Percobaan Sains Menggunakan Project Based Learning Meningkatkan Kemampuan HOTS (High Order Thinking Skill) Kelompok Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.62421Keywords:
HOTS, Percobaan Sains, PJBLAbstract
Kemampuan HOTS (High Order Thinking Skill) belum berkembang secara optimal karena metode yang digunakan kurang tepat sehingga anak tidak dapat mengembangkan kemampuan HOTS (High Order Thinking Skill). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh eksperimen sains menggunakan Project Based Learning terhadap kemampuan HOTS (High Order Thinking Skill) kelompok usia 5 sampai 6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen yang menggunakan Non-Equivalent Control Group Design yaitu desain yang hampir sama dengan desain pretest-posttest kontrol group design dimana pengambilan sampel ditentukan secara acak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa eksperimen sains dengan menggunakan Project Based Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan HOTS (High Order Thinking Skill) pada kelompok usia 5 sampai 6 tahun. Rata-rata HOTS (High Order Thinking Skill) pada kelompok eksperimen adalah 59,08 dari nilai rata-rata sebelumnya 34,30, dan pada kelompok kontrol yang memiliki nilai rata-rata 38,50 dari rata-rata sebelumnya 36,50. Pengujian hipotesis menunjukan ada pengaruh yang signifikan dari percobaan sains menggunakan project based learning. ilmiah menggunakan Project Pembelajaran Berbasis HOTS (High Order Thinking Skills). Disimpulkan percobaan sains menggunakan project based learning dapat meningkatkan kemampuan HOTS pada anak usia dini.
References
Afif, N., Ayuningrum, D., Imran, A., & Qowim, A. N. (2022). Inovasi Pengembangan Kurikulum dengan Pendekatan Saintifik Untuk RA / PAUD di Provinsi Banten. 79–102. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2244. DOI: https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2244
Aghniarrahmah, C., Rukiyah, & Hasmalena. (2017). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Sains Anak Tk B di PAUD Terpadu Happy Kids ( The Effect on The Ability of Science Project Methods Kindergartner B Integrated Early Childhood Happy Kids ). Jurnal Edukasi, 4(3), 34–37. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i3.6298. DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i3.6298
Alawiyah, I., & Sopandi, W. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Peristiwa Alam. Jurnal Penelitian Pendidikan. https://doi.org/10.17509/jpp.v16i2.4241. DOI: https://doi.org/10.17509/jpp.v16i2.4241
Altaftazani, D. H., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., & Ruqoyyah, S. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Membuat Seni Kolase Menggunakan Model Project Based Learning Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah UPT P2M, 7(2), 185–191. https://doi.org/10.22460/p2m.v7i2p%25p.2006.
Anazifa, R. D., & Djukri. (2017). Project- based learning and problem- based learning: Are they effective to improve student’s thinking skills? Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 346–355. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.11100. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.11100
Anggreani, C. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 343–360. https://doi.org/10.21009/JPUD.092.09.
Artini, L. E. J., Magta, M., & Ujianti, P. R. (2019). Pengaruh Metode Membaca Dasar Bermediakan Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 195. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18994. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18994
Beddu, S. (2019). Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 1(3), 71–84.
Chasanah, A. R. U., Khoiri, N., & Nuroso, H. (2016). Efektivitas model project based learning terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pokok bahasan kalor kelas X SMAN 1 Wonosegoro tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1). https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i1.1149. DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i1.1149
Chen, C. H., & Yang, Y. C. (2019). Revisiting the effects of project-based learning on students’ academic achievement: A meta-analysis investigating moderators. Educational Research Review, 26. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2018.11.001. DOI: https://doi.org/10.1016/j.edurev.2018.11.001
Dewi, Gading, & Antara. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15184. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v6i2.15324
Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 433–441. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28035.
Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3). https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417
Halawa, E. S. (2021). Penerapan Model Project-Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Anak Usia Dini Melalui Media Komik Di Ii Sd Negeri 071057 Hiliweto Gido. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 4(1), 201–208. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1939. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1939
Hamdi, S., Suganda, I. A., & Hayati, N. (2018). Developing higher-order thinking skill (HOTS) test instrument using Lombok local cultures as contexts for junior secondary school mathematics. Research and Evaluation in Education, 4(2), 126–135. https://doi.org/10.21831/reid.v4i2.22089. DOI: https://doi.org/10.21831/reid.v4i2.22089
Hanik, A., Ashari, & Ngazizah, N. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1). https://doi.org/10.37729/jpd.v2i1.967.
Hasanah, I., Sarwanto, S., & Masykuri, M. (2018). Pengembangan Modul Suhu dan Kalor Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA/MA. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 3(1), 38–44. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p38-44. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p38-44
Hasibuan, R., & Suryana, D. (2021). Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1169–1179. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1735. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1735
Hasni, A., Bousadra, F., Belletête, V., Benabdallah, A., Nicole, M., & Dumais, N. (2016). Trends in research on project-based science and technology teaching and learning at K–12 levels: A systematic review. Studies in Science Education, 52(2). https://doi.org/10. 1080/03057267.2016.1226573. DOI: https://doi.org/10.1080/03057267.2016.1226573
Irhamna, I., & Purnama, S. (2022). Peran Lingkungan Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di PAUD Nurul Ikhlas. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 68–77. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.46688. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.46688
Jansen, T., & Möller, J. (2022). Teacher judgments in school exams: Influences of students’ lower-order-thinking skills on the assessment of students’ higher-order-thinking skills. Teaching and Teacher Education, 111. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103616. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103616
Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains. Pendidikan Anak, 4(2), 102–117. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155. DOI: https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155
Kurniasih, P. D., Nugroho, A., & Hermianto, S. (2020). Peningkatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) dan Kerjasama Antar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Kokami di Kelas IV SD Negeri Dukuhwaluh. Attadib Journal of Elementary Education, 4(1). https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.627. DOI: https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.627
Listriani, A., Hapidin, H., & Sumadi, T. (2021). Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.680. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.680
Ma’viyah, A. (2021). Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini (Experimental Methods In Science Learning For Early Childhood). Prosiding Integrasi Interkoneksi Islam dan Bisnis, 3, 97–101.
Maghfhirah, S., & Maemonah. (2020). Pemikiran Behaviorisme Dalam Pendidikan (Study Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Pendidikan Anak, 6(2). https://doi.org/10.22373/bunayya.v6i2.7279. DOI: https://doi.org/10.22373/bunayya.v6i2.7277
Magta, M., Ujianti, P. R., & Permatasari, E. D. (2019). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok a. Mimbar Ilmu, 24(2), 212. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21261. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21261
Maros, M., Korenkova, M., Fila, M., Michal, L., & Schoberova, M. (2021). Project-based Learning and Its Effectiveness: Evidence from Slovakia. Interactive Learning Environments, 1–8. https://doi.org/: 10.1080/10494820.2021.1954036. DOI: https://doi.org/10.1080/10494820.2021.1954036
Mustika, Prasetya, E., Adhy Sugara, & Pratiwi, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. 2(2), 121–126. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139. DOI: https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139
Mustika, Y., & Nurwidaningsih, L. (2018). Pengaruh Percobaan Sains Anak Usia Dini terhadap Perkembangan Kognitif Anak di TK Kartika Siwi Pusdikpal Kota Cimahi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 94–101. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.12. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.12
Niswara, R., Fita, M., & Untari, A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap High Order Thinking Skill. Mimbar PGSD Undikhsa, 7(2), 85–90. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17493.
Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini ”. Jurnal Pendidikan, 2(1), 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007. DOI: https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007
Nuraeni. (2014). Strategi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Nuraeni. Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran, 2(2), 143–153. https://doi.org/10.33394/j-ps.v2i2.1069. DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v2i2.1069
Nurqolbi, R. I., Riyanto, A. A., & Lestari, R. H. (2019). Pengaruh keterampilan Proses Sians Terhadap Kemampuan Berpikir Logis pada Anak Usia Dini. Jurnal Ceria, 2(5), 189–196. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p189-196. DOI: https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p189-196
Oktari, R. (2021). Penerapan Metode Proyek untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Pada Kelompok B di PAUD Budi Mulya Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 69–77.
Prawoko, I., Kristiantari, M. G. R., & Putra, I. K. A. (2019). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Kelompok ATK Handayani I Denpasar Barat. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1). https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18745. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18745
Purnamasari, I., Handayani, D., & Formen, A. (2020). Stimulasi Keterampilan HOTs dalam PAUD Melalui Pembelajaran STEAM. Seminar Nasional Pascasarjana, 3(1), 507–516. DOI: https://doi.org/10.32493/sns.v1i2.10822
Retnaningsih, L. E., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(2). https://doi.org/10.29062/seling.v8i2.1223.
Rochanah, L. (2021). Pesona pembelajaran bermuatan selamet pada peningkatan host anak usia dini. Jurnal Pendidikan, 7(1), 102–114. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v7i1.737.
Rustini, T., & Rohayati. (2009). Perkembangan Kemampuan Bersosialisasi Pada Anak Usia 5-6 Tahun. https://www.neliti.com/id/publications/240678/pengaruh-penerapan-metode-proyek-terhadap-perkembangan-kemampuan-bersosialisasi.
Saepudin, A. (2011). Pembelajaran sains pada program pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan, 15(2), 213–226. https://doi.org/https//:doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.103.
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2). https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336
Sart, G. (2014). The Effects of the Development of Metacognition on Project-based Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152, 131–136. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.169. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.169
Sulaiman, S. (2020). Higher order thinking skill (Hots) Pada Anak Usia Dini. SULOH: Jurnal Bimbingan Konseling Universitas Syiah Kuala, 5(1), 1–10.
Surasmi, W. A. (2013). Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam proses pembelajaran Kurikulum 2013. pendidikan, 1–13.
Suryani, N. K., Renda, N. T., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berorientasi Tri Kaya Parisudha Terhadap Penguasaan Konsep Ipa Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Sd Di Gugus Vii Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal of Education Technology. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17962. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17962
Susilawati, A., Hernani, H., & Sinaga, P. (2017). The Application of Project-Based Learning Using Mind Maps To Improve Students’ Environmental Attitudes Towards Waste Management in Junior High Schools. International Journal of Education, 9(2), 120–125. https://doi.org/10.17509/ije.v9i2.5466. DOI: https://doi.org/10.17509/ije.v9i2.5466
Wahyuni, S., Reswita, & Afidah, M. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Sains , Technology , Art , Engineering And Mathemathic Pada Kurikulum PAUD. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(2), 297–309. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i02.2441. DOI: https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2441
Wijanarko, Supardi, & Marwoto. (2017). Keefektifan Model Project Based Learning Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA. Journal of Primary Education, 6(2), 120–125. https://doi.org/10.15294/jpe.v6i2.17561.
Wijayati, N., Sumarni, W., & Supanti, S. (2019). Improving Student Creative Thinking Skills Through Project Based Learning. KnE Social Sciences, 408–421. https://doi.org/10.18502/kss.v3i18.4732. DOI: https://doi.org/10.18502/kss.v3i18.4732
Wiresti, R. D., & Nugraheni, A. S. (2021). Desain Pembelajaran Higher Order Thinking Skill Pada Masa Study From Home Pada Anak Usia Dini. Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD, 8(1), 12–20. https://doi.org/10.36706/jtk.v8i1.13405. DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v8i1.13405
Yusnia, Y. (2019). Penggunaan Media Video Scribe Dalam Pembelajaran Literasi Sains Untuk Mahasiswa PGPAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 71–75. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436
Yusti, M., Saparahayuningsih, S., & Indrawati. (2021). Pelaksanaan Strategi Pembelajaran HIgh Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Pendidikan, 2(2), 1–16. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v5i1.5036.
Yusuf, I., Widyaningsih, S. W., Prasetyo, Z. K., & Istiyono, E. (2021). Blended learning : its effect towards Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) Blended learning : its effect towards Higher Order Thinking Skills ( HOTS ). Journal of Physics: Conference Series, 1832(1), 1–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1832/1/012039. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1832/1/012039
Zahro, I. F., Atika, A. R., & Westhisi, S. M. (2019). Strategi pembelajaran literasi sains untuk anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121–130. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.121-130. DOI: https://doi.org/10.33369/jip.4.2.121-130
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Gea Elina; Nice Maylani Asril, Made Vina Arie Paramita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)