PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS MELALUI MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK B TK WIDYA GIRI KUMARA

Authors

  • Ni Made Asih Suastini
  • A.A. Gede Agung
  • I Komang Sudarma

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1474

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan kemampuan kognitif melalui penerapan metode pemberian tugas berbantuan media gambar pada anak Kelompok  B Semester II tahun Pelajaran 2012/2013 di Tk Widya Giri Kumara Bontihing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi.  Subjek penelitian adalah 15 siswa TK Widya Giri Kumara Bontihing tahun Pelajaran 2012/2013. Data penelitian tentang kemampuan kognitif diperoleh dengan menggunakan metode observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan  kemampuan kognitif pada siklus I sebesar 54,11% yang berada pada kategori rendah. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 83,67% yang berada pada kategori tinggi. Jadi dapat disimpulkn adanya peningkatan sebesar 29,56% dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak pada anak Kelompok B Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013 di TK Widya Giri Kumara Bontihing setelah menggunakan media gambar.

 

Kata-kata Kunci: pemberian tugas, media gambar, kognitif.

 

Abstract

This study aims to determine the increase in the development of cognitive abilities through the application of the method of administration tasks aided media images on children in Group B Semester II Study 2012/2013 in Tk Widya Kumara Bontihing Giri. This research is a classroom action research was conducted in two cycles. Each cycle consists of stages of action planning, action, observation / evaluation and reflection. Subjects were 15 students Giri Widya Kumara Kindergarten Lessons Bontihing year 2012/2013. Research data about the cognitive abilities obtained by using the method of observation. Data were analyzed using descriptive statistical analysis and quantitative descriptive. Results of data analysis showed that an increase in cognitive ability in the first cycle of 54.11% which is in the low category. In the second cycle increased to 83.67%, which is in the high category. So can disimpulkn an increase of 29.56% in improving children's cognitive abilities in children Group B Second Semester Academic Year 2012/2013 at TK Giri Widya Kumara Bontihing after using media images.

 

Key words : administration duties, the median image, cognitive.

 

Downloads

Published

2013-07-10

How to Cite

Suastini, N. M. A., Agung, A. G., & Sudarma, I. K. (2013). PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS MELALUI MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK B TK WIDYA GIRI KUMARA. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1474

Issue

Section

Articles