Permainan Puzzle Berbasis Multimedia Interaktif untuk Menstimulus Kognitif Anak Usia Dini

Authors

  • Putu Tasha Diah Faradisha Universitas Pendidikan Ganesha
  • Didith Pramuditya Ambara Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47136

Keywords:

Permainan Puzzle, Multimedia Interaktif

Abstract

Kurangnya media pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran membuat anak kesulitan dalam memahami pembelajaran dan cepat merasa bosan. Pandemi juga membuat guru kesulitan dalam melaksankan proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan mengetahui kelayakan permainan puzzle berbasis multimedia untuk menstimulasi kognitif anak usia dini. Subjek pada penelitian ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan anak pada tahap uji coba. Data diolah menggunakan Teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tingkat kelayakan menurut ahli isi pembelajaran sebesar 96,6%, ahli desain pembelajaran sebesar 91,6%, ahli media pembelajaran sebesar 90%, uji coba perorangan sebesar 95%, uji coba kelompok kecil 95% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan permainan puzzle berbasis multimedia interaktif untuk menstimulasi kognitif anak usia dini dengan menggunakan rancang bangun ADDIE layak digunakan. Implikasi dalam penelitian ini adalah permainan puzzle ini dapat memotivasi anak dalam belajar, menjadi sumber bahan ajar tambahan, serta membuat pembelajaran menjadi lebih bervariasi.

Published

2022-07-02

How to Cite

Faradisha, P. T. D. ., & Ambara, D. P. . (2022). Permainan Puzzle Berbasis Multimedia Interaktif untuk Menstimulus Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47136

Issue

Section

Articles