Kepercayaan Diri, Keterampilan Sosial dan Emosional Anak; Studi Korelasional dan Stimulasi

Authors

  • Ahmad Syukri Sitorus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.54350

Keywords:

Kepercayaan Diri, Sosial, Emosional, Anak

Abstract

Kepercayaan diri, keterampilan sosial dan keterampilan emosional merupakan aspek yang perlu dikembangakn sedini mungkin bagi seorang manusia. Fitrah sebagai makhluk sosial, yang pasti akan berinteraksi, meniscayakan manusia untuk dapat percaya diri, memiliki perkembangan sosial dan emosional yang cemerlang. Tujuan penelitian adalah untuk melihat kekuatan hubungan kepercayaan diri dengan keterampilan sosial dan keterampilan emosional anak. Pendekatan penelitian melalui studi korelasional yang mempelajari bentuk dan kekuatan hubungan dari kepercayaan diri, keterampilan sosial dan keterampilan emosional anak. Sampel penelitian berjumlah 77 anak usia 5-6 tahun. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi yang diisi oleh guru untuk melihat kepercayaan diri, keterampilan sosial dan keterampilan emosional anak. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi kepercayaan diri anak dan keterampilan sosial anak signifikan, positif dan kuat. Selanjutnya, koefisien korelasi kepercayaan diri anak dan keterampilan emosional anak signifikan, positif dan kuat. Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kepercayaan diri berhubungan kuat dan positif terhadap keterampilan sosial dan emosional anak, sehingga variabel kepercayaan diri dapat dijadikan menjadi prediksi dan informasi akan bentuk stimulasi yang diberikan untuk memaksimalkan kepercayaan diri, keterampilan sosial dan keterampilan emosional anak.

References

Anggara, A. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Untuk Meningkatkan Kognitif dan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Teologi Berita Hidup, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.38189/jtbh.v2i1.18. DOI: https://doi.org/10.38189/jtbh.v2i1.18

Baer, C., Malik, P., & Odic, D. (2021). Are children’s judgments of another’s accuracy linked to their metacognitive confidence judgments? Metacognition and Learning, 16(2), 485–516. https://doi.org/10.1007/s11409-021-09263-x. DOI: https://doi.org/10.1007/s11409-021-09263-x

Beaudoin, M.-J., Poirier, N., & Nader-Grosbois, N. (2022). Relationships Between Mother–Child Conversations About Emotion and Socioemotional Development of Children with Autism Spectrum Disorder. Journal of Autism and Developmental Disorders, 52(9), 4022–4034. https://doi.org/10.1007/s10803-021-05267-3. DOI: https://doi.org/10.1007/s10803-021-05267-3

Chan, C. K. Y., Luo, J., Lee, K. K. W., Wong, H. Y. H., & Liu, E. K. Y. (2020). What are the Essential Characteristics for Curriculum Design to Engage Asian Students in Developing Their Self-Confidence? Curriculum and Teaching, 35(2), 25–44. https://doi.org/10.7459/ct/35.2.03. DOI: https://doi.org/10.7459/ct/35.2.03

Fransisca, R., Wulan, S., & Supena, A. (2020). Meningkatkan Percaya Diri Anak dengan Permainan Ular Tangga Edukasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 630. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.405. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.405

Gutiawati, T. A., & Wulansari, B. Y. (2022). Pengembangan Tema Budaya Lokal Ponoragan Untuk Membentuk Karakter Cinta Tanah Air Dalam Kurikulum PAUD. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2), 167–181. https://doi.org/10.24269/dpp.v10i2.4050. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v10i2.4050

Kastanja, J., & Watini, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi Asyik dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Kelompok A1 TK Negeri Pembina Nasional. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2636–2639. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.735. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.735

Laily, I., & Chandra, R. D. A. (2021). Kajian Wacana Dampak Penggunaan Gadget (Gawai) Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 35–44. https://doi.org/10.24903/jw.v6i1.679. DOI: https://doi.org/10.24903/jw.v6i1.679

Lalit, G., Hailah, A. A.-K., & Himani, G. (2020). Evaluation of the reading habits of Indian students (reading aloud and reading silently) from low, middle and high class schools. Educational Research and Reviews, 15(2), 41–51. https://doi.org/10.5897/ERR2019.3760. DOI: https://doi.org/10.5897/ERR2019.3760

Lilianti, L., Rosida, W., Adam, A., Said, H., Kabiba, K., Arfin, A., & Junaidin, J. (2021). Manajemen Pembelajaran dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 7191–2200. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1151. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1151

Lohbeck, A. (2018). Self-concept and self-determination theory: math self-concept, motivation, and grades in elementary school children. Early Child Development and Care, 188(8), 1031–1044. https://doi.org/10.1080/03004430.2016.1241778. DOI: https://doi.org/10.1080/03004430.2016.1241778

Ma’arif, N. N., & Zulia, M. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini: Studi Siswa Kelompok Bermain Permata Hati Desa Dungus Gresik. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 8(1), 30–66. https://doi.org/10.54069/atthiflah.v8i1.122. DOI: https://doi.org/10.54069/atthiflah.v8i1.122

Ma’rifattullah, I. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Kepercayaan Diri Karyawan Terhadap Kecemasan Isu Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) Pada Karyawan. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(3), 408–413. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i3.4101. DOI: https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i3.4101

Machmud, H., Alim, N., & Ulviya, L. (2020). Keterampilan Sosial Anak Suku Bajo di Sulawesi Tenggara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 787. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.459. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.459

Maulina, A., & Kusumawardani, D. (2021). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Keyakinan Diri Mahasiswa Dalam Belajar Praktik Tari Gunungsari Gaya Surakarta. Jurnal Pendidikan Tari, 2(01), 26–36. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpt/article/download/20427/10446.

Mayenti, N. F., & Sunita, I. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Di PAUD dan TK Taruna Islam Pekanbaru. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 9(1), 208–213. https://doi.org/10.37859/jp.v9i1.1092. DOI: https://doi.org/10.37859/jp.v9i1.1092

Munawaroh, H., Imroatun, I., & Ibrohim, B. (2020). Upaya Peningkatan Rasa Percaya Diri AUD Melalui Kegiatan Bernyanyi Di Depan Kelas. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 133. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v4i2.2444. DOI: https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v4i2.2444

Ngura, E. T., Go, B., & Rewo, J. M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 118–124. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.94. DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.94

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Nurhayati, S., Pratama, M. M., & Wahyuni, I. W. (2020). Perkembangan Interaksi Sosial Dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Congklak Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Buah Hati, 7(2), 125–137. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1146. DOI: https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1146

Nurmalasari, & Chairilsyah. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7477–7483. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2173. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2437

Perdina, S., Safrina, R., & Sumadi, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Sosial melalui Bermain Kartu Estafet pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 440. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.222. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.222

Poortvliet, M. van. (2021). Inequality in skills for learning: do gaps in children’s socio-emotional development widen over time according to family background? Oxford Review of Education, 47(4), 455–474. https://doi.org/10.1080/03054985.2020.1862778. DOI: https://doi.org/10.1080/03054985.2020.1862778

Rachman, S. P. D., & Cahyani, I. (2019). Perkembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 52–65. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5312. DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5312

Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502

Reaves, S., Martinez-Torteya, C., & Kosson, D. S. (2022). Understanding the Relation Between Family Engagement in Education and Preschoolers’ Socioemotional and Behavioral Functioning in a Primarily Latinx Sample. Urban Education, 57(4), 630–661. https://doi.org/10.1177/0042085920974073. DOI: https://doi.org/10.1177/0042085920974073

Saihu, M. (2022). Intensifikasi Kecerdasan Emosional Anak Introvert Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Pada Pendidikan Dasar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 1063. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.3178. DOI: https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.3178

Salomone, E., Settanni, M., Ferrara, F., & Salandin, A. (2019). The Interplay of Communication Skills, Emotional and Behavioural Problems and Parental Psychological Distress. Journal of Autism and Developmental Disorders, 49(11), 4365–4374. https://doi.org/10.1007/s10803-019-04142-6. DOI: https://doi.org/10.1007/s10803-019-04142-6

Schroeders, U., & Jansen, M. (2022). Science Self-Concept – More than the Sum of Its Parts? The Journal of Experimental Education, 90(2), 435–451. https://doi.org/10.1080/00220973.2020.1740967. DOI: https://doi.org/10.1080/00220973.2020.1740967

Shunhaji, A., & Fadiyah, N. (2020). Efektivitas Alat Peraga Edukatif (APE) Balok Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini. Journal of Islamic Education, 2(1), 1–30. https://doi.org/10.51275/alim.v2i1.157. DOI: https://doi.org/10.51275/alim.v2i1.157

Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05. DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05

Suryani, N. A. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Raba-Raba Pada PAUD Kelompok A. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 141–150. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.141-150. DOI: https://doi.org/10.33369/jip.4.2.141-150

Susilowati, R. (2018). Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 6(1), 145. https://doi.org/10.21043/thufula.v6i1.4806. DOI: https://doi.org/10.21043/thufula.v6i1.4806

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792

Uzlah, U., & Suryana, D. (2022). Kompetensi Guru PAUD Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3921–3930. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2177. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2177

Wardani, I. K., Hafidah, R. ., & Dewi, N. K. (2021). Hubungan antara Peran Guru dengan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 9(4), 225. https://doi.org/10.20961/kc.v9i4.54845. DOI: https://doi.org/10.20961/kc.v9i4.54845

Wibawati, K. A., & Watini, S. (2022). Implementasi Reward Asyik dalam Meningkatkan Percaya Diri pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah 24 Kayu Putih Pulo Gadung Jakarta Timur. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3090–3095. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.811. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.811

Wijayanto, A. (2020). Peran Orangtua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 55–65. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i1.30263. DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v4i1.30263

Williams, M. E., Stein Duker, L. I., Vigen, C. L. P., Wylde, C., & Cermak, S. A. (2022). Brief Report: Caregiver Confidence in Reporting Anxiety Symptoms in Children with Autism Spectrum Disorder. Journal of Autism and Developmental Disorders, 52(8), 3727–3733. https://doi.org/10.1007/s10803-021-05210-6. DOI: https://doi.org/10.1007/s10803-021-05210-6

Wofford, A. M. (2021). Modeling the Pathways to Self-Confidence for Graduate School in Computing. Research in Higher Education, 62(3), 359–391. https://doi.org/10.1007/s11162-020-09605-9. DOI: https://doi.org/10.1007/s11162-020-09605-9

Young, E. S., Simpson, J. A., Griskevicius, V., Huelsnitz, C. O., & Fleck, C. (2019). Childhood attachment and adult personality: A life history perspective. Self and Identity, 18(1), 22–38. https://doi.org/10.1080/15298868.2017.1353540. DOI: https://doi.org/10.1080/15298868.2017.1353540

Yulianti, & Sulistyo, P. (2018). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Anak Usia Dini Bagi Guru-Guru Paguyuban POS PAUD di Wilayah Tlogomas. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 239–245. https://doi.org/10.21067/jpm.v3i1.2664. DOI: https://doi.org/10.21067/jpm.v3i1.2664

Downloads

Published

2023-04-15

How to Cite

Ahmad Syukri Sitorus. (2023). Kepercayaan Diri, Keterampilan Sosial dan Emosional Anak; Studi Korelasional dan Stimulasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.54350

Issue

Section

Articles