Media Permainan Edukatif Tema Tanaman Sub Tema Sayur dan Buah untuk Anak Usia Dini

Authors

  • Kompiang Sari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35406

Keywords:

Media, Permainan Edukatif, Tema Tanaman

Abstract

Pada pembelajaran tema tanaman sub tema sayur dan buah, anak usia dini tidak dapat menyerap dengan baik materi yang disampaikan guru dikarenakan kurang inovatifnya media yang digunakan, selain itu guru mengalami keterbatasan dalam mengembangkan media permainan edukatif dengan berbantuan teknologi untuk anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan rancang bangun media permainan edukatif dan mendeskripsikan kelayakan media permainan edukatif tema tanaman sub tema sayur dan buah, menurut review para ahli dan uji coba perorangan. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga orang anak usia dini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode non tes dengan instrumen berupa angket/kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Model ADDIE dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan media ini. Hasil uji validitas media permainan edukatif dari ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran memperoleh rata-rata skor 94,46% termasuk kualifikasi sangat baik dan dari uji coba perorangan yaitu 96,67% dengan kualifikasi sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media permainan edukatif tema tanaman sub tema sayur dan buah layak digunakan untuk anak usia dini. Implikasi hasil penelitian ini yaitu media permainan edukatif dapat memberikan kesempatan pada anak untuk mengenal berbagai macam sayur dan buah dengan cara bermain, sehingga mampu menarik perhatian anak, membantu mengenalkan keaksaraan awal (bahasa), menstimulasi aspek kognitif anak dan meningkatkan minat belajar anak.

Author Biographies

Kompiang Sari, Universitas Pendidikan Ganesha

PG PAUD

I Wayan Sujana, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Amiran, S. (2016). Efektifitas Penggunaan Metode Bermain Di PAUD Nazareth Oesapa. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12367.

Aprilianto, A., & Mariana, W. (2018). Permainan Edukasi (Game) Sebagai Strategi Pendidikan Karakter. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 139–158. https://doi.org/10.31538/nzh.v1i1.47.

Ayuni Kaffah, S., Nurul Arafah, R., Lastika Rahimsyah, M., Nurfauziah Hayati, A., Bia Alpiansah, A., Ziaul Haq Iskandar, D., … Firmansyah, R. (2020). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Mengenai Pengenalan Nama Buah dalam Tiga Bahasa untuk Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 2655–6561. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.542.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37–50. Retrieved from https://www.journal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/720.

Cikarge, G. P., & Utami, P. (2018). Analisis dan Desain Media Pembelajaran Praktik Teknik Digital Sesuai RPS. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 3(1), 92–105. https://doi.org/10.21831/elinvo.v3i1.20509.

Erwin, V. A., & Syukur, Y. (2019). Multimedia Interaktif Bermuatan Permainan Edukatif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 901–908. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V3I3.183.

Fadlillah, M. (2019). Buku Ajar Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Febriani, A. S., Mulyana, E. H., & Rahman, T. (2020). Pengembangan Educative Game Berbasis Aplikasi Android untuk Memfasilitasi Keterampilan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 2(2), 187–196. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i2.24544.

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. Retrieved from http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084.

Ganda Putri Panjaitan, R., & Nuzul Putri, N. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(1), 141–151. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062.

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017, 1(15), 96–102. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/267023793.pdf.

Hairiyah, S., & Mukhlis. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Edukatif. Jurnal Kariman, 7(2), 265–282. https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.118.

Harjanta, A. T. J., & Herlambang, B. A. (2018). Rancang Bangun Game Edukasi Pemilihan Gubernur Jateng Berbasis Android dengan Model ADDIE. Jurnal Transformatika, 16(1), 91–97. Retrieved from https://journals.usm.ac.id/index.php/transformatika/article/view/894.

Hasanah, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle 3 Dimensi Terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini Di Kelompok B RA Baitul Islah Kota Bengkulu (Institut Agama Islam Negeri Bengkulu). Retrieved from http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4377.

Hayati, N., Cholimah, N., & Christianti, M. (2017). Identifikasi Keterampilan Kognitif Anak Usia 2-6 Tahun di Lembaga PAUD Kecamatan Sleman, Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 181–189. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17705.

Hemah, E., Sayekti, T., & Atikah, C. (2018). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1–14. Retrieved from http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/view/4675.

Holis, A. (2017). Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan UNIGA (Vol. 10). https://doi.org/10.52434/JP.V10I1.84.

Isdisusilo. (2012). Panduan Lengkap Menyusun Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Isya’, M. A. (2017). Pengembangan model pembelajaran instruksional design dengan model Addie mata pelajaran PAI pada materi mengulang-ulang hafalan Surah Al Ma’un dan al Fil secara klasikal, kelompok dan individu kelas V SDN Gedongan 2 Kota Mojokerto. Ta’dibia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 7(1), 71. https://doi.org/10.32616/tdb.v7.1.37.71-80.

Lestari, S. Y., Hadi, H., & Mushafanah, Q. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantu Permainan Edukatif Terhadap Hasil Belajar Tematik. Jurnal Sinektik, 2(1), 97. https://doi.org/10.33061/js.v2i1.2979.

Mardhotillah, I. (2019). Pengembangan Media Maze Matematika untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak (Unoversitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/6487/1/SKRIPSI LENGKAP.pdf.

Maslich, I. Y. (2016). Pengembangan Media Papan Pintar Angka (Papika) bagi Anak Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Nasional Samirono Caturtunggal Depok Sleman Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(6), 179–192. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://journal/student.uny.ac.id/ojs/indeks.php/fiptp/article/view/3100&ved=2ahaUKEwjaslul5ejuAhX07nMBHRGjCCEQFjAAegQIARAB&usg=AOvVaw3YxZwyttGhZLhjEcyG6QXF.

Mubaraq, M. R., Kurniawan, H., & Saleh, A. (2018). Implementation of Augmented Reality for Fruit Learning Media Android Based. In IT (Informatic Technique) Journal (Vol. 6). https://doi.org/10.22303/IT.6.1.2018.89-98.

Norlaila, H. (2015). Upaya Pengembangan Aspek Kognitif Dalam Aktivitas yang Bersifat Eksploratif & Menyelidik (Mencampur Warna) Menggunakan Model Example non Examples di Kelompok B TK Tunas Muda Kec. Simpang Empat Kab. Banjar. JEA, 1(1), 66–95. Retrieved from http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jurnalaud/article/view/2147.

Nurhayati, H. (2015). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Rumah Kata untuk Anak TK Kelompok B. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(3), 1–13. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/713/0.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Vol. 03).

Putra, R. C. (2016). Pembuatan Game Edukasi Pintar Memilih Sampah Berbasis Android Publikasi Ilmiah (Universitas Muhammadiah Surakarta). Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/148612565.pdf.

Rahman, R. A., & Tresnawati, D. (2016). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, 13(1), 184–190. Retrieved from http://www.sttgarut.ac.id/jurnal/index.php/algoritma/article/view/323.

Rahmatullah, Inanna, & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327. Retrieved from www.canva.com.

Ramdani, M. D., Kurniadi, D., & Septiana, Y. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi Penelusuran Goa Berbasis Android. Jurnal Algoritma, 16(2), 151–157. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.16-2.151.

Rohaeni, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model ADDIE Pada Anak Usia Dini. Instruksional, 1(2). Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/instruksional/article/view/6258.

Saputra, A. (2019). Permainan Edukatif untuk Anak Usia Dini. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 1(1), 102–113. https://doi.org/10.52266/pelangi.v1i1.283.

Satria, M., & Rusda, D. (2017). Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Alphabet Untuk Anak Usia 3 Hingga 5 Tahun Berbasis Android. In Jurnal Penelitian Dosen FIKOM (UNDA) (Vol. 4). Retrieved from http://jurnal.unda.ac.id/index.php/Jpdf/article/view/37.

Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243.

Sudiatmika, I. D. P. A., Cahyawan, A. A. K. A., & Buana, P. W. (2014). Aplikasi Game Edukasi Trash Grabber Untuk Mengenal Jenis-Jenis Sampah Pada Smartphone Berbasis Android. Merpati, 2(2), 215–225. Retrieved from http://ocs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17889.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. Retrieved from http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/113.

Widiawati, W. W., Karim, M. B., & Mayangsari, D. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Aplikasi Paint Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 22 Balongpanggang. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 10–24. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i1.3845.

Wijanarko, K. D., Darmawanto, E., Permatasari, S., Assaadah, N. M., & Nurjanah, F. A. (2021). Pemanfaatan Kain Flanel Sebagai Alat Pembelajaran Edukatif Busy Book Di TK TA 03 Jerukwangi. 1(2), 148–155. Retrieved from http://jurnal.atidewantara.ac.id/index.php/singkerru/article/view/74.

Zafi, A. A., & Partono, P. (2020). Desain Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran al-Quran Hadis. Matan : Journal of Islam and Muslim Society, 2(1), 16. https://doi.org/10.20884/1.matan.2020.2.1.2292.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489.

Downloads

Published

2021-07-09

How to Cite

Sari, K., & Sujana, I. W. (2021). Media Permainan Edukatif Tema Tanaman Sub Tema Sayur dan Buah untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 107–116. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35406

Issue

Section

Articles