EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI MEDIA PERMAINAN PLAYDOUGH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS

Ketut Lestariani ., Dra. Made Sulastri, M.Pd. ., Didith Pramunditya Ambara, S.Psi. .

Abstract


Taman Kanak-kanak adalah salah satu pendidikan prasekolah yang menyediakan program pendidikan dini bagi anak-anak usia dini dari umur 4 tahun sampai memasuki pendidikan dasar. Dalam proses layanan bimbingan untuk anak-anak usia dini seperti di TK atau PAUD. Dengan menjadikan anak TK sebagai objek dari penelitian ini, penulis berharap mampu memperoleh data yang valid tentang efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan media permainan playdough untuk meningkatkan kreativitas siswa di TK. Dalam melakukan penelitian ini diginakan beberapa teori yaitu tentang (1) bimbingan kelompok, (2) tujuan bimbingan kelompok, (3) model kelompok dalam bimbingan kelompok, (4) teknik-teknik bimbingan kelompok (5) media permainan playdough. Hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan tentang “Efektivitas Bimbingan Kelompok Melalui Media Permainan Playdough Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Anak Kelompok B Semester II Di TK Sutha Kertya Banjar Tegeha Tahun Pelajaran 2013/2014” adalah sebagai berikut: Hasil analisis statistik deskriptif dan analisis deskritif kuantitatif diperoleh rata-rata persentase kemamuan motorik halus anak siklus I sebesar 65,00% yang berarti pada kategori sedang, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85% yang menunjukkan kemampuan kreativitas anak pada kategori tinggi. Jadi terjadi peningkatan sebesar 20%.


Kata Kunci : Kata-kata kunci: Efektivitas, Bimbingan Kelompok, Media Permainan Playdough

Kinder garden is one of an education pre-school that prepared their first education from ther 4 years old until they entering basic education to the elemantary school.In that tutoring service process for the children like in Kinder Garden or PAUD. To make that children as an object from this thorough, the writer wish can get that valid data about that group tutoring service effectiveness with a games that is playdough to increase the creativity of the students in the kinder garden. For do this thorough that used some teories that are about 1. a tutoring group, 2. The purpose of that tutoring group, 3. The group modeller in that group tutoring. Results of the of research data have been used, can drag the conclusion about the effektiveness of tutoring group through the medium of games playdought to increase creativity in goup B2nd semester in kindergarten Sutha Kertya Banjar Tegeha in lessons 2013/2014 are as follows. Results of the ststistical analysis descriptive analyses descriptive quantitative the average percentage gain fine motor ability of children cycle 1 for 65% that means the category is being, experiencing an increase in cycle 2 become 85% that shows the ability of creativity on a high category. So there happen an increase of 20%.


keyword : Effectiveness, the guidance goup, medium of games playdough

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/paud.v2i1.4381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini  Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 4 Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha    Crossref      


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.