Cerita Bergambar Digital Berlandaskan Tri Hita Karana Berbasis Audio Visual Untuk Menstimulus Moral Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47166Keywords:
Cerita Bergambar, Tri Hita KaranaAbstract
Pembelajaran daring membuat anak didik mengalami kebosanan dalam belajar. Pembelajaran daring membuat guru dan anak didik mengalami keterbatasan dalam media pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan media cerita bergambar digital berlandaskan Tri Hita Karana berbasis audio visual untuk menstimulasi perkembangan moral anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan angket. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 3 anak untuk uji perorangan, 5 anak untuk uji kelompok kelompok kecil dan 3 pakar ahli. Jenis data berupa kuantitatif dan kualitatif dengan menyebarkan angket, data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil uji validitas memperoleh persentase 96,67%, ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 92,5%, media pembelajaran memperoleh persentase 92,5%, uji coba perorangan memperoleh persentase 92,5%, dan uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 95%. Jadi dinyatakan bahwa produk cerita bergambar digital berlandaskan Tri Hita Karana berbasis audio visual untuk menstimulasi perkembangan moral agama layak untuk digunakan dalam pembelajaran anak usia dini. Implikasi dalam penelitian ini yaitu media ini dapat menunjang dan memvariasikan proses pembelajaran, sehingga dapat menambah semngat anak dalam belajar.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Kadek Supartini, Didith Pramuditya Ambara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)