PENERAPAN METODE BERCAKAP-CAKAP BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN PADA ANAK

Authors

  • Ni Putu Novi Arini .
  • Drs. Nyoman Wirya .
  • Luh Ayu Tirtayani,S.Psi.,M.Psi. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v3i1.5999

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak melalui penerapan metode Bercakap-cakap berbantuan media kartu gambar pada anak kelompok B semester II tahun pelajaran 2014/2015 di TK Piveri Candi Baru Gianyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah 16 orang anak TK Piveri Candi Baru Gianyar pada kelompok B semester II tahun pelajaran 2014/2015. Untuk mengumpulkan data tentang kemampuan berbahasa lisan digunakan metode observasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya peningkatan rata-rata skor kemampuan berbahasa lisan pada anak kelompok B setelah diterapkan metode bercakap-cakap berbantuan media kartu gambar. Pada Pra siklus diperoleh data dari hasil observasi sebesar 34,375 yang berada pada kategori rendah. Dari data pra siklus ke siklus I kemampuan berbahsa lisan anak meningkat 32.375%. Pada siklus I diperoleh hasil sebesar 66,75% yang berada pada kategori sedang, kemudian pada siklus II menjadi sebesar 87,5% yang berada pada kategori tinggi. Jadi telah terjadi peningkatan kemampuan berbahasa lisan anak setelah diterapkan metode bercakap-cakap berbantuan media kartu gambar dari siklus I ke siklus II sebesar 20,75%.
Kata Kunci : Bercakap-cakap, Kartu Gambar, Berbahasa Lisan.

This research is aimed to improve students’ speaking skill by implementing conversation with flash card (picture series) method for B group’s second semester students in TK Piveri Candi Baru Gianyar on academic year 2014/2015. This research was classroom action research (CAR) which is held into two cycles. The subject of this research was B group’s second semester students in TK Piveri Candi Baru Gianyar on academic year 2014/2015 which is contained 16 students. To know students’ ability in speaking skills the researcher used observation method in the technique of data collection. The data was analyzed by using descriptive statistical analysis and quantitative descriptive analysis method. The result of this research showed that there was an improvement of B group students’ score on speaking skill after implementing conversation with flash card (picture series) method. On pre-cycle, the researcher found the observation data about 34,375 which was categorized as low catagory. On pre-cycle to first cycle, students’ speaking skill increased into 32.375%. On first cycle, the result was gathered about 66.75% which was categorized as middle category. On second cycle the result was obtained about 87.5 which were categorized as high category. On conclution, there is an improvement on students’ speaking skill by implementing conversation with flash card (picture series) method which was obtained from first and second cycle about 20.75%
keyword : Conversation method, flash card, speaking skill

Downloads

Published

2015-09-21

How to Cite

., N. P. N. A., ., D. N. W., & ., L. A. T. (2015). PENERAPAN METODE BERCAKAP-CAKAP BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN PADA ANAK . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/paud.v3i1.5999

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 > >>