PENERAPAN METODE DEMONTRASI UNTUKMENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI MENGGAMBAR DEKORATIF PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KUMARA SHANTI SEDANA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Authors

  • Ketut Ria Astuti .
  • Putu Aditya Antara, S.Pd. .
  • Putu Rahayu Ujianti, S.Psi. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v4i3.8903

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode demonstrasi melalui kegiatan menggambar dekoratif dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak semester I di TK Kumara Shanti Sedana Singaraja tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan subjek sebanyak 20 orang anak usia 5-6 tahun di TK Kumara Shanti Sedana Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Data penelitian tentang perkembangan motorik halus anak dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrumen berupa format observasi. Data data hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis deskriptif dan metode deskriptif kuantitatif. Hasil analisi data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perkembangan motorik halus pada anak di TK Kumara Shanti Sedana Singaraja setelah diterapkan metode demonstrasi melalui kegiatan menggambar dekoratif. Rata-rata presentase perkembangan motorik halus anak pada siklus I sebesar 57,81% yang berada pada kategori rendah, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80,31% yang tergolong pada kategori tinggi. Jadi, terjadi peningkatan perkembangan motorik halus anak dari kategori rendah menjadi kategori tinggi sebesar 22,5% pada anak TK Kumara Shanti Sedana Singaraja.
Kata Kunci : metode demonstrasi, menggambar dekoratif, perkembangan motorik halus.

This study aims to determine the method demonstration through drawing decorative can imptove fine motor development of children second semester in TK Kumara Shanti Sedana Singaraja 2016/2017 School years. The type of research in clasroom action research conducted in two cycles and the subject of as many as 20 children aged 5 to 6 years in TK Kumara Shanti Sedana Singaraja 2016/2017 school year. Research data on fine motor development of children collected by observation with an instrument in the form of observational format. The data research results were analized with descriptive analysis and quantitative descriptive method. The results of data analysis showed that an increase in fine motor development in children in TK Kumara Shanti Sedana Singaraja after the applied methods through drawing decorative demonstration. The average percentage of gross motor development of children in frist cycle at 57,81% which is at the low category, an increase in second cycle becomes 80,31% were clas sified in the high category. This, an increase in fine motor development of children from lower category to higher category by 22,5% in children TK Kumara Shanti Sedana Sinagaraja.
keyword : demonstration method, drawing decorative, fine motor development.

Published

2016-11-18

How to Cite

., K. R. A., ., P. A. A. S., & ., P. R. U. S. (2016). PENERAPAN METODE DEMONTRASI UNTUKMENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI MENGGAMBAR DEKORATIF PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KUMARA SHANTI SEDANA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(3). https://doi.org/10.23887/paud.v4i3.8903

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>