Pembelajaran Berbantuan Video Model Latihan Renang Gaya Bebas Terhadap Penguasaan Gaya Bebas dan Kecepatan Renang Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.50248Keywords:
Gaya Bebas; Kecepatan; Model Latihan Renang; Penguasaan Gaya Bebas; RenangAbstract
Saat ini kondisi jam sekolah atlet berbenturan dengan jam penggunaan latihan, atlet yang kami miliki hampir semua bersekolah di sekolah negeri yang menerapkan jam sekolah full setengah hari dimana dimulai dari pagi hari yang rata-rata jam masuk sekolah pukul 07.00 Wita. Kemudian keluar sekolah pukul 15.30. belum lagi banyak orang tua yang memberikan pelajaran tambahan terhadap anaknya yang menyebabkan peserta didik mempunyai waktu yang singkat dalam berlatih renang menjadi alsan mengapa penelitian yang bertujuan untuk menganalisis penggunaan pembelajaran berbatuan media video model latihan renang gaya bebas terhadap penguasaan gaya bebas dan kecepatan atlet sekolah dasar. Rancangan penelitian ini adalah quasi-eksperimental design berupa posstest control group design. jumlah populasi penelitian ini adalah 48. Proses pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan dokumentasi. Metode analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbantuan video model latihan renang gaya bebas berpengaruh terhadap penguasaan renang gaya bebas dan kecepatan renang peserta didik baik secara simultan maupun parsial, hal ini ditunjukkan dnegan niali sig. < 0.05. Dari hasil deskritif data juga diperoleh hasil penelitian berupa variabel kecepatan peserta didik lebih dipengaruhi oleh pembelajaran berbasis youtube dibandingkan variabel pemahaman konsep. Sehingga bisa direkomendasikan bahwa pembelajaran berbantuan video model latihan renang gaya bebas bisa digunkan sebagai salah satu pembelajaran inovatif untuk olahraga renang.
References
Abdul Gani, R., Sukur, A., & Nugroho, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Renang Gaya Kupu-Kupu Melalui Strategi Pembelajaran Variatif Bagi Mahasiswa. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 18(2), 107–113. https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i2.7621. DOI: https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i2.7621
Ahmad, E., Tangkudung, J., Wijaya, Y. S. K., & Widiastuti. (2018). Motivasi Belajar Siswa SMK N 1 Payakumbuh dalam Pembelajaran Renang. Journal Sport Area, 3(1), 6–13. https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1433. DOI: https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1433
Anam, M. S., Sugiarto, T., & Wahyudi, U. (2017). Pengembangan Variasi Latihan Teknik Dasar Renang Gaya Bebas Dan Gaya Dada Melalui Video Compact Disk Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Renang Di Smp Negeri 8 Malang. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 1(1), 74. https://doi.org/10.17977/um040v1i1p74-86. DOI: https://doi.org/10.17977/um040v1i1p74-86
As’andira, Y. S., Raharja, D. S. P., & Arhesa, S. (2021). Pengaruh Latihan Menggunakan Hula Hoop Terhadap Kecepatan Renang Gaya Kupu-Kupu Pada Atlet Caruban Aquatic Club Cirebon. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 317–321. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.615. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.615
Baskoro, F. Y., Moerjono, S., & Anggraheny, H. D. (2018). Pemanasan Fisik Menurunkan Kejadian Kram Otot Triceps Suraepada Atlet Renang Physical. Magna Medika, 2(4), 71–75. https://doi.org/10.26714/magnamed.2.4.2018.71-75. DOI: https://doi.org/10.26714/magnamed.2.4.2018.71-75
Bastomi, M. R., & Hartoto, S. (2017). Pengaruh Penerapan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada (Studi Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(1), 5–9. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/22211/20357.
Chapple, C., & Cownie, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Kontekstual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 341–347. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1393. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1393
Daendels, W., Indonesia, S., Sa, I., Prmono, S. E., & Suharso, R. (2017). Pengembangan Media Video Motion Graphic Sejarah Pemerintahan Herman Willem Daendels (1808-1811) dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Untuk SMA. Indonesian Journal of History Education, 5(1), 25–31. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/19904.
Farizal, I., & Akbar, T. (2020). Analisis Kecepatan Renang Gaya Bebas Pada Atlet Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (Sons). Penjaskesrek Journal, 7(1), 188–203. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v7i1.1017. DOI: https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v7i1.1017
Fatmawati, E., Karmin, & Sulistiyawati, R. S. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar SIswa. Jurnal Pendidikan, 12(1), 24–31. http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala/article/view/959. DOI: https://doi.org/10.24905/cakrawala.v12i1.128
Haking, D. D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Renang Pada Mata Pelajaran Pjok Untuk Siswa Kelas V Sd Article History. JKTP, 2(4), 320–328. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v2i42019p320
Hendawati, Y., Putri, S. U., Pratomo, S., & Widianingsih, F. (2018). Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 13(2), 113–124. https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9498. DOI: https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9498
Irma, Z. U., Kusairi, S., & Yuliati, L. (2020). Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Fluida Statis Dalam Pembelajaran STEM Disertai E-Formative Assessment. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 822. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13638. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13638
Karno, D., Hariadi, H., Daniyantara, D., Hariadi, N., Jumesam, J., & Jaya, P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Renang Gaya Dada. Journal Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi, 4(1), 14–18. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i1.3433. DOI: https://doi.org/10.29408/porkes.v4i1.3433
Kumullah, R., Djatmika, E. T., & Yulianti, L. (2018). Kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa dengan problem based learning pada materi sifat cahaya". Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1583–1586. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11798.
Luchuan, J. (2021). Research on 3D simulation of swimming technique training based on FPGA and virtual reality technology. Microprocessors and Microsystems, 81(March). https://doi.org/10.1016/j.micpro.2020.103657. DOI: https://doi.org/10.1016/j.micpro.2020.103657
Maharani, R. A., Yuliati, L., & Mufti, N. (2019). Eksplorasi Penguasaan Konsep Fisika pada Materi Kalor dengan Authentic Learning Berbasis Inquiry pada Peserta Didik SMAN. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1542. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13040. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13040
Muliani, N. K. D., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107–114. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17664
Navisha, R. I., Tastra, I. D. K., & Dibia, I. K. (2017). Pengaruh Model Stad Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Sd Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10935.
Neri, C. A., Sugiyanto, & Sutisyana, A. (2018). Analisis Kelayakan Kolam Renang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 32–35. https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9184. DOI: https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9184
Nugroho, F. A., & Khory, F. D. (2020). Pengaruh Media Audio Visual Dan Latihan Drill Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 08(3), 137–142. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/37329.
Nugroho, W. A., Umar, F., & Iwandana, D. T. (2021). Peningkatan Kecepatan Renang 100 Meter Gaya Bebas Melalui Latihan Interval Pada Atlet Para-Renang Sekolah Khusus Olahraga Disabilitas Indonesia (SKODI). Jurnal Menssana, 6(1), 56–65. DOI: https://doi.org/10.24036/MensSana.06012021.20
Pebriani, N. L. P., Japa, I. G., & Antara, P. (2021). Video Pembelajaran Berbantuan Youtube untuk Meningkatkan Daya Tarik Siswa Belajar Perubahan Wujud Benda. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 397. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37980. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37980
Prabawa, I. K. R., Satyawan, I. M., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Pengembangan video permainan PJOK berbasis tematik (tema kegemaranku) untuk siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 1(1), 11–26. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i1.3. DOI: https://doi.org/10.54284/jopi.v1i1.3
Pradana, V. O., & Noval, A. (2018). Hubungan Motor Educability dan Percaya Diri Dengan Hasil Belajar Renang Gaya Bebas Pada Siswa Putra Kelas X SMA Budi Mulia Jakarta. Journal Sport Area, 3(1), 79. https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1316. DOI: https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1316
Pratiwi, E. M., Gunawan, G., & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 381–386. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.466. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.466
Rezki, Jatra, R., & SM, N. R. (2019). Analisis Teknik Renang Gaya Bebas Pada Mahasiswa Mata Kuliah Renang. Journal Sport Area, 4(1), 258–265. https://doi.org/10.25299/sportarea.2019.vol4(1).2319. DOI: https://doi.org/10.25299/sportarea.2019.vol4(1).2319
Rogers, J., & Revesz, A. (2019). Experimental and Quasi-Experimental. ResearchGate, July, 133–143. https://www.researchgate.net/publication/334250281%0AExperimental DOI: https://doi.org/10.4324/9780367824471-12
Rosmi, Y. F. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Renang Gaya Bebas KU 7-9 Tahun. Kesehatan Dan Olahraga, 4, 1–8. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ko/article/download/20432/14405
Sartono, S., & Adityatama, F. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Renang Terhadap Kondisi Fisik Pada Anak Usia 8 Tahun. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(2), 112. https://doi.org/10.33222/juara.v3i2.262 DOI: https://doi.org/10.33222/juara.v3i2.262
Shava, I., Kusuma, D. W. Y., & Rustiadi, T. (2017). Latihan Plyometrics dan Panjang Tungkai terhadap Kecepatan Renang Gaya Dada Atlet Renang Sumatera Selatan. Physical Education and Sports, 6(3), 266–271. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes
Sriningsih. (2017). Keterampilan Renang Gaya Kupu-kupu Melalui Pendekatan Bermaian dalam Pembelajaran Akuatik. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 43–52. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8178 DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8178
Sugito, Allsabah, M. A. H., & Putra, R. P. (2020). Manajemen kepelatihan klub renang Kota Kediri tahun 2019. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 242–258. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.14021 DOI: https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.14021
Suratun, S., Irwandani, I., & Latifah, S. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Problem Solving Terintegrasi Chanel Youtube: Pengembangan pada Materi Cahaya Kelas VIII SMP. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 271–282. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3602 DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3602
Tofikin, Damrah, & Nurmai, E. (2019). Pengaruh Daya Ledak Otot Tungkai, Kecepatan Dan Kelincahan Terhadap Kecepatan Tendangan Sabit Pada Atlet Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Di Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Rokania, IV(2), 209–219. https://doi.org/10.37728/jpr.v4i2.213 DOI: https://doi.org/10.37728/jpr.v4i2.213
Yeni, H. O., Surahman, F., Sanusi, R., & Zulfikri. (2019). Pengaruh Latihan Push-up terhadap Kecepatan Renang gaya Dada 50 Meter Pada Atlet Renang Putra Usia 15-17. Jurnal Pendidikan MINDA, 1(1), 1–10. http://www.ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/mindafkip/article/view/14
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Pande Made Dharma Sanjaya, Ni Nyoman Rediani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)