Analisis Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Melalui Kreativitas Alat Permainan Edukatif (APE) Layang-Layang Hijaiyah
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.56049Kata Kunci:
Kreativitas, Nilai Agama Dan Moral, Alat Permainan Edukatif, Layang-layang Hijaiyah, Anak Usia DiniAbstrak
Kreativitas merupakan senjata penting bagi anak usia dini, sebab dengan memiliki kreativitas tinggi anak akan mampu mengembangkan potensi atau bakat terpendam dalam dirinya, dan moral keagamaan sebagai penguat dari kekokohan iman anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan nilai agama dan moral anak melalui kreativitas alat permainan edukatif (APE) layang-layang hijaiyah. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus. Narasumber pada penelitian ini yaitu guru atau kepala sekolah, orang tua, dan siswa kelas A TK Salsabila. Metode pengumpulan data menggunakan wanwancara, observasi, dan identifikasi data. Peneliti dalam hal ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan Penggunaan APE layang-layang hijaiyah memiliki peranan penting dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini. Dalam proses pembuatan APE layang-layang hijaiyah yang dilakukan oleh anak menunjukkan beberapa indikator peningkatan kreativitas anak yang dijuga dibuktikaan dengan adanya penilaian harian anak serta wujud kreativitas yang ditampakkan oleh anak pada saat pembuatan layang-layang hijaiyah memenuhi unsur-unsur kreativitas diatas, baik dalam ciri-ciri kreativitas maupun wujud kreativitas anak itu sendiri. Mayoritas peningkatan kreativitas dan moral keagamaaan siswa kelas A berkembang sesuai harapan (BSH) dan beberapa pula ada yang berkembang sangat baik (BSB). Maka dari itu, mayoritas anak bisa melakukan seperti apa yang telah terdapat pada indikator penilaian harian Tk Salsabila tersebut. maka dari itu, jelas bahwa APE layang-layang hijaiyah memiliki manfaat penting bagi anak dan juga membantu dalam stimulasi anak baik dalam kreativitas ataupun moral keagamaan anak usia dini.
Referensi
Akbar, E., Sari, D. P., & Hidaya, A. Al. (2019). Pembelajaran Huruf Hijaiyyah pada Sentra Agama di Taman Kanak-Kanak Tunas 1001 Takengon Aceh Tengah. Awlady : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 130–145. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i2.3969. DOI: https://doi.org/10.24235/awlady.v5i2.3969
Astini, B. N., Nurhasanah, N., & Nupus, H. (2019). Alat permainan edukatif berbasis lingkungan untuk pembelajaran saintifik tema lingkungan bagi guru paud korban gempa. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26760. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26760
Budyawati, L. P. I. (2020). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Pop Up Book untuk Mengenalkan Budaya Osing di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 139–149. https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.26428.
Cahyani, A. D. N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Usia 4 – 5 Tahun Melalui Permainan Balok Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(3), 181. https://doi.org/10.23887/paud.v8i3.25070. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v8i3.25070
Cania, S., Novianti, R., & Chairilsyah, D. (2020). Pengaruh Media Glowing City terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 53–60. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.54. DOI: https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.54
Fahmi, I., Takwin, B., & Muhamad, R. (2019). Nilai Moral sebagai Prediktor Orientasi Politik pada Anggota Organisasi Keagamaan. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 165–180. https://doi.org/10.15575/psy.v6i2.6260. DOI: https://doi.org/10.15575/psy.v6i2.6260
Fathurrahman, F., Kuspandi Putra, Y., & Sadali, M. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Huruf Berbasis Flash Pada Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Infotek : Jurnal Informatika Dan Teknologi, 3(2), 211–219. https://doi.org/10.29408/jit.v3i2.2389. DOI: https://doi.org/10.29408/jit.v3i2.2389
Hardiansyah, F., Budiyono, F., & Wahdian, A. (2021). Penerapan Nilai-nilai Ketuhanan Melalui Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6318–6329. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1762. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1762
Haryani, M., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru Paud Tentang Alat Permainan Edukatif (Ape) Di TK Pertiwi 1 Kota Bengkulu. Jurnal Educhild : Pendidikan Dan Sosial, 10(1), 6. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699. DOI: https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699
Hasanah, U. (2019). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Pada Taman Kanak-Kanak Se-Kota Metro. Awlady : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 20. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3831. DOI: https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3831
Hendayani, E. S. (2012). Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Pembelajaran PAUD Seatap Margaluyu Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Empowerment, 1(9), 92–104. https://doi.org/10.22460/empowerment.v1i2p92-104.620.
Kuswidi, I., Lestari, D. F., Arfinanti, N., & Azka, R. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Layangan (Pemahaman Materi Bangun Datar Layang-Layang dan Pengembangan Karakter). Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 3(2), 129–137. https://doi.org/10.14421/jppm.2021.32.129-137. DOI: https://doi.org/10.14421/jppm.2021.32.129-137
Lindawati, Y. I. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Eksistensi Permainan Tradisional di Desa Nyangkringan. Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika, 5(1), 13. https://doi.org/10.30870/hermeneutika.v5i1.7381. DOI: https://doi.org/10.30870/hermeneutika.v5i1.7381
Lisa, M., Mustika, A., & Lathifah, N. S. (2020). Alat Permainan Edukasi (APE) Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Kesehatan, 11(1), 125. https://doi.org/10.26630/jk.v11i1.1584. DOI: https://doi.org/10.26630/jk.v11i1.1584
Maharani, N. M. A. P., Ardana, I. K., & Putra, D. K. N. S. (2019). Pengaruh Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Berbicara Anak Kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 25. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18742. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18742
Makhmudah, S. (2020). Penanaman Nilai Keagamaan Anak Melalui Metode Bercerita. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2). https://doi.org/10.18860/jpai.v6i2.9189. DOI: https://doi.org/10.18860/jpai.v6i2.9189
Mauliyah, A. (2020). Peningkatan Mengenal Huruf Hijaiyyah melalui Media Kartu Huruf dengan Metode Kupas Rangkai di RA Bahrul Huda Sambiroto Karangtanjung Candi Sidoarjo. El Thoufoul, 1(1), 67–92. https://www.neliti.com/id/publications/497385/peningkatan-mengenal-huruf-hijaiyyah-melalui-media-kartu-huruf-dengan-metode-kup. DOI: https://doi.org/10.54180/joeces.v1i1.3089
Monica, M. A., & Yaswinda, Y. (2021). Analisis Implementasi Kurikulum 2013 PAUD di Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(2), 643–653. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.781. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.781
Nurtiani, A. T., & Destisatifa. (2019). Analisis Penerapan Nilai-Nilai Moral Agama Anak Kelompok Bermain Di PAUD Melati Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, 6(1). https://doi.org/10.46244/buahhati.v6i1.577.
Palupi, R., & Watini, S. (2022). Penerapan Model Atik untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini melalui Permainan Tata Balok di PAUD Rama Rama Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 621–627. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.466. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.466
Putri, L. S. R., Mardliyah, S., & Yulianingsih, W. (2020). Sekolah Keluarga: Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 576. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665
Raharja, R. M., Wardhani, R. D. K., & Kusumawardani, R. (2021). Kinerja Guru Paud Dalam Penilaian Perkembangan Anak Di Masa Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 460. https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.617. DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.617
Rahayuningsih, S. S., Soesilo, T. D., & Kurniawan, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Bermain dengan Media Kotak Pintar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 11–18. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p11-18. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p11-18
Rahma, D., Ali, M., & Yuniarni, D. (2017). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) untuk Mendukung Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Al Fikri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(10), 212143. https://doi.org/10.26418/jppk.v6i10.22166.
Sakti, R., & Eliza, D. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Guru untuk Pembelajaran Online di PAUD: Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK). Pelangi, 4(2). https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i2.912. DOI: https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i2.912
Salamah, U., & Agustina, W. (2022). Melatih Motorik Halus dengan Membuat Berbagai Macam Bentuk Garis melalui Media APE Layang-Layang Bergaris. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 39–46. https://doi.org/10.572349/anfatama.v1i3.230.
Warsito, W. (2019). Peningkatan Minat Belajar Matematika Kelas Iv Melalui Alat Peraga Layang-Layang. Jurnal Sinektik, 2(2), 242. https://doi.org/10.33061/js.v2i2.3346. DOI: https://doi.org/10.33061/js.v2i2.3346
Widiastuti, I. A. K. A., Widiana, I. W., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Media Herbarium Book Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 302. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37867. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37867
Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2021). Model Pembelajaran Menyongsong New Era Normal Pada Lembaga PAUD Di Riau. Jurnal Sekolah, 4(3). https://doi.org/10.24114/js.v4i3.18526. DOI: https://doi.org/10.24114/js.v4i3.18526
Yunita, Y. (2020). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Islam Dan Implementasi Di Sekolah. Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman, 8(3), 296–308. https://doi.org/10.52802/amk.v8i3.262. DOI: https://doi.org/10.52802/amk.v8i3.262
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Moh. Abdan Syakuro, Hibana, Ardhana Reswari

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)