Pembelajaran Berbantuan Video Model Latihan Renang Gaya Bebas Terhadap Penguasaan Gaya Bebas dan Kecepatan Renang Siswa Sekolah Dasar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.50248

Keywords:

Gaya Bebas; Kecepatan; Model Latihan Renang; Penguasaan Gaya Bebas; Renang

Abstract

Saat ini kondisi jam sekolah atlet berbenturan dengan jam penggunaan latihan, atlet yang kami miliki hampir semua bersekolah di sekolah negeri yang menerapkan jam sekolah full setengah hari dimana dimulai dari pagi hari yang rata-rata jam masuk sekolah pukul 07.00 Wita. Kemudian keluar sekolah pukul 15.30. belum lagi banyak orang tua yang memberikan pelajaran tambahan terhadap anaknya yang menyebabkan peserta didik mempunyai waktu yang singkat dalam berlatih renang menjadi alsan mengapa penelitian  yang bertujuan untuk menganalisis penggunaan pembelajaran berbatuan media video model latihan renang gaya bebas terhadap penguasaan gaya bebas dan kecepatan atlet sekolah dasar. Rancangan penelitian ini adalah quasi-eksperimental design berupa posstest control group design. jumlah populasi penelitian ini adalah 48. Proses pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan dokumentasi. Metode analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbantuan video model latihan renang gaya bebas berpengaruh terhadap penguasaan renang gaya bebas dan kecepatan renang peserta didik baik secara simultan maupun parsial, hal ini ditunjukkan dnegan niali sig. < 0.05. Dari hasil deskritif data juga diperoleh hasil penelitian berupa variabel kecepatan peserta didik lebih dipengaruhi oleh pembelajaran berbasis youtube dibandingkan variabel pemahaman konsep. Sehingga bisa direkomendasikan bahwa pembelajaran berbantuan video model latihan renang gaya bebas bisa digunkan sebagai salah satu pembelajaran inovatif untuk olahraga renang.

References

Abdul Gani, R., Sukur, A., & Nugroho, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Renang Gaya Kupu-Kupu Melalui Strategi Pembelajaran Variatif Bagi Mahasiswa. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 18(2), 107–113. https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i2.7621. DOI: https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i2.7621

Ahmad, E., Tangkudung, J., Wijaya, Y. S. K., & Widiastuti. (2018). Motivasi Belajar Siswa SMK N 1 Payakumbuh dalam Pembelajaran Renang. Journal Sport Area, 3(1), 6–13. https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1433. DOI: https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1433

Anam, M. S., Sugiarto, T., & Wahyudi, U. (2017). Pengembangan Variasi Latihan Teknik Dasar Renang Gaya Bebas Dan Gaya Dada Melalui Video Compact Disk Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Renang Di Smp Negeri 8 Malang. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 1(1), 74. https://doi.org/10.17977/um040v1i1p74-86. DOI: https://doi.org/10.17977/um040v1i1p74-86

As’andira, Y. S., Raharja, D. S. P., & Arhesa, S. (2021). Pengaruh Latihan Menggunakan Hula Hoop Terhadap Kecepatan Renang Gaya Kupu-Kupu Pada Atlet Caruban Aquatic Club Cirebon. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 317–321. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.615. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.615

Baskoro, F. Y., Moerjono, S., & Anggraheny, H. D. (2018). Pemanasan Fisik Menurunkan Kejadian Kram Otot Triceps Suraepada Atlet Renang Physical. Magna Medika, 2(4), 71–75. https://doi.org/10.26714/magnamed.2.4.2018.71-75. DOI: https://doi.org/10.26714/magnamed.2.4.2018.71-75

Bastomi, M. R., & Hartoto, S. (2017). Pengaruh Penerapan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada (Studi Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(1), 5–9. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/22211/20357.

Chapple, C., & Cownie, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Kontekstual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 341–347. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1393. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1393

Daendels, W., Indonesia, S., Sa, I., Prmono, S. E., & Suharso, R. (2017). Pengembangan Media Video Motion Graphic Sejarah Pemerintahan Herman Willem Daendels (1808-1811) dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Untuk SMA. Indonesian Journal of History Education, 5(1), 25–31. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/19904.

Farizal, I., & Akbar, T. (2020). Analisis Kecepatan Renang Gaya Bebas Pada Atlet Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (Sons). Penjaskesrek Journal, 7(1), 188–203. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v7i1.1017. DOI: https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v7i1.1017

Fatmawati, E., Karmin, & Sulistiyawati, R. S. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar SIswa. Jurnal Pendidikan, 12(1), 24–31. http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala/article/view/959. DOI: https://doi.org/10.24905/cakrawala.v12i1.128

Haking, D. D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Renang Pada Mata Pelajaran Pjok Untuk Siswa Kelas V Sd Article History. JKTP, 2(4), 320–328. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v2i42019p320

Hendawati, Y., Putri, S. U., Pratomo, S., & Widianingsih, F. (2018). Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 13(2), 113–124. https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9498. DOI: https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9498

Irma, Z. U., Kusairi, S., & Yuliati, L. (2020). Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Fluida Statis Dalam Pembelajaran STEM Disertai E-Formative Assessment. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 822. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13638. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13638

Karno, D., Hariadi, H., Daniyantara, D., Hariadi, N., Jumesam, J., & Jaya, P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Renang Gaya Dada. Journal Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi, 4(1), 14–18. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i1.3433. DOI: https://doi.org/10.29408/porkes.v4i1.3433

Kumullah, R., Djatmika, E. T., & Yulianti, L. (2018). Kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa dengan problem based learning pada materi sifat cahaya". Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1583–1586. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11798.

Luchuan, J. (2021). Research on 3D simulation of swimming technique training based on FPGA and virtual reality technology. Microprocessors and Microsystems, 81(March). https://doi.org/10.1016/j.micpro.2020.103657. DOI: https://doi.org/10.1016/j.micpro.2020.103657

Maharani, R. A., Yuliati, L., & Mufti, N. (2019). Eksplorasi Penguasaan Konsep Fisika pada Materi Kalor dengan Authentic Learning Berbasis Inquiry pada Peserta Didik SMAN. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1542. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13040. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13040

Muliani, N. K. D., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107–114. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17664

Navisha, R. I., Tastra, I. D. K., & Dibia, I. K. (2017). Pengaruh Model Stad Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Sd Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10935.

Neri, C. A., Sugiyanto, & Sutisyana, A. (2018). Analisis Kelayakan Kolam Renang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 32–35. https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9184. DOI: https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9184

Nugroho, F. A., & Khory, F. D. (2020). Pengaruh Media Audio Visual Dan Latihan Drill Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 08(3), 137–142. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/37329.

Nugroho, W. A., Umar, F., & Iwandana, D. T. (2021). Peningkatan Kecepatan Renang 100 Meter Gaya Bebas Melalui Latihan Interval Pada Atlet Para-Renang Sekolah Khusus Olahraga Disabilitas Indonesia (SKODI). Jurnal Menssana, 6(1), 56–65. DOI: https://doi.org/10.24036/MensSana.06012021.20

Pebriani, N. L. P., Japa, I. G., & Antara, P. (2021). Video Pembelajaran Berbantuan Youtube untuk Meningkatkan Daya Tarik Siswa Belajar Perubahan Wujud Benda. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 397. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37980. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37980

Prabawa, I. K. R., Satyawan, I. M., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Pengembangan video permainan PJOK berbasis tematik (tema kegemaranku) untuk siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 1(1), 11–26. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i1.3. DOI: https://doi.org/10.54284/jopi.v1i1.3

Pradana, V. O., & Noval, A. (2018). Hubungan Motor Educability dan Percaya Diri Dengan Hasil Belajar Renang Gaya Bebas Pada Siswa Putra Kelas X SMA Budi Mulia Jakarta. Journal Sport Area, 3(1), 79. https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1316. DOI: https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1316

Pratiwi, E. M., Gunawan, G., & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 381–386. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.466. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.466

Rezki, Jatra, R., & SM, N. R. (2019). Analisis Teknik Renang Gaya Bebas Pada Mahasiswa Mata Kuliah Renang. Journal Sport Area, 4(1), 258–265. https://doi.org/10.25299/sportarea.2019.vol4(1).2319. DOI: https://doi.org/10.25299/sportarea.2019.vol4(1).2319

Rogers, J., & Revesz, A. (2019). Experimental and Quasi-Experimental. ResearchGate, July, 133–143. https://www.researchgate.net/publication/334250281%0AExperimental DOI: https://doi.org/10.4324/9780367824471-12

Rosmi, Y. F. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Renang Gaya Bebas KU 7-9 Tahun. Kesehatan Dan Olahraga, 4, 1–8. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ko/article/download/20432/14405

Sartono, S., & Adityatama, F. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Renang Terhadap Kondisi Fisik Pada Anak Usia 8 Tahun. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(2), 112. https://doi.org/10.33222/juara.v3i2.262 DOI: https://doi.org/10.33222/juara.v3i2.262

Shava, I., Kusuma, D. W. Y., & Rustiadi, T. (2017). Latihan Plyometrics dan Panjang Tungkai terhadap Kecepatan Renang Gaya Dada Atlet Renang Sumatera Selatan. Physical Education and Sports, 6(3), 266–271. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes

Sriningsih. (2017). Keterampilan Renang Gaya Kupu-kupu Melalui Pendekatan Bermaian dalam Pembelajaran Akuatik. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 43–52. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8178 DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8178

Sugito, Allsabah, M. A. H., & Putra, R. P. (2020). Manajemen kepelatihan klub renang Kota Kediri tahun 2019. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 242–258. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.14021 DOI: https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.14021

Suratun, S., Irwandani, I., & Latifah, S. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Problem Solving Terintegrasi Chanel Youtube: Pengembangan pada Materi Cahaya Kelas VIII SMP. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 271–282. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3602 DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3602

Tofikin, Damrah, & Nurmai, E. (2019). Pengaruh Daya Ledak Otot Tungkai, Kecepatan Dan Kelincahan Terhadap Kecepatan Tendangan Sabit Pada Atlet Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Di Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Rokania, IV(2), 209–219. https://doi.org/10.37728/jpr.v4i2.213 DOI: https://doi.org/10.37728/jpr.v4i2.213

Yeni, H. O., Surahman, F., Sanusi, R., & Zulfikri. (2019). Pengaruh Latihan Push-up terhadap Kecepatan Renang gaya Dada 50 Meter Pada Atlet Renang Putra Usia 15-17. Jurnal Pendidikan MINDA, 1(1), 1–10. http://www.ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/mindafkip/article/view/14

Downloads

Published

2022-07-16

How to Cite

Dharma Sanjaya, P. M., & Rediani, N. N. . (2022). Pembelajaran Berbantuan Video Model Latihan Renang Gaya Bebas Terhadap Penguasaan Gaya Bebas dan Kecepatan Renang Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 295–303. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.50248

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)