Pengembangan E-book Cerita Bergambar Berbasis STEAM Untuk Meningkatkan Kemampuan Sains Anak di Taman Kanak-Kanak

Penulis

  • Mastuinda Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Yaswinda Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.59794

Kata Kunci:

E-book, Cerita bergambar, Steam, Kemampuan sains, Anak usia dini

Abstrak

Pembelaran abad 21 yang mengedepankan media berbasis digital membuat guru merasa memiliki keterbatasan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah media pembelajaran berbentuk e-book cerita bergambar untuk diuji validitas dan efektivitasnya meningkatkan kemampuan sains anak di taman kanak-kanak. Penelitian ini termasuk kedalam jenism penelitian pengembangan model Borg and Gall, Gall. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 ahli dalam validasi dan 38 anak untuk kelas uji coba produk. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Data hasil uji validasi materi memperoleh persentase sebesar 80% kategori Valid, validasi Bahasa 100% kategori Sangat Valid, validasi media 97,33% kategori sangat valid. Uji coba kelompok kecil sebesar 78,65 % dengan dan uji coba kelas sedang 85,73 dengan kategori sangat efektif. Jadi dapat dinyatakan bahwa pengembangan e-book cerita bergambar berbasis STEAM layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan sains anak di Taman Kanak-kanak.

Referensi

Adnyani, N. W. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini Di Era Belajar Di Rumah. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 13–28. https://doi.org/10.25078/pw.v6i1.133. DOI: https://doi.org/10.25078/pw.v6i1.1876

Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Ipa Subjects on 6th-Grade. Journal of Education Technology, 5(1), 37. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314

Annisa, Y., Kartini, W., & Faatinisa, E. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis STEAM. Al-Fitrah (Jurnal Kajian Pendidikan Anak Usia Dini), 2(1), 1–14. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/3369.

Areljung, S., & Günther-Hanssen, A. (2022). STEAM education: An opportunity to transcend gender and disciplinary norms in early childhood? Contemporary Issues in Early Childhood, 23(4), 500–503. https://doi.org/10.1177/146394912110514. DOI: https://doi.org/10.1177/14639491211051434

Ayuningtyas, T. Y., & Wijayaningsih, L. (2020). Efektivitas Permainan Detumbar (Dengarkan, Temukan gambar) terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 814–822. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.724. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.724

Azis, Y., Metafisika, K., Ayu Lestari, F. A., & Asistiana, L. (2022). Analysis of validity, practicality, and readability of islamic STEAM activity storybook for early childhood. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 63–75. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v5i1.11964. DOI: https://doi.org/10.24042/ajipaud.v5i1.11964

Budyawati, L. P. I. (2020). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Pop Up Book untuk Mengenalkan Budaya Osing di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 139–149. https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.26428.

DeJarnette, N. K. (2018). Implementing STEAM in the Early Childhood Classroom. European Journal of STEM Education, 3(3), 1–9. https://doi.org/10.20897/ejsteme/3878. DOI: https://doi.org/10.20897/ejsteme/3878

Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., & Adiarta, A. (2018). Pelatihan Pembuatan Buku Digital Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Bagi Para Guru Di SMK TI Udayana. Abdimas Dewantara, 1(2), 31–44. https://doi.org/10.30738/ad.v1i2.2869.

Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254

Firdaus, A. R., & Rahayu, G. D. S. (2019). Effect of STEM-based Learning on the Cognitive Skills Improvement. Mimbar Sekolah Dasar, 6(2), 198–207. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v6i2.17562. DOI: https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v6i2.17562

Gul, S. B. A. (2023). Early Childhood Care and Education (3-6 Years) and the Role of Traditional Games: An Exploratory Study of Jammu and Kashmir. Asian Journal of Education and Social Studies, 39(1), 53–59. https://doi.org/10.9734/ajess/2023/v39i1839. DOI: https://doi.org/10.9734/ajess/2023/v39i1839

Halim, D., & Munthe, A. P. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 203–216. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216

Hasanah, N., & Laily, N. (2020). Self-Efficacy dan Kepuasan Kerja pada Guru Taman Kanak-Kanak (TK). Efektor, 7(1), 80–89. https://doi.org/10.29407/e.v7i1.14398. DOI: https://doi.org/10.29407/e.v7i1.14398

Hayati, N., Cholimah, N., & Christianti, M. (2017). Identifikasi keterampilan kognitif anak usia 2-6 tahun di Lembaga PAUD Kecamatan Sleman, Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 181–189. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/17705. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17705

Husin, S. H., & Yaswinda, Y. (2021). Analisis Pembelajaran Sains Anak Usia Dini di Masa PANDEMI Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(2), 581–595. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.780. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.780

Indahini, R. S., Sulton, S., & Husna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X SMK. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 141–148. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3730.

Indarwarti, A. (2018). Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Melalui Beberapa Metode. Psycho Idea, 15(2), 108–118. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/PSYCHOIDEA/article/view/2450.

Karlina, D. N., Widiastuti, A. A., & Soesilo, T. D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Tk B Usia 5-6 Tahun Melalui Digital Storytelling Di Tk Apple Kids Salatiga Semester I Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 1–11. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/ article/view/6588. DOI: https://doi.org/10.21009//JPUD.121.01

Lubis, A. H., & Dasopang, M. D. (2020). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Augmented Reality untuk Mengakomodasi Generasi Z. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 780. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13613. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13613

Lyla, R. W., Subandowo, M., & Sugito, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Pada Anak Usia4-5 Tahun. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 7(2), 385–391. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2714. DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2714

Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560–1566. https://jptam.org/index.php/jptam/article /view/1086.

Maulana, I., & Nurhafizah, N. (2019). Analisis kebijakan pendidikan anak usia dini di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 657–665. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i2.266.

Mu’minah, I. H., & Suryaningsih, Y.-. (2020). Implementasi Steam (Science, Technology, Engineering, Art And Mathematics) Dalam Pembelajaran Abad 21. Bio Education : (The Journal of Science and Biology Education), 5(1), 377702. https://doi.org/10.31949/be.v5i1.2105. DOI: https://doi.org/10.31949/be.v5i1.2105

Novitasari, Y., & Prastyo, D. (2020). Egosentrisme Anak pada Perkembangan Kognitif Tahap Praoperasional. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 17–22. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/6805.

Nurjamilah, E. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Book Keragaman Rumah Adat Di Indonesia Pembelajaran IPS Kelas IV SD. Jurnal Katulistiwa, 11(8), 2715–2723. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i8.57489.

Nurqolbi, R. I., Riyanto, A. A., & Lestari, R. H. (2019). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Pada Anak Usia Dini. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 189. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p189-196. DOI: https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p189-196

Nursari, E. V., Setiawati, I., & Lismaya, L. (2021). Analisis Perangkat Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) di Masa Pandemi Covid-19. Alveoli: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 78–97. https://doi.org/10.35719/alveoli.v2i2.52. DOI: https://doi.org/10.35719/alveoli.v2i2.52

Pahenra, P. (2021). Optimalisasi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran untuk Mestimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Journal of Education and Teaching (JET), 1(2), 67–74. https://doi.org/10.51454/jet.v1i2.16. DOI: https://doi.org/10.51454/jet.v1i2.16

Prasetyo, S. (2017). Implementasi pembelajaran sains untuk anak usia dini dalam menghadapi masyarakat ekonomi asean (mea). Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 58–66. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/377. DOI: https://doi.org/10.21927/literasi.2016.7(1).48-57

Puspita, E. I., Rustini, T., & Dewi, D. A. (2021). Rancang Bangun E-Book “Kegiatanku Dalam Menjaga Lingkungan Alamku” Pelajaran IPS Kelas V SD. Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS, 1(1), 10. https://doi.org/10.26418/skjpi.v1i1.48211. DOI: https://doi.org/10.26418/skjpi.v1i1.48211

Qonita, Q., Mulyana, E. H., Loita, A., & Aprily, N. M. (2022). Pengembangan Science Didactical Book untuk Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6348–6359. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2010. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2010

Rahayu, Y. S., & Wahyuni, L. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 314–325. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p314-325. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p314-325

Rocmah, L. I. (2012). Model Pembelajaran Outbound Untuk Anak Usia Dini. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 1(2), 173–188. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.40. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.40

Sari, D. K., Negara, I. G. A. O., & Tirtayani, L. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Sains Permulaan Anak Kelompok B2 PAUD Permata Buni Kuta Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(1), 21–32. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15051. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15051

Simamora, A. H., Jampel, N., & Tegeh, I. M. (2022). E-Book Berdasarkan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46353. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46353

Supartini, T., Th., I., Wijaya, H., & Helaluddin, H. (2020). Development of Learning Methods through Songs and Movements to Improve Children’s Cognitive and Psychomotor Aspects. European Journal of Educational Research, 9(4), 1615–1633. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.4.1615. DOI: https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.4.1615

Susanti, S. M., & Henny, H. (2020). Konsep Dasar PAUD Untuk Orang Tua Dan Guru Di TK Wirabuana 51 Kecamatan Sorawolio. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Membangun Negeri, 4(2), 239–245. https://doi.org/10.35326/pkm.v4i2.997.

Susilawati, T., & Rusdinal. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Blended Learning Tematik Terpadu Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 378–387. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2285. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2285

Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343. DOI: https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343

Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31. https://doi.org/10.20527/ kewarganegaraan.v10i2.9304. DOI: https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9304

Ursa, A. (2018). Storybooks as a way to improve language and cultural literacy. Philologica Jassyensia, 14(1), 255–265. https://www.academia.edu/42820550/Storybooks_as_a_Way_to_Improve_ Language _and_Cultural_Literacy.

Uzlah, U., & Suryana, D. (2022). Kompetensi Guru PAUD Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3921–3930. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2177. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2177

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707. DOI: https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707

Winangun, I. M. A. (2020). Pengenalan Life Science Bagi Anak Usia Dini Melalui Media Flashcard Berkonten Lokal. Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 80–89. https://doi.org/10.55115/widyakumara.v1i2.934.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489. DOI: https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Diterbitkan

2023-04-15

Cara Mengutip

Mastuinda, & Yaswinda. (2023). Pengembangan E-book Cerita Bergambar Berbasis STEAM Untuk Meningkatkan Kemampuan Sains Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(1), 8–16. https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.59794

Terbitan

Bagian

Articles