PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA FLIP CHART UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK

Authors

  • Ni Pt Anggi w .
  • Drs. I Made Suara, M.Pd .
  • DB.KT.NGR. Semara Putra,S.Pd., M.For. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v4i1.7310

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan kognitif setelah diterapkan model pembelajaran picture and picture berbantuan media flip chart. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 12 anak kelompok A semester genap di TK Raisma Putra Denpasar Tahun Pelajaran 2015/2016. Data penelitian tentang perkembangan kognitif dikumpulkan menggunakan metode observasi dengan instrumen berupa lembar observasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskritif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan rata-rata skor perkembangan kognitif pada anak kelompok A setelah diterapkan model pembelajaran picture and picture berbantuan media flip chart pada siklus I sebesar 69,25% yang berada pada kategori sedang kemudian pada siklus II menjadi 84,87% tergolong pada kategori tinggi. Jadi dapat disimpulkan terjadi peningkatan perkembangan kognitif setelah diterapkan model pembelajaran picture and picture berbantuan media flip chart sebesar 15,62%.
Kata Kunci : model picture and picture, media flip chart, perkembangan kognitif

The aims of this research to determine the increase of cognitive development after applied learning model picture and picture assisted by flip chart media. This research is a classroom action research that conducted in two cycles. Subjects this research were 12 children group A in second semester at Raisma Putra Kindergarten Denpasar in academic year 2015/2016. In this research data on cognitive development were collected by observation methods with instrument observation sheet form. The collected data was analyzed using analysis statistic descriptive methods and analysis descriptive quantitative method. The result of data analysis showed an increase in the average score on the cognitive development of children in group A after applied learning model picture and picture assisted by flip chart media on the first cycle is 69.25%, which is in the medium category and then in the second cycle is 84.87% clasified in the high category. The conclusion is there was an increase of cognitive development after applied learning model picture and picture assisted by flip chart media in amount of 15.62%.
keyword : and picture model, flip chart media, cognitive development

Published

2016-07-11

How to Cite

., N. P. A. w, ., D. I. M. S. M., & ., D. S. P. M. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA FLIP CHART UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/paud.v4i1.7310

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>