Coping Strategy Orang Tua dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar Dari Rumah

Authors

  • Yosefine Evigia Ayu Palupi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Luh Ayu Tirtayani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.49389

Keywords:

Copying Strategy, Daring, Orang tua

Abstract

Adanya pandemic Covid-19 menyebabkan orangtua harus mendampingi anaknya dalam melaksanakan pembelajaran daring. Pandemi menyebabkan kurangnya semangat anak dan kurangnya kemampuan orang tua dalam mendampingi belajar anak serta pembagian waktu dalam bekerja dan membimbing anak belajar, sehingga orang tua menjadi kewalahan dan tertekan dengan tantangan dalam menerapkan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan coping strategy yang digunakan orangtua dalam mendampingi anak usia dini belajar dari rumah. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 pasang orangtua siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa orangtua dalam mendampingi anak usia dini belajar dari rumah lebih dominan menggunakan bentuk coping strategy yang berpusat pada masalah, sedangkan emotional focused coping muncul ketika orangtua membutuhkan dukungan dari lingkungan terdekat. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa dalam mendampingi anak usia dini belajar dari rumah, orangtua lebih dominan menggunakan bentuk coping strategy yang berfokus pada masalah dibandingkan dengan emotional focused coping. Implikasi penelitian ini yaitu hasil penelitian dapat digunakan sebagai refrensi mengenai coping strategy orang tua dalam mendampingi anak usia dini pada pelaksanaan pembelajaran daring.

References

Andriyani, J. (2019). Strategi Coping Stres Dalam Mengatasi Problema Psikologis. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 37. https://doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6527. DOI: https://doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6527

Anggraeni, R. N., Fakhriyah, F., & Ahsin, M. N. (2021). Peran orang tua sebagai fasilitator anak dalam proses pembelajaran online di rumah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 105. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.105-117. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.105-117

Chan, P. C. F., Tsang, C. T. W., Tse, A. C. Y., C.H.Wong, C., Tang, H. N., & Law, W. Y. (2022). Psychological Well-being and Coping Strategies of Healthcare Students During The Prolonged COVID-19 Pandemic. Teaching and Learning in Nursing. https://doi.org/10.1016/j.teln.2022.05.008. DOI: https://doi.org/10.1016/j.teln.2022.05.008

Cheng, K.-T., & Chang, K. (2022). The efficacy of stress coping strategies in Taiwan’s public utilities during the COVID-19 pandemic. Utilities Policy, 79, 101431. https://doi.org/10.1016/j.jup.2022.101431. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jup.2022.101431

Chusna, P. A., & Utami, A. D. M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Anak Usia Sekolah Dasar. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 11–30. https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.84. DOI: https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.84

Clabaugh, A., Duque, J. F., & Fields, L. J. (2021). Academic Stress and Emotional Well-Being in United States College Students Following Onset of the COVID-19 Pandemic. Frontiers in Psychology, 12(March). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.628787. DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.628787

Hidayat, M. F., & Zakwan, A. (2021). Coping Stress Pada Ibu Yang Bekerja Dalam Membimbing Anak Belajar Di Rumah Selama Pandemi Covid. Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(2), 138–145. https://doi.org/10.31604/jips.v8i2.2021.138-145.

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256 DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2019). Penanaman Pendidikan Karakter pada Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.106. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.106

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Listyanti, H., & Wahyuningsih, R. (2020). Manajemen stres orangtua selama mendampngi pembelajaran daring. Kajian Keislaman Multi-Perspektif IAIN : Surakarta, 1(1). https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3256. DOI: https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3256

Lutfia, N. H. H., Ramadhia, U., & Purna, R. S. (2020). Strategi coping stress saat kuliah daring pada mahasiswa psikologi angkatan 2019 Universitas Andalas. Jurnal Psikologi Tabularasa, 15(1), 29–43. https://doi.org/10.26905/jpt.v15i1.4829. DOI: https://doi.org/10.26905/jpt.v15i1.4829

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55. DOI: https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55

Muthalib, A., Juliana, J., Wijayanti, D., & Syahputri, P. (2021). Pengaruh Covid 19 Bagi Pendidikan Anak Usia Dini Di Kaitkan Dengan Hadist Menuntut Ilmu Di Tk Islam Najmah Rugayah Darus Medan Helvetia. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 8(1), 9–21. https://doi.org/10.54069/atthiflah.v8i1.120. DOI: https://doi.org/10.54069/atthiflah.v8i1.120

Ni’mah, U., & Setyawan, D. A. (2021). Online Learning : Analisis Faktor Penuruanan Disiplin Peserta Didik Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Paedagogia, 10(1), 33–48. https://doi.org/doi.org/10.24239/pdg.Vol10.Iss1.134.

Pertiwi, L. K., Febiyanti, A., & Rachmawati, Y. (2021). Keterlibatan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 19–30. https://doi.org/10.17509/cd.v12i1.26702. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v12i1.26702

Poerwati, C. E., & Cahaya, I. M. E. (2018). Project-Based Drawing Activities in Improving Social-Emotional Skills of Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 183. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.114. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.114

Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1741–1753. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970

Rosidah, N. S. (2021). Strategi Management Stress Orangtua Selama Mendampingi Anak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling UNIVERSITAS PATTIMURA, 1(1), 140–148.

Siddiqi, H., Sudirman, S., & Turmuzi, M. (2021). Strategi Orang Tua Membimbing Anak Belajar dari Rumah pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 638–643. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.311. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.311

Sizeh, N., Alfianto, A. G., & Ramadhani, R. (2021). Hubungan Pendampingan Pembelajaran Online dengan Tingkat Stres pada Orang Tua Selama Pandemi Covid 19. Media Husada Journal of Nursing Science, 2, 21–27. https://doi.org/10.33475/mhjns.v2i2.44.

Styowati, E., & Utami, F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Sains Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Din, 4, 2472–2482. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1970. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1970

Sulastri, A., & Masriqon, M. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4109–4119. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1504. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1504

Susantyo, B., Rahman, A., Erwinsyah, R. G., As’adhanayadi, B., Nainggolan, T., Delfirman, D., Irmayani, N. R., & Arifin, J. (2020). Pemetaan strategi coping keluarga penerima manfaat program keluarga harapan menghadapi wabah COVID-19 di Kota Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang Selatan. Puslitbangkesos Kementerian Sosial RI bekerjasama P3KS Press Gedung Cawang Kencana Lt. 2.

Susilowati, E., & Azzasyofia, M. (2020). The Parents Stress Level in Facing Children Study From Home in the Early of COVID-19 Pandemic in Indonesia. International Journal of Science and Society, 2(3), 1–12. https://doi.org/10.54783/ijsoc.v2i3.117. DOI: https://doi.org/10.54783/ijsoc.v2i3.117

Sutini. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Mitra Guru Dalam Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid – 19. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(2), 29–35. https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i2.127. DOI: https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i2.127

Tsalisah, N. H., & Syamsudin, A. (2022). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Proses Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2391–2403. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1958. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1958

Wiguna, I. B. A. A., & Ekaningtyas, N. L. D. (2021). Strategi Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar Daring Di Rumah. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 86. https://doi.org/10.25078/pw.v6i1.2141. DOI: https://doi.org/10.25078/pw.v6i1.2141

Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941

Yuhenita, N. N., & Indiati, I. (2021). Tingkat Resiliensi Orang Tua dalam Mendampingi Anak Sekolah dari Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 5(6), 5336–5341. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1583. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1583

Yulianti, Y., & Ricky, D. P. (2022). Tingkat Stres Ibu Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring Anak Selama Masa Pandemi Covid-19. Nutrix Journal, 6(1), 35. https://doi.org/10.37771/nj.vol6.iss1.793. DOI: https://doi.org/10.37771/nj.Vol6.Iss1.793

Zahroh, F., Habibi, M., Rachmayani, I., & Suarta, I. N. (2022). Strategi Orang Tua dalam Menangani Gejala Stres pada Anak TK B Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47134. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47134

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

Yosefine Evigia Ayu Palupi, & Luh Ayu Tirtayani. (2022). Coping Strategy Orang Tua dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar Dari Rumah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2), 274–282. https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.49389

Issue

Section

Articles