Model Pembelajaran Jigsaw untuk Menumbuhkan Motivasi dah Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPA

Authors

  • Sulistiani Sulistiani Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Haryanto Haryanto Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Setyo Eko Atmojo Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48141

Keywords:

Model Pemblajaran Jigsaw, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Kurangnya motivasi dan hasil dari mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah IPA dapat diperhatikan dari nilai yang tergolong masih rendah dari soal yang diberikan. Selain itu mahasiswa juga cenderung diam dalam pembelajaran tidak adanya komunikasi balik seperti bertanya atau menjelaskan apa kesulitan yang dimiliki dalam materi yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar dan hasil pembelajaran IPA dari mahasiswa PGSD. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan teknik analisis MANOVA. Pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Kelas A8 Semester 2 angkatan 2021/2022. Untuk pengambilan data menggunakan test yang di sebarkan sesuai dengan tujuannya kelas kontrol dan eksperimen yang di pisahkan. Metode yang dipergunakan dalam menganalisis data adalah uji prasyarat analisis dengan melakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Kemudian untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan Uji Manova Multivariat Analisis of Variance. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar IPA setelah menggunakan model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar mahasiswa. Sehingga dapat di simpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw sangat signifikan.

References

Alhabeeb, A., & Rowley, J. (2018). E-learning critical success factors: Comparing perspectives from academic staff and students. Computers and Education, 127(August), 1–12. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.08.007. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.08.007

Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702. DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702

Anggraini, Y., Patmanthara, S., & Purnomo, P. (2018). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan : Teori , Penelitian Dan Pengembangan, 2(12). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10316.

Anika, & Fajar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047

Apriana, Harahap, M. B., & Bukit, N. (2019). Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Menggunakan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Sains Siswa Kelas V Sd Negeri 101777 Saentis. Jurnal Tematik, 9(1). https://doi.org/10.24114/jt.v9i1.12851.

Azzahra, N., Pratomo, S., & Sumiati, T. (2019). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 14(2), 109–116. https://doi.org/10.17509/md.v14i2.14329. DOI: https://doi.org/10.17509/md.v14i2.14329

Berlyana, M. D. P., & Purwaningsih, Y. (2019). Experimentation of STAD and Jigsaw Learning Models on Learning Achievements in terms of Learning Motivation. International Journal of Educational Research Review, 4(4), 517–524. https://doi.org/10.24331/ijere.628311. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.628311

Dewi, N. R., Saputri, E., Nurkhalisa, S., & Akhlis, I. (2020). The effectiveness of multicultural education through traditional games-based inquiry toward improving student scientific attitude. Journal of Physics: Conference Series, 1567(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/4/042051. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/4/042051

Dewi, R. S. (2018). Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 150–158. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11581. DOI: https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11581

Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838. DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fasikhah. (2019). Hubungan Kebiasaan dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar IPS. Scientific Journals, 1(3), 55-64. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jlj.v9i1.39136. DOI: https://doi.org/10.15294/jlj.v9i1.39136

Febriana. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dengan Pendekatan Dunia Kerja Pada Program D3 Tata Boga. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 148–155. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.8891

Idzhar, A. (2016). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2(2), 222–228. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/jo.v2i2.2956.

Isticomah. (2021). Penerapan Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Menyampaikan Informasi Berdasarkan Hasil Pengamatan. Jurnal Educatio, 7(4), 1551–1557. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1541.

Izati, S. N., Wahyudi, & Sugiyarti, M. (2018). Project Based Learning Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(9), 1122—1127-1127. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i9.11508.

Kahar, M. S., Anwar, Z., Murpri, D. K., Matematika, P., & Sorong, U. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Aksioma, 9(2), 279–295. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2704. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2704

Kamaruddin, S., & Yusoff, N. M. R. N. (2019). The Effectiveness of Cooperative Learning Model Jigsaw and Team Games Tournament (TGT) towards Social Skills. Creative Education, 10(12), 2529–2539. https://doi.org/10.4236/ce.2019.1012180. DOI: https://doi.org/10.4236/ce.2019.1012180

Kurnia, V. T., Damayani, A. T., & Kiswoyo, K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772

Minsih, M., & Galih, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 20. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144

Noervadila, Irma, & Misriyati. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X Ips Semester Genap Di Ma Fathus Salafi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 8(1), 48–56. https://doi.org/https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.582. DOI: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.582

Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2020). Penerapan model pembelajaran Jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa penjas pada mata kuliah filsafat penjas dan olahraga. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(2). https://doi.org/10.31258/jope.2.2.61-69. DOI: https://doi.org/10.31258/jope.2.2.61-69

Novitas, H., Hayati, M. N., & Fatkhurrohman, M. A. (2018). Keefektifan Penggunaan Alat Peraga Sistem Peredaran Darah dalam Pembelajaran IPA Kelas VIII MTs Negeri Pemalang. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.24905/jpmp.v2i1.875.

Prasetyo, A. A., & Nabillah, T. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(1c), 659–663. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685.

Prayoga, A. (2019). Pengaruh kegiatan awal pembelajaran, disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 53–64. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17110. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17110

Rasyid, M., Azis, A. A., & Saleh, A. R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Dalam Konsep Sistem Indera Pada Siswa Kelas XI Sma. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 69–80. https://doi.org/10.17977/um052v7i2p69-80.

Rediasih, Suwatra, & Putri. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Debate Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2). https://doi.org/https://ejournal.undiksha.ac.id.

Saputra, & Andrizal. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–33. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168. DOI: https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Sari, C. W. P., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Komparasi Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw dan Two Stay Two Stray (TSTS) Ditinjau dari Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Siswa SD. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1). Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 101–110. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33251. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33251

Sholekah, A. W. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 16–22. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260

Suendarti, M. (2017). The influence of jigsaw learning model on the ability of resolution natural science of Middle East junior high school students Indonesia. International Journal of Environmental and Science Education, 12(7), 1617–1622.

Sumarsih, P. (2017). Upaya Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas IX B SMP N 9 Yogyakarta. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 123–134. https://doi.org/10.30738/wd.v5i2.3379.

Susilo, R. H., Marli, S., & Salimi, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas Iv Sekolah Dasar. , 9(11). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(11). https://doi.org/10.26418/jppk.v9i11.43444.

Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covide-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3). https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732

Sutini, A., Halimah, L., & Ismail, M. H. (2019). Model Pendidikan Karakter Berbasis Literacy Gardens Di Paud. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 11–18. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.14457. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.14457

Urwati, K., Ernita, N., & Yahdi, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Hukum Newton Kelas X di MA Darul Muhajirin Praya. Journal of Natural Science and Integration, 2(2). https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.7673. DOI: https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.7673

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.

Yanthi, Japa, & Tegeh. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT DAN Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10914. DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.101.06

Yeyet. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JigsawDalam Pembelajaran Bahasa Sunda. Jurnal Educatio, 7(2), 367–374. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1043. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1043

Yusnia, Y. (2019). Penggunaan Media Video Scribe Dalam Pembelajaran Literasi Sains Untuk Mahasiswa PGPAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 71–75. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436

Downloads

Published

2022-07-09

How to Cite

Sulistiani, S., Haryanto , H. ., & Atmojo, S. E. . (2022). Model Pembelajaran Jigsaw untuk Menumbuhkan Motivasi dah Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 223–231. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48141

Issue

Section

Articles