Keterampilan Mengajar Guru PAUD dalam Pembelajaran Daring

Ida Ayu Made Partami, I Wayan Sujana

Abstract


Adanya kebijakan pelaksanaan pembelajaran jarak sebagai salah satu cara pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19) menyebabkan guru-guru harus mempersiapkan pembelajaran dengan seefisien mungkin, sehingga keterampilan mengajar guru sangat berperan penting dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran berbasis daring yang dilaksanakan pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian survei deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru PAUD yang berada di wilayah Denpasar Utara dengan jumlah sampel sebanyak 179 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode non tes dengan penyebaran kuisioner/angket. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa kusioner dengan jenis kuisioner tertutup. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan survei yang telah dilaksanakan diperoleh hasil keterampilan mengadakan variasi berbasis daring memperoleh persentase sebesar 75,72% (positif), keterampilan bertanya berbasis daring memperoleh persentase sebesar 74,35% (positif), dan keterampilan memberi penguatan berbasis daring memperoleh persentase sebesar 80,49% (positif). Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru sudah mampu menerapkan keterampilan mengajar berbasis daring sesuai dengan karakteristiknya dengan baik dilihat dari keterampilan mengadakan variasi berbasis daring, keterampilan bertanya, dan keterampilan memberi penguatan kegiatan belajar dalam jaringan (daring). Implikasi dari penelitian ini yaitu hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai tambahan informasi mengenai keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran berbasis daring khususnya di jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD).


Keywords


keterampilan mengajar berbasis daring

References


Achdiani, Y., & Rusliyani, A. (2017). Pengetahuan Keterampilan Dasar Mengajar dalam Menyiapkan Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Teknobuga, 5(2), 34–43. https://doi.org/10.1529/jtbb.v5i2.15368

Alami, Y. (2020). Media Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 49–56. https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/jtt/article/view/71

Artikawati, R. (2016). Pengaruh Keterampilan Mengadakan Variasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Basic Education, 5(11), 1074–1084. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/view/1443/1312

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Asril, Z. (2010). Micro teaching. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Aulia, V. (2018). Implementasi Keterampilan Mengadakan Variasi pada Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Banjarmasin. Jurnal Mitra Manajemen, 2(5), 5-5–521. https://doi.org/https://doi.org/10.52160/ejmm.v2i5.155

Ayudia, R., Febrialismanto, & Solfiah, Y. (2020). Persepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Limapuluh Kota Pekanbaru. Jurnal ReviewPendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 243–248. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Botutihe, S. N., Smith, M. Bin, Kasan, I. A., & Hilala, R. (2020). Strategi Pembelajaran Physical Distancing Guru PAUD dalam Menghadapi Pandemi Covid19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1536–1543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.919

Ermasari, G., Subagia, I. W., & Sudria, I. B. N. (2014). Kemampuan Bertanya Guru IPA dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1111/0

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373–384. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.265

Habibi, A. A., & Firmansyah, R. A. (2019). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Kimia yang mengkuti MGMP MIPA. Journal of Educational Chemistry (JEC), 1(1), 9–16. https://doi.org/10.21580/jec.2019.1.1.3743

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Husman, H. (2013). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Isman. (2012). Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (MODA DARING). Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Jaya, H. N. (2017). Keterampilan Dasar Guru untuk Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan. Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 23–35. https://doi.org/10.30651/didaktis.v17i1.1555

Kurniati, T., & Liani, U. (2019). Peningkatan Keterampilan Mengadakan Variasi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 7(1), 33–38. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29406/ar-r.v7i1.1379

Lisdiana, C., Bahari, Y., & Rustiyarso. (2013). Analisis Keterampilan Dasar Guru dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(2). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/918/pdf

Mufidah, I., & Asmawi, H. (2017). Komunikasi Interpersonal dan Keterampilan Memberi Penguatan : Sebuah Analisa Korelasional terhadap Minat Belajar Siswa. Palapa, 5(2), 1–19. https://doi.org/10.36088/palapa.v5i2.43

Mulyasa, E. (2015). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Novita, S. (2015). Analisis Keterampilan Guru Dalam Mengadakan Variasi Pada Pembelajaran Tematik Kelas II di SDN Purwantoro 2 Malang. Institutional Repository. http://eprints.umm.ac.id/Id/Eprint/21294

Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(1), 41–51. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/108806

Pradnyayoni, W. (2017). Keterampilan Dasar Mengajar Memberi Penguatan Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Dasar, 1(1), 1–48. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW

Raharja, R. M., Wardhani, R. D. K., & Rosidah, L. (2021). Kinerja Guru PAUD Di Kota Serang pada Masa Pandemi Covid 19. MURHUM : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 13–22. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i1.28

Rohayani, F. (2020). Menjawab Problematika Yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa. Qawwam: Journal For Gender Mainstreaming, 14(1), 29–50. https://doi.org/10.20414/Qawwam.v14i1.2310

Sarjono, S. (2020). Penerapan Supervisi Akademik Pengawas Guna Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Melaksanakan Program Bdr (Belajar Dari Rumah) Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Dabin 1 Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Sumowono. Waspada (Jurnal Wawasan Pengembangan), 08(02), 53–60. http://www.ejournal.undaris.ac.id/index.php/waspada/article/view/17

Saud, U. S. (2011). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Setyowahyudi, R., & Ferdiyanti, T. (2020). Keterampilan Guru PAUD Kabupaten Ponorogo Dalam Memberikan Penguatan Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Golden Age, 4(01), 100–111. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2167

Simanihuruk, L., Simarmata, J., Sudirman, A., Hasibuan, M. S., Safitri, M., Sulaiman, O. K., Ramadhani, R., SahirLidia, S. H., Simanihuruk, Janner Simarmata, A. S., M. Said Hasibuan, M. S., & Oris Krianto Sulaiman, Rahmi Ramadhani, S. H. S. (2019). ELearning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Subakti, H., & Handayani, E. S. (2021). Analisis Keterampilan Mengajar Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring pada Siswa Sekolah Dasar. Diglosia: Jurnal Pendidikan, 5(1), 202–210. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/dl/article/view/2539/2167

Sukitman, Trizid, A. (2020). Peran Guru Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Diskusi Daring Tematik Nasional, 91–95. http://research-report.umm.ac.id/index.php/psnpb/article/view/3655/3620

Sundari, F. S., & Muliyawati, Y. (2017). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PGSD. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 26–36. https://doi.org/10.33751/pedagog.v1i1.225

Supryadi. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Cakrawala Ilmu.

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452–462. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/paud.v9i2.35068

Article Metrics

Abstract view : 927 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini  Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 4 Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha    Crossref      


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.