Media Visualisasi Auditori Kinestetik (VAK) Terpadu untuk Stimulasi Keaksaraan Awal Anak

Authors

  • Made Vina Arie Paramita Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Nunuk Trisukma Aceh Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Angelina Sonia Iju Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v10i3.53172

Keywords:

Visualisasi auditori kinestetik, Keaksaraan awal, Anak

Abstract

Kurangnya media yang digunakan guru dalam merangsang kemampuan keaksaraan anak berdampak pada rendahnya minat serta aktifitas belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui apakah ada pengaruh media visual auditori kinestetik (VAK) pada pelajaran keaksaraan awal anak. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif model Pre Experimental Design dengan penelitian One Group Pretest-Posttest Design.  Subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 anak usia dini. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunkan metode angket, dengan instrument penelitian berupa lembar tes praktik. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis menggunakan analisis data kuantitatif dan data kualitataif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas berapa pada kualifikasi sangat baik dengan skor 95% uji ahli media, 89% ahli materi dapat disimpulkan Media Visualisasi Auditori Kinestetik (VAK) Terpadu dinyatakan layak digunakan. Hasil posttest menunjukkan 88% dari hasil Uji Paired Sample T-test diperoleh hasil media Visualisasi Auditori Kinestetik (VAK) Terpadu dapat berpengaruh pada keaksaraan awal anak usia dini. Disimpulkan bahwa media Visualisasi Auditori Kinestetik (VAK) Terpadu dapat meningkatkan keaksaraan awal anak usia dini.

References

Agustini, D. R., & Masudah. (2020). Pengaruh media dadu putar terhadap kemampuan keaksaraan anak kelompok B. Jurnal PAUD Teratai, 9(1), 1–14. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai.

Aprilianti, R., & Septiani, S. (2021). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 5(2). https://doi.org/10.29408/jga.v5i02.3962.

Azzahrah, R., Magdalena, I., Fauziah, A., & Nur Azizah, F. (2021). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 157–163. https://doi.org/10.36418/cerdika.v1i2.26.

Binsa, U., & Khasanah, U. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Dengan Metode Teka-Teki Bergambar Di RA Ar-Romaliyah Dusun Slumbung Desa Padas Tahun Pelajaran 2021/2022. Kurikula : Jurnal Pendidikan, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.56997/kurikula.v7i1.660.

Faradiba, Y., Jahja, Y., & Khasanah, A. (2022). Strategi Pengelolaan Sekolah di Taman Kanak-Kanak Melalui Realitas Sosial. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(10), 870–878. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i3.654.

Farizi, Z. Al, Sulisworo, D., Sahlan, S., Fitriani, N., & Abdullah, A. (2022). Media Animasi Powtoon dengan Model VAK (Visual Auditory Kinestetic) Pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Induktif Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(2), 227–232. https://doi.org/10.26877/jp2f.v13i2.12189.

Febrilyani, W. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Visual-Auditory-Kinesthetic (VAK) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 2(2), 102. https://doi.org/10.33603/cjiipd.v2i2.2244.

Fitra, A. M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Anak Melalui Berbagai Metode Dengan Kegiatan Yang Bervariasi Pada Kelompok B Ra Al-Fityah Pekanbaru. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), 1. https://doi.org/10.24014/kjiece.v1i1.5490.

Hariyani, N., & Sejati, V. A. (2019). Pengembangan Rumah Baca di Pedesaan Dengan Fleming Model (VAK). Jurnal Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 20(2), 85–90. https://doi.org/10.33319/sos.v20i2.45.

Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir, 5(4). https://doi.org/10.36294/pionir.v5i4.1290.

Labu, N. (2021). Analisis Karakteristik Gaya Belajar Vak (Visual, Auditorial, Kinestetik) Siswa Kelas X SMAK St. Petrus Ende Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 1(1), 1–21. https://doi.org/10.52110/jppak.v1i1.3.

Layla, M., Zola, A., Fitri, D. S., Puspita, E., Three, E., Ridwan, M., Arhafizh, M., Nuraida, N., Octaviani, S., Lisnawati, L., Safina, S., & Mahindra, Y. (2022). Metode Visual, Auditorial dan Kinestetik dalam Meningkatkan Mutu Belajar Anak Suku Laut Kawal Pantai. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau, 2(2), 118–125. https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v2i2.441.

Listriani, A., Hapidin, H., & Sumadi, T. (2020). Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 591. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.680.

Maryanti, S., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Pada Kelompok B Tk Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 22–31. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.22-31.

Nabela, D., Kasiyun, S., Rahayu, D. W., & Akhwani, A. (2021). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Berprestasi selama Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2653–2663. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1301.

Ningrat, S. P., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140.

Ningtyas, N. P. D. R., Tegeh, I. M., & Antara, P. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 120. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28967.

Nuraini, B. T., & Agung, A. A. G. (2022). Video Cerita Bergambar Digital Pada Tema Tumbuhan Sub Tema Sayuran Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2), 173–182. https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.48754.

Nurhamza, A. M. S., Sulasteri, S., & Sriyanti, A. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Alauddin Journal of Mathematics Education, 1(1), 42. https://doi.org/10.24252/ajme.v1i1.10933.

Nurlianharkah, R., Rahmawati, I. Y., & Kristiana, D. (2022). Implementasi Metode Cantol Roudhoh Berbasis Modul Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Paedagogy, 9(4), 877. https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5654.

Partami, I. A. M., & Sujana, I. W. (2021). Keterampilan Mengajar Guru PAUD dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 167. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35068.

Patissera, A. La, Antara, P. A., & Ujianti, P. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Mimbar Ilmu, 24(2), 221. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21263.

Rahmawati, H., & Muhroji, M. (2022). Gaya Belajar Peserta Didik Usia Dini Berprestasi Akademik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6384–6394. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3176.

Rahmi, M. N., & Samsudi, M. A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sesuai dengan karakteristik Gaya Belajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 355–363. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.439.

Ramadanti, E., & Arifin, Z. (2021). Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Kartu Bergambar bagi Anak Usia Dini dalam Bingkai Islam dan Perspektif Pakar Pendidikan. Jurnal of Islamic Early Childhood Education, 4(2). https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12245.

Ravenilia, R., Wahyudin, W., & Annisa, R. (2020). Rancang Bangun Multimedia Pembelajaran Berbasis Adventure Game Dengan Model VAK Untuk Pemahaman Siswa SMK Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. Jurnal Guru Komputer, 1(1), 11–18. https://ejournal.upi.edu/index.php/JGrKom/article/view/27161.

Risnawati, Amir, Z., & Sari, N. (2018). The development of learning media based on visual, auditory, and kinesthetic (VAK) approach to facilitate students’ mathematical understanding ability. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012129.

Rizkita, F. (2022). Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Anak Usia Dini melalui Berbagai Media Pembelajaran. Journal Psychology And Child Development, 2(1). https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v2i01.156.

Rusmiyati. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) dapat Memotivasi Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran di SDN Papungan 1 Kecamatan Pitu, Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Merdeka Mengajar, III(1), 76–82. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JMM/article/view/1180.

Sakdiah. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak TPA Dengan Menggunakan Kartu Kata Bergambar. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 3(1), 53–60. https://doi.org/10.3061/dedikasi.v3i1.115

Sari, F. A., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Awal Melalui Sandpaper Letter Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 8(1), 1. https://doi.org/10.20961/kc.v8i1.31894.

Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniawati, L., & Karsa, D. (2020). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582.

Sugiantiningsih, I. A., & Antara, P. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15728.

Sugiati, S., Hajerah, H., & Hafsah, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Melalui Kegiatan Bermain Kartu Huruf TK Muslimat Nu 5 Kartini Turen Kab. Malang Jawa Timur. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.31970/pendidikan.v4i2.422.

Suryantini, N. W. N., Wiarta, I. W., & Manuaba, I. B. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V5i2.10636.

Ulin Nuha, I., Abdul Lathief, M., & Yuliati, N. (2020). Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (Tpack) Calon Guru PAUD Angkatan Tahun 2015 di Universitas Jember. Jurnal Edukasi, 7(2), 13. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i2.22674.

Wahidah, A. S., Mulyana, E. H., & Yasbiati, Y. (2019). Pengembangan Model Bercerita Berbasis Vak Untuk Memfasilitasi Kemampuan Menyimak Anak Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 1(1), 69–77. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.363.

Wahyuni, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5840–5849. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3202.

Downloads

Published

2022-12-24

How to Cite

Made Vina Arie Paramita, Nunuk Trisukma Aceh, & Angelina Sonia Iju. (2022). Media Visualisasi Auditori Kinestetik (VAK) Terpadu untuk Stimulasi Keaksaraan Awal Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(3), 432–439. https://doi.org/10.23887/paud.v10i3.53172

Issue

Section

Articles