Peran Ayah dalam Program Pengasuhan Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19 dari Dimensi Paternal Involvement

Penulis

  • Puji Dwi Rahayu IAIN Ternate, Ternate, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.56199

Kata Kunci:

Peran Ayah, Program Pengasuhan, Covid-19

Abstrak

Peran ayah dalam mengasuh anak menjadi salah satu faktor penting yang mendukung keberhasilan proses belajar anak di masa pandemi. Hanya saja kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa ayah hanya memiliki sedikit waktu untuk memenuhi perannya dalam mengasuh anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran ayah dalam mengasuh anak dari dimensi paternal involvement selama covid-19. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif pendekatan survei. Subek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 256 orang ayah yang mempunyai anak usia dini. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode angket yang bersifat tertutup. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa peran ayah dalam pengasuhan anak selama pandemi covid-19 dari dimensi paternal involvement yaitu dibuktikan dengan ayah sebagai teman bermain, ayah memberi kasih sayang, ayah mempunyai waktu dan interaksi bersama serta komunikasi, ayah memberi contoh bermain, ayah mengawasi anak bermain  bersama teman, ayah mengambil keputusan kegiatan, ayah merencanakan pergi bersama, ayah mengajak beribadah bersama. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa peran ayah dalam program pengasuhan anak selama covid-19 pada kategori selalu dan sering.

Referensi

Andhika, M. R. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 73. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.466. DOI: https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.466

Astriani, N. (2019). Pengaruh ibu bekerja dan peran ayah terhadap prestasi belajar anak. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(1), 44. https://doi.org/10.32832/jpls.v13i1.2778. DOI: https://doi.org/10.32832/jpls.v13i1.2778

Brantasari, M. (2022). Peran Pengasuhan Ayah Terhadap Perilaku Empati Anak Usia Dini. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 70–77. https://doi.org/10.24903/pm.v6i2.861. DOI: https://doi.org/10.24903/pm.v6i2.861

Budyawati, L. P. I. (2020). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Pop Up Book untuk Mengenalkan Budaya Osing di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 139–149. https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.26428.

Bussa, B. D., Kiling-Bunga, B. N., Toomazen, F. W., & Kiling, I. Y. (2018). Persepsi Ayah Tentang Pengasuhan Anak Usia Dini. Jurnal Sains Psikologi, 7(2), 126–135. https://doi.org/10.17977/ um023v7i22018p126.

Erzad, A. M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3483. DOI: https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3483

Giantara, F., Kusdani, K., & Afrida, S. (2019). Peran Ayah Dalam Pendidikan Keluarga Di Kota Pekanbaru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 234–245. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.459. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.459

Gul, S. B. A. (2023). Early Childhood Care and Education (3-6 Years) and the Role of Traditional Games: An Exploratory Study of Jammu and Kashmir. Asian Journal of Education and Social Studies, 39(1), 53–59. https://doi.org/10.9734/ajess/2023/v39i1839. DOI: https://doi.org/10.9734/ajess/2023/v39i1839

Hakim, M. S. H. I. (2020). Implementasi Kolaborasi Orang Tua dan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada PAUD. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 26–33. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.8. DOI: https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.8

Hasanah, N., & Laily, N. (2020). Self-Efficacy dan Kepuasan Kerja pada Guru Taman Kanak-Kanak (TK). Efektor, 7(1), 80–89. https://doi.org/10.29407/e.v7i1.14398. DOI: https://doi.org/10.29407/e.v7i1.14398

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256. DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256

Intani, Z. F. (2022). Pelatihan Fathering untuk Meningkatkan Kualitas Pengasuhan pada Ayah yang Memiliki Anak Usia Prasekolah. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 8(1), 13. https://doi.org/10.22146/gamajpp.73577. DOI: https://doi.org/10.22146/gamajpp.73577

Istiyati, S., Nuzuliana, R., & Shalihah, M. (2020). Gambaran peran ayah dalam pengasuhan. Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 17(2), 12–19. https://doi.org/10.26576/profesi.v17i2.22.

Krisnawati, S., & Rohita, R. (2021). Peran Ayah Dalam Menanamkan Nilai Ibadah Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(2), 95. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i2.598. DOI: https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i2.598

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Lubis, S. (2022). Pandemi dan Era Digital: Peran Ayah terhadap Kebutuhan Pendidikan dan Psikologis Anak. Alhamra Jurnal Studi Islam, 3(1), 1. https://doi.org/10.30595/ajsi.v3i1.11820. DOI: https://doi.org/10.30595/ajsi.v3i1.11820

Maulana, I., & Nurhafizah, N. (2019). Analisis kebijakan pendidikan anak usia dini di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 657–665. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i2.266.

Monica, M. A., & Yaswinda, Y. (2021). Analisis Implementasi Kurikulum 2013 PAUD di Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(2), 643–653. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.781. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.781

Montezuma, C. D. F., & Lentari, F. R. M. (2020). Gambaran Dimensi dari Fathering Self-Efficacy pada Ayah Tunggal yang Mengasuh Anak Usia Dini. Philanthropy: Journal of Psychology, 4(1), 1. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v4i1.1731. DOI: https://doi.org/10.26623/philanthropy.v4i1.1731

Muafiah, E., & Fadly, W. (2019). Pengasuhan Anak Usia Dini Berperspektif Gender Dalam Hubungannya Terhadap Pemilihan Permainan Dan Aktivitas Keagamaan Untuk Anak. Palastren Jurnal Studi Gender, 12(1), 1. https://doi.org/10.21043/palastren.v12i1.3188. DOI: https://doi.org/10.21043/palastren.v12i1.3188

Munjiat, S. M. (2017). Pengaruh Fatherless Terhadap Karakter Anak Dalam Prespektif Islam. Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 108–116. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v2i1.2031. DOI: https://doi.org/10.24235/tarbawi.v2i1.2031

Nugrahani, H. Z., Salim, R. M. A., & Saleh, A. Y. (2021). Gambaran Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Anak Usia Dini: Baseline dari Rancangan Program Intervensi untuk Ayah. Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 14(1), 42–58. https://doi.org/10.24912/provitae.v14i1.11420. DOI: https://doi.org/10.24912/provitae.v14i1.11420

Nurhani, S., & Atika, A. (2020). Keterlibatan ayah dalam pengasuhan terhadap kemampuan penyesuaian diri anak usia 4-6 tahun. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 34–42. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v3i1.1654. DOI: https://doi.org/10.32505/atfaluna.v3i1.1654

Partami, I. A. M., & Sujana, I. W. (2021). Keterampilan Mengajar Guru PAUD dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 167. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35068. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35068

Rocmah, L. I. (2012). Model Pembelajaran Outbound Untuk Anak Usia Dini. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 1(2), 173–188. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.40. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.40

Rohmalina, R., Lestari, R. H., & Alam, S. K. (2019). Analisis Keterlibatan Ayah dalam Mengembangkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4809. DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4809

Saragih, A. A. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak pada Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 6(2), 2352–2360. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1986. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1986

Siregar, N., Hutahaean, H., Meka, M. A., Depari, R., Hasugian, R., Tambunan, T. M., Sitepu, W., & Ginting, E. K. R. (2021). Pola Asuh Dalam Keluarga Dan Pengaruhnya Pada Pendidikan Karakter. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 8(2), 190. https://doi.org/10.25078/gw.v8i2.2462. DOI: https://doi.org/10.25078/gw.v8i2.2462

Sumiyati. (2018). Mengenal Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini (Usia 0-12 Bulan). Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen PAUD, 1(1), 19–35. https://ejournal.stainupwr.ac.id /index.php/Al_Athfal/article/view/46.

Supriatna, A., Kuswandi, S., Agus Ariffianto, M., Permana Suryadipraja, R., & Taryana, T. (2022). Upaya Melatih Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Tahsinia, 3(1), 37–44. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.310. DOI: https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.310

Susanti, S. M., & Henny, H. (2020). Konsep Dasar PAUD Untuk Orang Tua Dan Guru Di Tk Wirabuana 51 Kecamatan Sorawolio. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 4(2), 239–245. https://doi.org/10.35326/pkm.v4i2.997.

Taukhid, M., & Ishariani, L. (2021). Tingkat Pengetahuan Tentang Pengasuhan Dengan Peran Ayah Dalam Pendampingan Belajar Di Rumah Dimasa Pandemi Covid-19. Journal of Borneo Holistic Health, 4(2), 161–167. https://doi.org/10.35334/borticalth.v4i2.2287. DOI: https://doi.org/10.35334/borticalth.v4i2.2287

Tsalisah, N. H., & Syamsudin, A. (2022). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Proses Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2391–2403. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1958. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1958

Wahyuni, A., Depalina, S., Wahyuningsih, R., Tinggi, S., Islam, A., & Mandailing, N. (2021). Peran Ayah (Fathering) Dalam Pengasuhan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 055–066. https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/alihsan/article/view/726.

Waroka, L. A. (2022). Peran Ayah dalam Pengasuhan Positif untuk Anak Usia Dini 4-5 Tahun. Jurnal Studi Islam Dan Kemuhammadiyahan (JASIKA), 2(1). https://doi.org/10.18196/jasika.v2i1.20. DOI: https://doi.org/10.18196/jasika.v2i1.20

Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35–43. https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i2.944. DOI: https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i2.944

Yunita, I. (2019). Peran Ayah Dalam Pembinaan Karakter Anak Kajian Terhadap Pola Asuh di Komunitas Home Education Aceh. Ar Raniry, 6(1), 27–40. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/jar/article/view/10274.

Diterbitkan

2023-04-15

Cara Mengutip

Puji Dwi Rahayu. (2023). Peran Ayah dalam Program Pengasuhan Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19 dari Dimensi Paternal Involvement . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(1), 17–23. https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.56199

Terbitan

Bagian

Articles