Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini

Ni Luh Putu Susantini, Maria Goreti Rini Kristiantari

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena rendahnya pemahaman kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini. Selain itu guru membutuhkan multimedia interaktif yang menarik dan dapat digunakan pada pembelajaran daring untuk dapat meningkatkan pemahaman anak dalam mengenal kosakata bahasa Inggris. Penelitian ini bertujan untuk menciptakan rancang bangun dan mengetahui validitas media flash card berbasis multimedia interaktif untuk pengenalan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Desian pada penelitian ini dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze), (Design), (Development), (Implementation), dan (Evaluation). Subjek penelitian ini berjumlah 5 diantaranya 1 orang ahli isi pembelajaran, 1 orang ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran dan 3 orang anak usia dini pada uji perorangan. Metode pengumpulan data adalah metode kuesioner. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil uji validitas yang dilakukan oleh ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran memperoleh skor 88,76% dengan kualifikasi sangat baik, serta uji coba perorangan memperoleh skor 91,3% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media flash card berbasis multimedia interaktif untuk pengenalan kosakata bahasa Inggris ini layak digunakan pada anak usia dini. Implikasi dalam penelitian yaitu media flash card berbasis multimedia interaktif ini dapat membantu guru dalam membuat pembelajaran lebih inovatif yang dapat membantu anak dalam mengenal kosakata bahasa Inggris pada pembelajaran daring.


Keywords


Interactive Multimedia, Vocabulary

References


Andriyani, A., Dewi, H. I., & Zulfitria, Z. (2020). Penggunaan Multimedia Dan Animasi Interaktif Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa. Instruksional, 1(2), 172–180. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/instruksional/article/view/6264

Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33

Asadi, H., & Suryana, D. (2020). Studi Deskriptif Pengaruh Permainan Snakes and Ladders Terhadap Perkenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 2993–3006. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/802

Asmariani. (2016). Konsep Media Pembelajaran Paud. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.108

Azizah, N., Butar, B. B., & Wahyuni, I. T. (2018). Animasi Interaktif Pengenalan Dasar Bahasa Inggris Pada Tk an-Nuruddin Depok. ICIT Journal, 4(1), 29–40. https://doi.org/10.33050/icit.v4i1.76

Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 No.1, 81–96. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/1489

Farihah, H. (2017). Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Stick Angka. Jurnal Teladan, 2(1), 2–20.

Firdania, M. S., Tursina, & Sastypratiwi, H. (2016). Aplikasi CAI Berbasis Multimedia Untuk Pengenalan Bagian Tubuh Manusia Pada Anak Usia Dini. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 4(1), 1–5. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/view/13124

Firdaus, M., & Muryanti, E. (2020). Games Edukasi Bahasa Inggris untuk Pengembangan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1216–1227. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/588

Fitri, N. A., & Karlimah. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Kubus dan Balok untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4), 226–239.

Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 167–182. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1744

Hotimah, E. (2010). Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 04(01), 10–18. www.journal.uniga.ac.id

Jabri, U., Sukaryadi, A., Amin, S. Y., Sukri, M., & Faika, N. (2020). Media Pembelajaran Pop Up Book Kelas V SDN 181. 1.

Jazuly, A. (2016). Peran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 6(1), 33–40. https://jurnal.makmalpendidikan.net/index.php/JPD/article/view/89

Kurniawan, M. P. (2018). Perancangan Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini Mengenal Nama-Nama Benda. Jurnal Amikom, 6(1), 11–25.

Kusnadi dkk. (2018). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Multimedia ( Studi Kasus : Paud Al-Hasanah Cilimbung Tasikmalaya ). Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI (JTK), 4(1), 1–7.

Kusumawati, R., & Mariono, A. (2016). Pengembangan Media Flashcard Tema Binatang untuk Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Asemjajar-Surabaya. Teknologi Pendidikan, 4(1), 24–32.

Lindawati, N. P. (2018). Keefektifan Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada. 2(2), 59–65.

Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 225. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178

Maslina, A. S. A. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Dengan Media Audio Visual Pada Tema Selamatkan Makhluk Hidup Di Pendidikan Dasar. In Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) (Vol. 7, Issue 1). https://doi.org/10.12928/jpsd.v7i1.14467

Nida, M. A. A., Parmiti, D. P., & Sukma, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha., 8(1), 16–31. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.25393

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(2).

Pura, D. N., & Asnawati. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140.

Putra, N. A., Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2018). Pengembangan Multimedia Flashcard Untuk Pembina Singaraja Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha., 6, 30–39.

Putri, A. R. (2017). Pengembangan Materi Bahasa Inggris Untuk Anak Usia. Jurnal Edulingua Vol 4. No. 1, 4(1), 108–109.

Rahayu, S. L., & Fujiati. (2018). Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(3), 341. https://doi.org/10.25126/jtiik.201853694

Ridwan. (2011). Skala Pengukuran Dalam Penelitian. CV Alfabeta.

Rosalina, C. D., & Nugrahani, R. (2019). Pengembangan Media Buku Pop-up Untuk Pembelajaran Mengenal Huruf Alphabet Anak Usia Dini. Seling:Jurnal Program Studi PGRA, 5, 54–63.

Rosmiyati, & Wahyuni, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun dengan Bermain Kartu Domino di PAUD Nurjannah Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 76–85. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v2i02.2517

Sari, D. A., & Nurjanah, A. L. (2020). Hubungan Game Online dengan Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 994. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.344

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.

Sudaryono, Desrianti, D. I., & Maulida, S. N. (2018). Media Animasi Interaktif Untuk Anak Usia Dini Pada Ra Yasir Tangerang. ICIT Journal, 4(2), 168–179. https://doi.org/10.33050/icit.v4i2.91

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Taulany, H., & Prahesti, S. I. (2019). Media Pembelajaran Wayang Huruf untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 4-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(2), 71. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i2.361

Trisnawati, N. N. L., Suarni, N. K., & Agung, A. A. G. (2014). Penerapan Metode Picture and Picture Dengan Media Cerita Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/download/3149/2617

Utami, F., Rukiyah, R., & Andika, W. D. (2021). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality pada Materi Mengenal Binatang Laut. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1718–1728. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.933




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/paud.v9i3.37606

Article Metrics

Abstract view : 547 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini  Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 4 Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha    Crossref      


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.