematika, P., & Sorong, U. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Aksioma, 9(2), 279–295. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2704. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2704
Kamaruddin, S., & Yusoff, N. M. R. N. (2019). The Effectiveness of Cooperative Learning Model Jigsaw and Team Games Tournament (TGT) towards Social Skills. Creative Education, 10(12), 2529–2539. https://doi.org/10.4236/ce.2019.1012180. DOI: https://doi.org/10.4236/ce.2019.1012180
Kurnia, V. T., Damayani, A. T., & Kiswoyo, K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772
Minsih, M., & Galih, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 20. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144
Noervadila, Irma, & Misriyati. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X Ips Semester Genap Di Ma Fathus Salafi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 8(1), 48–56. https://doi.org/https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.582. DOI: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.582
Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2020). Penerapan model pembelajaran Jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa penjas pada mata kuliah filsafat penjas dan olahraga. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(2). https://doi.org/10.31258/jope.2.2.61-69. DOI: https://doi.org/10.31258/jope.2.2.61-69
Novitas, H., Hayati, M. N., & Fatkhurrohman, M. A. (2018). Keefektifan Penggunaan Alat Peraga Sistem Peredaran Darah dalam Pembelajaran IPA Kelas VIII MTs Negeri Pemalang. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.24905/jpmp.v2i1.875.
Prasetyo, A. A., & Nabillah, T. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(1c), 659–663. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685.
Prayoga, A. (2019). Pengaruh kegiatan awal pembelajaran, disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 53–64. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17110. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17110
Rasyid, M., Azis, A. A., & Saleh, A. R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Dalam Konsep Sistem Indera Pada Siswa Kelas XI Sma. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 69–80. https://doi.org/10.17977/um052v7i2p69-80.
Rediasih, Suwatra, & Putri. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Debate Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2). https://doi.org/https://ejournal.undiksha.ac.id.
Saputra, & Andrizal. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–33. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168. DOI: https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168
Sari, C. W. P., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Komparasi Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw dan Two Stay Two Stray (TSTS) Ditinjau dari Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Siswa SD. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1). Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 101–110. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33251. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33251
Sholekah, A. W. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 16–22. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260
Suendarti, M. (2017). The influence of jigsaw learning model on the ability of resolution natural science of Middle East junior high school students Indonesia. International Journal of Environmental and Science Education, 12(7), 1617–1622.
Sumarsih, P. (2017). Upaya Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas IX B SMP N 9 Yogyakarta. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 123–134. https://doi.org/10.30738/wd.v5i2.3379.
Susilo, R. H., Marli, S., & Salimi, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas Iv Sekolah Dasar. , 9(11). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(11). https://doi.org/10.26418/jppk.v9i11.43444.
Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covide-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3). https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732
Sutini, A., Halimah, L., & Ismail, M. H. (2019). Model Pendidikan Karakter Berbasis Literacy Gardens Di Paud. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 11–18. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.14457. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.14457
Urwati, K., Ernita, N., & Yahdi, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Hukum Newton Kelas X di MA Darul Muhajirin Praya. Journal of Natural Science and Integration, 2(2). https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.7673. DOI: https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.7673
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.
Yanthi, Japa, & Tegeh. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT DAN Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10914. DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.101.06
Yeyet. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JigsawDalam Pembelajaran Bahasa Sunda. Jurnal Educatio, 7(2), 367–374. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1043. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1043
Yusnia, Y. (2019). Penggunaan Media Video Scribe Dalam Pembelajaran Literasi Sains Untuk Mahasiswa PGPAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 71–75. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sulistiani Sulistiani, Haryanto Haryanto , Setyo Eko Atmojo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)