Kepercayaan Diri, Keterampilan Sosial dan Emosional Anak; Studi Korelasional dan Stimulasi
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.54350Keywords:
Kepercayaan Diri, Sosial, Emosional, AnakAbstract
Kepercayaan diri, keterampilan sosial dan keterampilan emosional merupakan aspek yang perlu dikembangakn sedini mungkin bagi seorang manusia. Fitrah sebagai makhluk sosial, yang pasti akan berinteraksi, meniscayakan manusia untuk dapat percaya diri, memiliki perkembangan sosial dan emosional yang cemerlang. Tujuan penelitian adalah untuk melihat kekuatan hubungan kepercayaan diri dengan keterampilan sosial dan keterampilan emosional anak. Pendekatan penelitian melalui studi korelasional yang mempelajari bentuk dan kekuatan hubungan dari kepercayaan diri, keterampilan sosial dan keterampilan emosional anak. Sampel penelitian berjumlah 77 anak usia 5-6 tahun. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi yang diisi oleh guru untuk melihat kepercayaan diri, keterampilan sosial dan keterampilan emosional anak. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi kepercayaan diri anak dan keterampilan sosial anak signifikan, positif dan kuat. Selanjutnya, koefisien korelasi kepercayaan diri anak dan keterampilan emosional anak signifikan, positif dan kuat. Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kepercayaan diri berhubungan kuat dan positif terhadap keterampilan sosial dan emosional anak, sehingga variabel kepercayaan diri dapat dijadikan menjadi prediksi dan informasi akan bentuk stimulasi yang diberikan untuk memaksimalkan kepercayaan diri, keterampilan sosial dan keterampilan emosional anak.
References
Anggara, A. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Untuk Meningkatkan Kognitif dan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Teologi Berita Hidup, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.38189/jtbh.v2i1.18. DOI: https://doi.org/10.38189/jtbh.v2i1.18
Baer, C., Malik, P., & Odic, D. (2021). Are children’s judgments of another’s accuracy linked to their metacognitive confidence judgments? Metacognition and Learning, 16(2), 485–516. https://doi.org/10.1007/s11409-021-09263-x. DOI: https://doi.org/10.1007/s11409-021-09263-x
Beaudoin, M.-J., Poirier, N., & Nader-Grosbois, N. (2022). Relationships Between Mother–Child Conversations About Emotion and Socioemotional Development of Children with Autism Spectrum Disorder. Journal of Autism and Developmental Disorders, 52(9), 4022–4034. https://doi.org/10.1007/s10803-021-05267-3. DOI: https://doi.org/10.1007/s10803-021-05267-3
Chan, C. K. Y., Luo, J., Lee, K. K. W., Wong, H. Y. H., & Liu, E. K. Y. (2020). What are the Essential Characteristics for Curriculum Design to Engage Asian Students in Developing Their Self-Confidence? Curriculum and Teaching, 35(2), 25–44. https://doi.org/10.7459/ct/35.2.03. DOI: https://doi.org/10.7459/ct/35.2.03
Fransisca, R., Wulan, S., & Supena, A. (2020). Meningkatkan Percaya Diri Anak dengan Permainan Ular Tangga Edukasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 630. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.405. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.405
Gutiawati, T. A., & Wulansari, B. Y. (2022). Pengembangan Tema Budaya Lokal Ponoragan Untuk Membentuk Karakter Cinta Tanah Air Dalam Kurikulum PAUD. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2), 167–181. https://doi.org/10.24269/dpp.v10i2.4050. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v10i2.4050
Kastanja, J., & Watini, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi Asyik dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Kelompok A1 TK Negeri Pembina Nasional. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2636–2639. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.735. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.735
Laily, I., & Chandra, R. D. A. (2021). Kajian Wacana Dampak Penggunaan Gadget (Gawai) Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 35–44. https://doi.org/10.24903/jw.v6i1.679. DOI: https://doi.org/10.24903/jw.v6i1.679
Lalit, G., Hailah, A. A.-K., & Himani, G. (2020). Evaluation of the reading habits of Indian students (reading aloud and reading silently) from low, middle and high class schools. Educational Research and Reviews, 15(2), 41–51. https://doi.org/10.5897/ERR2019.3760. DOI: https://doi.org/10.5897/ERR2019.3760
Lilianti, L., Rosida, W., Adam, A., Said, H., Kabiba, K., Arfin, A., & Junaidin, J. (2021). Manajemen Pembelajaran dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 7191–2200. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1151. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1151
Lohbeck, A. (2018). Self-concept and self-determination theory: math self-concept, motivation, and grades in elementary school children. Early Child Development and Care, 188(8), 1031–1044. https://doi.org/10.1080/03004430.2016.1241778. DOI: https://doi.org/10.1080/03004430.2016.1241778
Ma’arif, N. N., & Zulia, M. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini: Studi Siswa Kelompok Bermain Permata Hati Desa Dungus Gresik. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 8(1), 30–66. https://doi.org/10.54069/atthiflah.v8i1.122. DOI: https://doi.org/10.54069/atthiflah.v8i1.122
Ma’rifattullah, I. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Kepercayaan Diri Karyawan Terhadap Kecemasan Isu Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) Pada Karyawan. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(3), 408–413. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i3.4101. DOI: https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i3.4101
Machmud, H., Alim, N., & Ulviya, L. (2020). Keterampilan Sosial Anak Suku Bajo di Sulawesi Tenggara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 787. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.459. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.459
Maulina, A., & Kusumawardani, D. (2021). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Keyakinan Diri Mahasiswa Dalam Belajar Praktik Tari Gunungsari Gaya Surakarta. Jurnal Pendidikan Tari, 2(01), 26–36. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpt/article/download/20427/10446.
Mayenti, N. F., & Sunita, I. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Di PAUD dan TK Taruna Islam Pekanbaru. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 9(1), 208–213. https://doi.org/10.37859/jp.v9i1.1092. DOI: https://doi.org/10.37859/jp.v9i1.1092
Munawaroh, H., Imroatun, I., & Ibrohim, B. (2020). Upaya Peningkatan Rasa Percaya Diri AUD Melalui Kegiatan Bernyanyi Di Depan Kelas. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 133. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v4i2.2444. DOI: https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v4i2.2444
Ngura, E. T., Go, B., & Rewo, J. M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 118–124. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.94. DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.94
Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699
Nurhayati, S., Pratama, M. M., & Wahyuni, I. W. (2020). Perkembangan Interaksi Sosial Dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Congklak Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Buah Hati, 7(2), 125–137. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1146. DOI: https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1146
Nurmalasari, & Chairilsyah. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7477–7483. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2173. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2437
Perdina, S., Safrina, R., & Sumadi, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Sosial melalui Bermain Kartu Estafet pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 440. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.222. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.222
Poortvliet, M. van. (2021). Inequality in skills for learning: do gaps in children’s socio-emotional development widen over time according to family background? Oxford Review of Education, 47(4), 455–474. https://doi.org/10.1080/03054985.2020.1862778. DOI: https://doi.org/10.1080/03054985.2020.1862778
Rachman, S. P. D., & Cahyani, I. (2019). Perkembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 52–65. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5312. DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5312
Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502
Reaves, S., Martinez-Torteya, C., & Kosson, D. S. (2022). Understanding the Relation Between Family Engagement in Education and Preschoolers’ Socioemotional and Behavioral Functioning in a Primarily Latinx Sample. Urban Education, 57(4), 630–661. https://doi.org/10.1177/0042085920974073. DOI: https://doi.org/10.1177/0042085920974073
Saihu, M. (2022). Intensifikasi Kecerdasan Emosional Anak Introvert Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Pada Pendidikan Dasar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 1063. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.3178. DOI: https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.3178
Salomone, E., Settanni, M., Ferrara, F., & Salandin, A. (2019). The Interplay of Communication Skills, Emotional and Behavioural Problems and Parental Psychological Distress. Journal of Autism and Developmental Disorders, 49(11), 4365–4374. https://doi.org/10.1007/s10803-019-04142-6. DOI: https://doi.org/10.1007/s10803-019-04142-6
Schroeders, U., & Jansen, M. (2022). Science Self-Concept – More than the Sum of Its Parts? The Journal of Experimental Education, 90(2), 435–451. https://doi.org/10.1080/00220973.2020.1740967. DOI: https://doi.org/10.1080/00220973.2020.1740967
Shunhaji, A., & Fadiyah, N. (2020). Efektivitas Alat Peraga Edukatif (APE) Balok Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini. Journal of Islamic Education, 2(1), 1–30. https://doi.org/10.51275/alim.v2i1.157. DOI: https://doi.org/10.51275/alim.v2i1.157
Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05. DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05
Suryani, N. A. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Raba-Raba Pada PAUD Kelompok A. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 141–150. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.141-150. DOI: https://doi.org/10.33369/jip.4.2.141-150
Susilowati, R. (2018). Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 6(1), 145. https://doi.org/10.21043/thufula.v6i1.4806. DOI: https://doi.org/10.21043/thufula.v6i1.4806
Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792
Uzlah, U., & Suryana, D. (2022). Kompetensi Guru PAUD Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3921–3930. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2177. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2177
Wardani, I. K., Hafidah, R. ., & Dewi, N. K. (2021). Hubungan antara Peran Guru dengan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 9(4), 225. https://doi.org/10.20961/kc.v9i4.54845. DOI: https://doi.org/10.20961/kc.v9i4.54845
Wibawati, K. A., & Watini, S. (2022). Implementasi Reward Asyik dalam Meningkatkan Percaya Diri pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah 24 Kayu Putih Pulo Gadung Jakarta Timur. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3090–3095. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.811. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.811
Wijayanto, A. (2020). Peran Orangtua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 55–65. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i1.30263. DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v4i1.30263
Williams, M. E., Stein Duker, L. I., Vigen, C. L. P., Wylde, C., & Cermak, S. A. (2022). Brief Report: Caregiver Confidence in Reporting Anxiety Symptoms in Children with Autism Spectrum Disorder. Journal of Autism and Developmental Disorders, 52(8), 3727–3733. https://doi.org/10.1007/s10803-021-05210-6. DOI: https://doi.org/10.1007/s10803-021-05210-6
Wofford, A. M. (2021). Modeling the Pathways to Self-Confidence for Graduate School in Computing. Research in Higher Education, 62(3), 359–391. https://doi.org/10.1007/s11162-020-09605-9. DOI: https://doi.org/10.1007/s11162-020-09605-9
Young, E. S., Simpson, J. A., Griskevicius, V., Huelsnitz, C. O., & Fleck, C. (2019). Childhood attachment and adult personality: A life history perspective. Self and Identity, 18(1), 22–38. https://doi.org/10.1080/15298868.2017.1353540. DOI: https://doi.org/10.1080/15298868.2017.1353540
Yulianti, & Sulistyo, P. (2018). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Anak Usia Dini Bagi Guru-Guru Paguyuban POS PAUD di Wilayah Tlogomas. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 239–245. https://doi.org/10.21067/jpm.v3i1.2664. DOI: https://doi.org/10.21067/jpm.v3i1.2664
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Syukri Sitorus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)