Cerita Bergambar Digital Berlandaskan Tri Hita Karana Berbasis Audio Visual untuk Menstimulus Moral Anak Usia Dini

Authors

  • Kadek Supartini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Didith Pramuditya Ambara Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47166

Keywords:

Cerita Bergambar, Tri Hita Karana

Abstract

Pembelajaran daring membuat anak didik mengalami kebosanan dalam belajar. Pembelajaran daring membuat guru dan anak didik mengalami keterbatasan dalam media pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan media cerita bergambar digital berlandaskan Tri Hita Karana berbasis audio visual untuk menstimulasi perkembangan moral anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan angket. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 3 anak untuk uji perorangan, 5 anak untuk uji kelompok kelompok kecil dan 3 pakar ahli. Jenis data berupa kuantitatif dan kualitatif dengan menyebarkan angket, data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil uji validitas memperoleh persentase 96,67%, ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 92,5%, media pembelajaran memperoleh persentase 92,5%, uji coba perorangan memperoleh persentase 92,5%, dan uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 95%. Jadi dinyatakan bahwa produk cerita bergambar digital berlandaskan Tri Hita Karana berbasis audio visual untuk menstimulasi perkembangan moral agama layak untuk digunakan dalam pembelajaran anak usia dini. Implikasi dalam penelitian ini yaitu media ini dapat menunjang dan memvariasikan proses pembelajaran, sehingga dapat menambah semngat anak dalam belajar.

References

Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923

Deiniatur, M. (2017). Pembelajaran Bahasa Pada Anak Usia Dini Melalui Cerita Bergambar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 190. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i2.882. DOI: https://doi.org/10.32332/elementary.v3i2.882

Diantari, N. P. M., & Agung, A. A. G. (2021). Video Animasi Bertema Tri Hita Karana pada Aspek Afektif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 176–185. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35497.

Diantari, N. P. M., & Gede Agung, A. A. (2021). Video Animasi Bertema Tri Hita Karana pada Aspek Afektif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 176. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35497. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35497

Halim, D., & Munthe, A. P. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 203–216. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216

Harianti, D. (2021). Internalisasi Ajaran Tri Hita Karana Untuk Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid 19. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 4(3), 264–274. https://doi.org/10.37329/kamaya.v4i3.1322. DOI: https://doi.org/10.37329/kamaya.v4i3.1322

Hasmalena, H., Syafdaningsih, S., Rukiyah, R., Rahardjo, B., & Rantina, M. (2022). Cerita dan Lagu Rumah Sederhana untuk Anak Usia Dini Berbasis Media Audio Visual. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2690–2699. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2104. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2104

Herawati, N. I. (2018). Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Developmentally Appropiate Practice Untuk Menumbuhkembangkan Kecerdasan Interpersonal Dan Kecerdasan Intrapersonal. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–17. https://doi.org/10.17509/cd.v4i1.10374. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v4i1.10374

Istianti, T. (2018). Pengembangan Keterampilan Sosial Untuk Membentuk Prilaku Sosial Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 32–38. https://doi.org/10.17509/cd.v6i1.10515. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v6i1.10515

Krisdian, E. A., & Subekti, I. (2021). E-Book Cerita Bergambar Pencegahan Bullying Untuk Anak Usia 9-11 Tahun Berbasis Alkitab. Aletheia Christian Educators Journal, 2(1), 57–68. https://doi.org/10.9744/aletheia.2.1.57-68. DOI: https://doi.org/10.9744/aletheia.2.1.57-68

Kusuma Sari, N. M. I. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Ayo Belajar Budaya Nusantara untuk Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 391. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37937. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37937

Leksana, D. M. (2019). Buku Cerita Bergambar Sebagai Media Bimbingan Karir Anak Usia Dini. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 40–47. https://doi.org/10.24905/jcose.v2i1.53. DOI: https://doi.org/10.24905/jcose.v2i1.53

Mardhotillah, H., & Rakimahwati, R. (2021). Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 779–792. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361

Margaretha, L., & Pura, D. N. (2019). Pengembangan Model Media Audio-Visual untuk Meningkatkannilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Kota Bengkulu. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 167. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9060. DOI: https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9060

Mustika, N. (2021). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Kartu Bergambar Terhadap Moral dan Agama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2052–2060. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1889. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1889

Nikmah, N. U., & Darwati, Y. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Buku Cerita Bergambar Pada Anak Usia Dini. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 141–151. https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i2.3251. DOI: https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i2.3251

Nirwana, E. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Android untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1811–1818. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1684. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1684

Novitasari, E., Sumarni, S., & Rahelly, Y. (2018). Pengembangan Media Maket Berbasis Kota Palembang Untuk Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 75–87. https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.11008. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.11008

Nurasiah Iis, Marini Arita, Nafiah Maratun, R. N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727

Purnamasari, Y. M., & Wuryandani, W. (2019). Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273

Putrislia, N. A., & Airlanda, G. S. (2021). Pengembangan E-Book Cerita Bergambar Proses Terjadinya Hujan untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1032. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1032

Qomariyanti, V. I., Wahono, W., & Kurniawati, T. (2018). Revitalisasi Cerita Rakyat Berbasis Wayang Kardus Untuk Pemahaman Nilai Moral Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk ‘Aisyiyah 3 Surabaya. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 62. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1943. DOI: https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1943

Rahiem, M., & Husna, K. (2020). Buku Cerita Bergambar Untuk Pembelajaran Mitigasi Bencana Gunung Meletus Bagi Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(02), 54–67. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i02.3974. DOI: https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i02.3974

Ratnasari, E. M. (2020). Efektifitas Penggunaan Buku Cerita Bergambar terhadap Kecerdasan Visual Anak Prasekolah. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 10–16. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.4287. DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.4287

Rizkiyah, P. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Digital Anak Usia Dini. Indonesian Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 115–133. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1230. DOI: https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1230

Saitri, P. W., & Sunarwijaya, I. K. (2016). Pengaruh Corporate Social Rresponsibility Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Studi Empiris Pada Masyarakat Desa Sanur). Lembaga Penelitian Dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) UNMAS Denpasar, 11, 266–272.

Septiana, A. U., Sumarni, S., & Rukiyah, R. (2019). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Tema Alam Semesta Untuk Anak Kelompok B Di Ra Miftahul Jannah Palembang. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.24440. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.24440

Singal, R., & Grimes, S. R. (2001). Pengasuhan Holistik Berlandaskan Tri Hita Karana Dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 30(1), 116–120. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.121. DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.121

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha. https://www.researchgate.net/publication/335541585_Evaluasi_dan_Kriteria_Kualitas_Multimedia_Pembeajaran.

Sumiati, N. K, & Tirtayani, L. A. (2021). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 220–230. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514.

Sumiati, Ni Ketut, & Tirtayani, L. A. (2021). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 220. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514

Suputra, I. G. M. A., & Sujana, I. W. (2021). Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Solving Tri Hita Karana Materi Keragaman Budaya Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 113–121. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32764. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32764

Syafdaningsih, S., & Pratiwi, W. (2022). Pengembangan Video Cerita Anak Tema Budaya Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4199–4209. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2336. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2336

Syukur, A., & Tefanai, M. M. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Metode Cerita Bergambar pada PAUD Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 153. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3577. DOI: https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3577

Udayani, L. M. (2021). Penggunaan Media Visual “Poster Bergambar” dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini. Lampuhyang, 12(2), 182–191. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v12i2.262. DOI: https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v12i2.262

Widadiyah, Q. (2018). Pengembangan Buku Percobaan Sains Sederhana Berbasis Karakter Untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 63–81. https://doi.org/10.19109/ra.v2i1.2236. DOI: https://doi.org/10.19109/ra.v2i1.2236

Widhiasih, A. P., & Yunita, S. (2021). Pengembangan Permainan Interaktif Berbasis Teknologi Untuk Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 1. https://doi.org/10.31000/ceria.v10i1.4831. DOI: https://doi.org/10.31000/ceria.v10i1.4831

Widiastuti, N. L. G. K. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Kontekstual Dengan Konsep Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 479–490. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28436.

Widnyana, I. G., Sujana, I. W., & Putra, I. K. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11995. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13894

Windayana, H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif, Kreatif, Dan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10492. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10492

Windia, W., Suamba, I. K., Sumiyati, S., & Tika, W. (2018). Sistem Subak Untuk Pengembangan Lingkungan Yang Berlandaskan Tri Hita Karana. SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 12(1), 118. https://doi.org/10.24843/SOCA.2018.v12.i01.p10. DOI: https://doi.org/10.24843/SOCA.2018.v12.i01.p10

Yansyah, Y., Hamidah, J., & Ariani, L. (2021). Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1449–1460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779

Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Supartini, K., & Ambara, D. P. . (2022). Cerita Bergambar Digital Berlandaskan Tri Hita Karana Berbasis Audio Visual untuk Menstimulus Moral Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 111–119. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47166

Issue

Section

Articles