Buku Digital Berbasis Literasi pada Tema Binatang untuk Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Ketut Meliyani Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Luh Ayu Tirtayani Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47182

Keywords:

Buku Digital, Literasi, Binatang, TK

Abstract

Penggunaan media pembelajaran masih berupa buku majalah dan video-video yang terdapat di youtube. Sehingga, menyebabkan anak-anak menjadi bosan dan kurang tertarik mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran berupa buku digital berbasis literasi untuk anak TK kelompok B. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan desain ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 1 orang ahli isi materi pelajaran, 1 orang ahli desain pembelajaran, 1 orang ahli media pembelajaran, dan 9 anak TK kelompok B. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket/kuisioner. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuisioner. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik analisis statistik kualitatif dan teknik analisis statistik kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil uji ahli isi materi pembelajaran memperoleh persentase 90,00% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran memperoleh persentase 95,00% (sangat baik), uji ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 97,50% (sangat baik), uji coba perorangan memperoleh persentase 90,00% (sangat baik), dan uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 88,33% (baik). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa produk buku digital yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini yaitu buku digital berbasis literasi yang dikembangkan dapat digunakan guru sebagai media pembelajaran untuk mempermudah guru menyampaikan materi.

References

Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi Dengan Peogram 6M Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1). https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1093.g2690. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1093

Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2020). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 284. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301

Ambarita, C., Simanullang, R., & Sirait, D. (2021). The Development of E-Book-Problem Based Learning Media. 1–5. https://doi.org/10.4108/eai.31-8-2021.2313720. DOI: https://doi.org/10.4108/eai.31-8-2021.2313720

Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920

Astuti, R. F., & Istiarini, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan AnakUsia 5-6 Tahun Melalui Media Puzzle di PAUD Flamboyan Sukasari Kota Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 31. https://doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2338. DOI: https://doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2338

Atmajaya, D. (2017). Implementasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Interaktif. ILKOM Jurnal Ilmiah, 9(2), 227–232. https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i2.143.227-232. DOI: https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i2.143.227-232

Aulinda, I. F. (2020). Menanamkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini Di Era Digital. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 88. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15550. DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15550

Botutihe, S. N. (2020). Pola Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Gorontalo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 883–891. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.481. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.481

Dewi, A. C., Hapidin, & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136

Diantari, N. P. M., & Agung, A. A. G. (2021). Video Animasi Bertema Tri Hita Karana pada Aspek Afektif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 176–185. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35497. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35497

Dista. (2020). Manajemen Pendirian Taman Kanak-Kanak (Studi Kasus Di TK Fastrack Funschool Yogyakarta). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 101–111. https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.22582.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934

Fahmi, Syabrina, M., Sulistyowati, & Saudah. (2020). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931– 940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673

Fajri, J. N., Edwita, & Suntari, Y. (2022). Pengembangan Buku Digital Muatan Pelajaran IPS berbasis Mobile Learning pada Materi Kerajaan-Kerajaan Hindu , Buddha , dan Islam di Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1219–1228. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1918. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1918

Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 85–91. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2353. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2353

Fajriyah, L. (2018). Pengembangan Literasi Emergen Pada Anak Usia Dini. Proceedings of The ICECRS, 1(3), 165–172. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1394. DOI: https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1394

Febrianti, F. A. (2021). Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Caruban: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 102–115. https://doi.org/10.33603/.v4i2.5354. DOI: https://doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5354

Fitri, N. D. (2020). Pengembangan Media Buku Digital Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A TK Al-Azhhariyyah Sekargeneng Lamongan. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 471. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.850. DOI: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.850

Herlina, V, Yarmi, G., & Yuliati, S. R. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Digital Berbasis Literasi Digital pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Dinamika Bahasa Sekolah Dasar, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.21009/DSD.XXX.

Herlina, Vifih. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Digital Berbasis Literasi Digital pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Dinamika Bahasa Sekolah Dasar, 1(1), 1–13.

Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158–167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530

Hidayat, L. F., Nandiyanto, A. B. D., Kurniawan, T., & Bilad, M. R. (2021). The Literacy Habituation To Grow Early Childhood Language Skills Through Picture Story Books in Early Childhood Education. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 2(2), 115–120. https://doi.org/10.26874/jakw.v2i2.134. DOI: https://doi.org/10.26874/jakw.v2i2.134

Kartini, K., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2020). Pengembangan multimedia interaktif tema binatang untuk pembelajaran di taman kanak-kanak. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.33879. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.33879

Khikmawati, D. K., Alfian, R., Nugroho, A. A., & Susilo, A. (2021). Pemanfaatan E-book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kudus. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 74–82. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14671.

Limarga, D. M. (2017). Penerapan metode bercerita dengan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan empati anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD, 3(1), 86–104. https://doi.org/10.22460/ts.v3i1p86-104.320.

Mardhotillah, H., & Rakimahwati, R. (2021). Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 779–792. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361

Nurhayati, F., & Rasyid, H. (2019). Implementation of Outdoor Games to Improve 4-5 Year Old Childrens Number Sense. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 10. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.133. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.133

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Pertiwi, K. S. (2020). Hasil Kemampuan Empati Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media E-Bigbook. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 156. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27335.

Pertiwi, Komang Sukma. (2020). Hasil Kemampuan Empati Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media E-Bigbook. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 156–166. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27335. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27335

Pratiwi, R. I. M., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika Kelas II SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 85–94. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220

Pudyastuti, A. T., & Budiningsih, C. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada Guru PAUD Selama Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1667–1675. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.873. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.873

Purnamasari, Y. M., & Wuryandani, W. (2019). Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273

Putriningsih, N. K., & Putra, M. (2021). Media Pop-Up Book Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Muatan Pelajaran PPKn Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 131–139. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686

Rahayuningsih, S. (2020). Animation media of animal husbandry thematic science learning to stimulate scientific attitude in early childhood. International Journal of Scientific and Technology Research. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959 Article Metrics. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959

Ruddamayanti. (2019). Pemanfaatan Buku Digital dalam Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2, 1193–1202. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2750/2550.

Santoso, A. G., Maryono, D., & Sucipto, T. L. A. (2019). Zmart Photoshop : Buku Digital Sebagai Media Penunjang Mata Pelajaran Pengolahan Citra Digital Siswa Kelas Xi Jurusan Multimedia di SMK N 1 Karanganyar. Journal of Informatics and Vocational Education, 2(2), 60–74. https://doi.org/10.20961/joive.v2i2.35742. DOI: https://doi.org/10.20961/joive.v2i2.35742

Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. (2019). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 19– 28. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p19-28. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p19-28

Sinta, N. A. K., Astawan, I. G., & Suarjana, I. M. (2021). Belajar Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya dengan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 211–219. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35919. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35919

Siregar, B. H., Kairuddin, Mansyur, A., & Siregar, N. (2021). Development of Digital Book in Enhancing Students’ Higher-Order Thinking Skill. Journal of Physics: Conference Series, 1819(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1819/1/012046. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1819/1/012046

Siwi, E. F., & Setiawan, Y. (2021). Pengembangan Buku Cegahan IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2220–2230. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1157. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1157

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembeajaran. Universitas Pendidikan Ganesha, January 2016, 1–17. https://www.researchgate.net/publication/335541585%0AEvaluasi.

Sukarini, K., Bagus, I., & Manuaba, S. (2021). Video Animasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347

Sumiati, N. K, & Tirtayani, L. A. (2021). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 220–230. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514.

Sumiati, Ni Ketut, & Tirtayani, L. A. (2021). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 220. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514

Suprapto, E., Apriandi, D., & Pamungkas, I. P. (2019). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Animasi Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 124–130. https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.4089. DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.4089

Suroiha, L., Dewi, G. K., & Wibowo, S. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 516–523. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1856. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1856

Tambunan, L. R., & Sundari, E. (2020). Pengembangan Buku Digital Pada Materi Persamaan Garis Singgung Lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1184. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3084. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3084

Tegeh. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidiakn Universitas Pendidikan Ganesha.

Utami, F., Rukiyah, R., & Andika, W. D. (2021). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality pada Materi Mengenal Binatang Laut. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1718–1728. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.933. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.933

Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, E. (2021). Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 654–664. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692

Yusnia, Y. (2019). Penggunaan Media Video Scribe Dalam Pembelajaran Literasi Sains Untuk Mahasiswa PGPAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 71–75. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Meliyani, K., & Tirtayani, L. A. (2022). Buku Digital Berbasis Literasi pada Tema Binatang untuk Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 99–110. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47182

Issue

Section

Articles