Media Pembelajaran Flipbook Interaktif Bahasa Bali Tema Lingkunganku untuk Anak Usia Dini

Authors

  • Ni Komang Cintya Dewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Luh Ayu Tirtayani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.49245

Keywords:

Video, Interaktif, Alam Semesta

Abstract

Minimnya penggunaan media dalam proses pembelajaran daring membuat proses pembelajaran kurang efektif. Kurangnya pengetahuan guru mengenai teknologi berdampak pada minimnya media yang bisa digunakan pada pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan rancang bangun dan mengetahui validitas media pembelajaran flipbook interaktif bahasa Bali tema lingkunganku pada anak usia dini. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 3 ahli, yaitu ahli isi pembelajaran, ahli desain dan media pembelajaran pada uji validitas serta 3 orang anak pada uji perorangan dan 5 orang anak pada uji kelompok kecil. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriftif kualitatif dan deskriftif kuantitatif. Hasil uji validitas oleh ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil secara berturut-turut memperoleh skor 86,67% dengan kualifikasi baik, 82,5% dengan kualifikasi baik, 87,5% dengan kualifikasi baik, 93% dengan kualifikasi sangat baik dan 95% dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook interaktif bahasa Bali tema lingkunganku layak digunakan pada proses pembelajaran. Implikasi dalam penelitian ini yaitu dapat menambah variasi media pembelajaran di masa daring maupun luring dan dapat memberikan anak pengalaman belajar yang lebih baik.

References

Adea, A. J. N., Wati, E. K., & Wijaya, I. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Budaya Jawa Untuk Menstimulasi Kesantunan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Efektor, 8(2), 154–166. https://doi.org/10.29407/e.v8i2.16234. DOI: https://doi.org/10.29407/e.v8i2.16234

Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2020). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 284. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301

Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300

Apriliani, E. I., Purwanti, K. Y., & Riani, R. W. (2020). Peningkatan Kesantunan Bahasa Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Interaktif Budaya Jawa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.319. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.319

Apriliani, E., Nurhasanah, A., & Hakim, Z. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD. 3, 233–239. https://doi.org/10.26858/jkp.v4i3.14934. DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v4i3.14934

Apriyani, R., Sumarni, S., & Rukiyah, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Tema Alam Semesta Untuk Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 110–124. https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.11004. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.11004

Ardiana, R. (2021). Implementasi Media Pembelajaran pada Kecerdasan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 20–27. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.47. DOI: https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.47

Arumsari, A. D., Arifin, B., & Rusnalasari, Z. D. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di Kec Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 133. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3575. DOI: https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3575

Aryani, N. W., & Ambara, D. P. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 252. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043

Asmah, A.-, & Wulandari, T. C. (2018). Pengembangan Permainan Mahkota Berteman Untuk Pembelajaran Mengenalkan Konsep Dan Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(2), 53–67. https://doi.org/10.24903/jw.v2i2.196. DOI: https://doi.org/10.24903/jw.v2i2.196

Ayu, N. K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Media Pembelajaran Zoolfabeth Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 194. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35498. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35498

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Cahyati, N., Syafdaningsih, S., & Rukiyah, R. (2018). Pengembangan Media Interaktif Dalam Pengenalan Kata Bermakna Pada Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 160–170. https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.11339. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.11339

Damayanti, A. N., & Raharjo, R. (2020). Validitas Flipbook Interaktif pada Materi Sistem Pernapasan Manusia untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(3), 443–450. https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n3.p443-450. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n3.p443-450

Darmuki, A.-. (2020). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map Pada Mahasiswa Kelas IA PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 263–276. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4687. DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4687

Dewi, N. P. A. P., & Agung, A. A. G. (2021). Game Education Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 149. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35439. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35439

Dini, J. P. A. U. (2022). Optimalisasi Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3242–3252. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2327. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2327

Diputra, K. S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 125. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8475. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8475

Fardiah, Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254

Fauziyah, R. (2018). Pemanfaatan Kardus Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memperkenalkan Tempat Ibadah Pada Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 126–133. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10506. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10506

Febiharsa, D., & Djuniadi, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1), 75. https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590. DOI: https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590

Hasanah, N. I., & Ulya, N. (2020). Strategi Pengenalan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Di Tk Santa Maria Banjarmasin. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 57–68. https://doi.org/10.24903/jw.v5i2.525. DOI: https://doi.org/10.24903/jw.v5i2.525

Hendrianti, S. D., Hidayat, S., & Suherman, S. (2021). Pengembangan Media E-Booklet Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker pada Materi Identifikasi Karir Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 178. https://doi.org/10.33394/jtp.v6i2.4089. DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v6i2.4089

Hs, A. I., & Suriningsih, W. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Roda Putar Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Di Taman Kanak - Kanak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 291–303. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.11381. DOI: https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.11381

HT, S., & Abdussahid, A. (2020). Metode Pengembangan Pembelajaran Bahasa Dalam Penguatan Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 1(2), 198–206. https://doi.org/10.52266/pelangi.v1i2.343. DOI: https://doi.org/10.52266/pelangi.v1i2.343

Juliasnyah, W. A., Suryani, N., & Sutimin, L. A. (2016). Matematika dalam Multimedia Flipbook: Kreatifitas Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Siswa. Teknodika, 14(1), 51. https://doi.org/10.20961/teknodika.v14i1.34701. DOI: https://doi.org/10.20961/teknodika.v14i1.34701

Kurniasih, E., Masduki, L. R., & Agustina, D. A. (2016). Pengembangan Media Kocerin (Kotak Cerdas Interaktif) Dalam Pembelajaran Dasar-Dasar Sains Pada Jenjang Paud. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1–6. https://doi.org/10.26877/paudia.v5i2.1185. DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v5i2.1185

Mitra, D., & Purnawarman, P. (2019). Teachers’ Perception Related to the Implementation of Curriculum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564. DOI: https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564

Munawaroh, H., Fauziddin, M., Haryanto, S., Widiyani, A. E. Y., Nuri, S., El-Syam, R. S., & Hidayati, S. W. (2022). Pembelajaran Bahasa Daerah melalui Multimedia Interaktif pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4057–4066. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1600. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1600

Munawaroh, H., Widiyani, A. Y. E., & Muntaqo, R. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Alam Semesta pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi, 5(2), 1164 – 1172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.619. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.619

Nirwana, E. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Android untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1811–1818. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1684. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1684

Novitawati, & Anggreani, C. (2021). Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Bermuatan Budaya Lokal Tepian Sungai pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 220 – 230. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.767. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.767

Oktapiani, N. P. G., Asril, N. M., & Wirabrata, I. D. G. F. (2021). Upaya Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Dengan Media Wayang Melalui Video Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 285. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37466. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37466

Poerwati, C. E., & Cahaya, I. M. E. (2018). Project-Based Drawing Activities in Improving Social-Emotional Skills of Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 183. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.114. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.114

Pratiwi, N. K. A., & Tirtayani, L. A. (2021). Multimedia Interaktif Sub Tema Profesi untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 186. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35362. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35362

Priatna, D. (2018). Meningkatkan Kapasitas Belajar Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Interaktif Kreatif Dan Edukatif. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 90–97. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10502. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10502

Ritonga, R. S., Syahputra, Z., Arifin, D., & Sari, I. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Board Berbasis Augmented Reality Untuk Pengenalan Hewan Pada Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(1), 40–46. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.13418. DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.13418

Rohayati, E. (2018). Pengembangan Bahasa Ibu (Bahasa Sunda) Yang Berkarakter Untuk Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1–7. https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10337. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10337

Sa’diyah, K. (2021). Pengembagan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Untuk Mempermudah Pembelajaran. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1298–1308. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.561. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.561

Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2819–2826. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012

Silawati, E. (2018). Stimulasi Guru Pada Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 16. https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10334. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10334

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha. https://www.researchgate.net/publication/335541585_Evaluasi_dan_Kriteria_Kualitas_Multimedia_Pembeajaran.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413

Susantini, N. L. P., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 439. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37606. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37606

Tri Widyahening, C. E., & Sufa, F. F. (2021). Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Bingo Game bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1135–1145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1638. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1638

Valentina, N. P. D., & Sujana, I. W. (2021). Video Pembelajaran Animasi Berbasis Role Playing Tema Profesi pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 231. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35640. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35640

Wati, S. G., Mustika, A., Saputra, A., Estuhono, E., Apreasta, L., & Rahmadani, R. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Sentra Tema Alam Semesta Subtema Gejala Alam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4049–4056. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2520. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2520

Windayana, H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif, Kreatif, Dan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10492. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10492

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

Ni Komang Cintya Dewi, & Luh Ayu Tirtayani. (2022). Media Pembelajaran Flipbook Interaktif Bahasa Bali Tema Lingkunganku untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2), 217–227. https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.49245

Issue

Section

Articles