Pengembangan E-book Cerita Bergambar Berbasis STEAM Untuk Meningkatkan Kemampuan Sains Anak di Taman Kanak-Kanak
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.59794Kata Kunci:
E-book, Cerita bergambar, Steam, Kemampuan sains, Anak usia diniAbstrak
Pembelaran abad 21 yang mengedepankan media berbasis digital membuat guru merasa memiliki keterbatasan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah media pembelajaran berbentuk e-book cerita bergambar untuk diuji validitas dan efektivitasnya meningkatkan kemampuan sains anak di taman kanak-kanak. Penelitian ini termasuk kedalam jenism penelitian pengembangan model Borg and Gall, Gall. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 ahli dalam validasi dan 38 anak untuk kelas uji coba produk. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Data hasil uji validasi materi memperoleh persentase sebesar 80% kategori Valid, validasi Bahasa 100% kategori Sangat Valid, validasi media 97,33% kategori sangat valid. Uji coba kelompok kecil sebesar 78,65 % dengan dan uji coba kelas sedang 85,73 dengan kategori sangat efektif. Jadi dapat dinyatakan bahwa pengembangan e-book cerita bergambar berbasis STEAM layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan sains anak di Taman Kanak-kanak.
Referensi
Adnyani, N. W. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini Di Era Belajar Di Rumah. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 13–28. https://doi.org/10.25078/pw.v6i1.133. DOI: https://doi.org/10.25078/pw.v6i1.1876
Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598
Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Ipa Subjects on 6th-Grade. Journal of Education Technology, 5(1), 37. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314
Annisa, Y., Kartini, W., & Faatinisa, E. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis STEAM. Al-Fitrah (Jurnal Kajian Pendidikan Anak Usia Dini), 2(1), 1–14. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/3369.
Areljung, S., & Günther-Hanssen, A. (2022). STEAM education: An opportunity to transcend gender and disciplinary norms in early childhood? Contemporary Issues in Early Childhood, 23(4), 500–503. https://doi.org/10.1177/146394912110514. DOI: https://doi.org/10.1177/14639491211051434
Ayuningtyas, T. Y., & Wijayaningsih, L. (2020). Efektivitas Permainan Detumbar (Dengarkan, Temukan gambar) terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 814–822. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.724. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.724
Azis, Y., Metafisika, K., Ayu Lestari, F. A., & Asistiana, L. (2022). Analysis of validity, practicality, and readability of islamic STEAM activity storybook for early childhood. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 63–75. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v5i1.11964. DOI: https://doi.org/10.24042/ajipaud.v5i1.11964
Budyawati, L. P. I. (2020). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Pop Up Book untuk Mengenalkan Budaya Osing di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 139–149. https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.26428.
DeJarnette, N. K. (2018). Implementing STEAM in the Early Childhood Classroom. European Journal of STEM Education, 3(3), 1–9. https://doi.org/10.20897/ejsteme/3878. DOI: https://doi.org/10.20897/ejsteme/3878
Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., & Adiarta, A. (2018). Pelatihan Pembuatan Buku Digital Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Bagi Para Guru Di SMK TI Udayana. Abdimas Dewantara, 1(2), 31–44. https://doi.org/10.30738/ad.v1i2.2869.
Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254
Firdaus, A. R., & Rahayu, G. D. S. (2019). Effect of STEM-based Learning on the Cognitive Skills Improvement. Mimbar Sekolah Dasar, 6(2), 198–207. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v6i2.17562. DOI: https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v6i2.17562
Gul, S. B. A. (2023). Early Childhood Care and Education (3-6 Years) and the Role of Traditional Games: An Exploratory Study of Jammu and Kashmir. Asian Journal of Education and Social Studies, 39(1), 53–59. https://doi.org/10.9734/ajess/2023/v39i1839. DOI: https://doi.org/10.9734/ajess/2023/v39i1839
Halim, D., & Munthe, A. P. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 203–216. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216
Hasanah, N., & Laily, N. (2020). Self-Efficacy dan Kepuasan Kerja pada Guru Taman Kanak-Kanak (TK). Efektor, 7(1), 80–89. https://doi.org/10.29407/e.v7i1.14398. DOI: https://doi.org/10.29407/e.v7i1.14398
Hayati, N., Cholimah, N., & Christianti, M. (2017). Identifikasi keterampilan kognitif anak usia 2-6 tahun di Lembaga PAUD Kecamatan Sleman, Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 181–189. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/17705. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17705
Husin, S. H., & Yaswinda, Y. (2021). Analisis Pembelajaran Sains Anak Usia Dini di Masa PANDEMI Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(2), 581–595. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.780. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.780
Indahini, R. S., Sulton, S., & Husna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X SMK. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 141–148. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3730.
Indarwarti, A. (2018). Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Melalui Beberapa Metode. Psycho Idea, 15(2), 108–118. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/PSYCHOIDEA/article/view/2450.
Karlina, D. N., Widiastuti, A. A., & Soesilo, T. D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Tk B Usia 5-6 Tahun Melalui Digital Storytelling Di Tk Apple Kids Salatiga Semester I Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 1–11. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/ article/view/6588. DOI: https://doi.org/10.21009//JPUD.121.01
Lubis, A. H., & Dasopang, M. D. (2020). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Augmented Reality untuk Mengakomodasi Generasi Z. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 780. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13613. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13613
Lyla, R. W., Subandowo, M., & Sugito, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Pada Anak Usia4-5 Tahun. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 7(2), 385–391. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2714. DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2714
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560–1566. https://jptam.org/index.php/jptam/article /view/1086.
Maulana, I., & Nurhafizah, N. (2019). Analisis kebijakan pendidikan anak usia dini di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 657–665. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i2.266.
Mu’minah, I. H., & Suryaningsih, Y.-. (2020). Implementasi Steam (Science, Technology, Engineering, Art And Mathematics) Dalam Pembelajaran Abad 21. Bio Education : (The Journal of Science and Biology Education), 5(1), 377702. https://doi.org/10.31949/be.v5i1.2105. DOI: https://doi.org/10.31949/be.v5i1.2105
Novitasari, Y., & Prastyo, D. (2020). Egosentrisme Anak pada Perkembangan Kognitif Tahap Praoperasional. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 17–22. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/6805.
Nurjamilah, E. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Book Keragaman Rumah Adat Di Indonesia Pembelajaran IPS Kelas IV SD. Jurnal Katulistiwa, 11(8), 2715–2723. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i8.57489.
Nurqolbi, R. I., Riyanto, A. A., & Lestari, R. H. (2019). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Pada Anak Usia Dini. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 189. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p189-196. DOI: https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p189-196
Nursari, E. V., Setiawati, I., & Lismaya, L. (2021). Analisis Perangkat Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) di Masa Pandemi Covid-19. Alveoli: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 78–97. https://doi.org/10.35719/alveoli.v2i2.52. DOI: https://doi.org/10.35719/alveoli.v2i2.52
Pahenra, P. (2021). Optimalisasi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran untuk Mestimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Journal of Education and Teaching (JET), 1(2), 67–74. https://doi.org/10.51454/jet.v1i2.16. DOI: https://doi.org/10.51454/jet.v1i2.16
Prasetyo, S. (2017). Implementasi pembelajaran sains untuk anak usia dini dalam menghadapi masyarakat ekonomi asean (mea). Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 58–66. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/377. DOI: https://doi.org/10.21927/literasi.2016.7(1).48-57
Puspita, E. I., Rustini, T., & Dewi, D. A. (2021). Rancang Bangun E-Book “Kegiatanku Dalam Menjaga Lingkungan Alamku” Pelajaran IPS Kelas V SD. Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS, 1(1), 10. https://doi.org/10.26418/skjpi.v1i1.48211. DOI: https://doi.org/10.26418/skjpi.v1i1.48211
Qonita, Q., Mulyana, E. H., Loita, A., & Aprily, N. M. (2022). Pengembangan Science Didactical Book untuk Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6348–6359. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2010. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2010
Rahayu, Y. S., & Wahyuni, L. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 314–325. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p314-325. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p314-325
Rocmah, L. I. (2012). Model Pembelajaran Outbound Untuk Anak Usia Dini. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 1(2), 173–188. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.40. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.40
Sari, D. K., Negara, I. G. A. O., & Tirtayani, L. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Sains Permulaan Anak Kelompok B2 PAUD Permata Buni Kuta Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(1), 21–32. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15051. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15051
Simamora, A. H., Jampel, N., & Tegeh, I. M. (2022). E-Book Berdasarkan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46353. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46353
Supartini, T., Th., I., Wijaya, H., & Helaluddin, H. (2020). Development of Learning Methods through Songs and Movements to Improve Children’s Cognitive and Psychomotor Aspects. European Journal of Educational Research, 9(4), 1615–1633. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.4.1615. DOI: https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.4.1615
Susanti, S. M., & Henny, H. (2020). Konsep Dasar PAUD Untuk Orang Tua Dan Guru Di TK Wirabuana 51 Kecamatan Sorawolio. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Membangun Negeri, 4(2), 239–245. https://doi.org/10.35326/pkm.v4i2.997.
Susilawati, T., & Rusdinal. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Blended Learning Tematik Terpadu Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 378–387. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2285. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2285
Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343. DOI: https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343
Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31. https://doi.org/10.20527/ kewarganegaraan.v10i2.9304. DOI: https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9304
Ursa, A. (2018). Storybooks as a way to improve language and cultural literacy. Philologica Jassyensia, 14(1), 255–265. https://www.academia.edu/42820550/Storybooks_as_a_Way_to_Improve_ Language _and_Cultural_Literacy.
Uzlah, U., & Suryana, D. (2022). Kompetensi Guru PAUD Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3921–3930. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2177. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2177
Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707. DOI: https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707
Winangun, I. M. A. (2020). Pengenalan Life Science Bagi Anak Usia Dini Melalui Media Flashcard Berkonten Lokal. Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 80–89. https://doi.org/10.55115/widyakumara.v1i2.934.
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489. DOI: https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 mastuinda, Yaswinda

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)