Memahami Memahami Hubungan Antara Literasi Finansial Dan Pola Asuh Dengan Sosialisasi Finansial Orangtua Kepada Anak Usia Dini

1. Pendahuluan, 2. Metode, 3. Hasil dan Pembahasan, 4. Kesimpulan, 5. Daftar Pustaka

Penulis

  • Dewi Nurarifah Universitas Negeri Jakarta
  • Yufiarti Universitas Negeri Jakarta
  • Nurbiana Dhieni Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.60500

Kata Kunci:

Literasi Finansial, Pola Asuh, Sosialisasi Finansial

Abstrak

Peran literasi finansial sangat penting baik di tataran makro, maupun di level personal. Seseorang yang memiliki literasi finansial yang baik akan mampu mengelola keuangan pribadi yang pada akhirnya akan mendapatkan kesejahteraan. Saat terbaik membekali seseorang dengan literasi adalah pada usia dini, karena apa yang didapatkan di usia dini akan membekas lebih lama dalam kehidupan. Penelitian ini berupaya untuk memahami bagaimana terbentuknya sosialisasi sosialisasi oleh orangtua dalam perspektif pendidikan anak usia dini. Untuk itu digunakan dua variabel utama yaitu literasi keuangan orangtua saat ini dan pola asuh. Sebanyak 386 sampel diambil menggunakan metode survei online dan offline melalui kuesioner yang dikelola sendiri. Hasil analisis data menunjukkan hubungan yang signifikan antara literasi finansial dan pola asuh terhadap sosialisasi finansial yang diberikan orangtua kepada anak usia dini. Pada bagian akhir disampaikan saran-saran yang penting guna meningkatkan niat orangtua dalam memberikan sosialisais finansial kepada anaknya.

Referensi

Afaf, I. N., & Yendrawati, R. (2021). Sosialisasi Pentingnya Mencapai Financial Freedom dalam Mengatur Keuangan di Masa Pandemi Bagi UMKM. Rahmatan Lil ’Alamin Journal of Community Services, 1(1), 15–19. https://doi.org/10.20885/RLA.Vol1.iss1.art3. DOI: https://doi.org/10.20885/RLA.Vol1.iss1.art3

Artha, F. A., & Wibowo, K. A. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Perencanaan Keuangan, Dan Sikap Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi. majalah ekonomi dan bisnis, 19(1). https://doi.org/10.26714/vameb.v19i1.10625. DOI: https://doi.org/10.37365/ebid.v1i1.172

Atikah, A., & Kurniawan, R. R. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Locus of Control, dan Financial Self Efficacy Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan. JMB : Jurnal Manajemen dan Bisnis, 10(2). https://doi.org/10.31000/jmb.v10i2.5132. DOI: https://doi.org/10.31000/jmb.v10i2.5132

Axpe, I., Rodríguez-Fernández, A., Goñi, E., & Antonio-Agirre, I. (2019). Parental socialization styles: The contribution of paternal and maternal affect/communication and strictness to family socialization style. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(12). https://doi.org/10.3390/ijerph16122204. DOI: https://doi.org/10.3390/ijerph16122204

Bryan, R. H. (2019). Getting to why: Adverse childhood experiences’ impact on adult health. Journal for Nurse Practitioners, 15(2), 153-157.e1. https://doi.org/10.1016/j.nurpra.2018.09.012. DOI: https://doi.org/10.1016/j.nurpra.2018.09.012

Deenanath, V., Danes, S. M., & Jang, J. (2019). Purposive and unintentional family financial socialization, subjective financial knowledge, and financial behavior of high school students. Journal of Financial Counseling and Planning, 30(1), 83–96. https://doi.org/10.1891/1052-3073.30.1.83. DOI: https://doi.org/10.1891/1052-3073.30.1.83

Defiansih, D. D. (2021). Pengaruh Religiusitas, Pendidikan Keluarga, Dan Sosialisasi Keuangan Terhadap Literasi Keuangan Syariah Dengan Kecerdasan Intelektual Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 18(1), 34–51. https://doi.org/10.21831/jep.v18i1.33146. DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v18i1.33146

Fatikasari, N. (2022). Sosialisasi Menabung Sejak Dini Dalam Upaya Meningkatkan Minat Menabung Siswa Kelas 6 Sd Negeri Senden 2. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i2.2341. DOI: https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i2.2341

Ferdi, M., Amri, M., & Zaenal, M. (2022). Literasi dan Inklusi Keuangan dalam Perekonomian Indonesia : Suatu Aplikasi Panel Data. Jurnal Ekonomika dan Dinamika Sosial, 1(2), 51–70.

Hemmati, M. (2017). The relationship between information literacy and knowledge management among students and faculty members of shiraz university. International Review of Management and Marketing, 7(2), 372–377.

Irbah, A. N., Munastiwi, E., Riyadi, A. S. M., & Binsa, U. H. (2022). Peran Orang Tua Dalam Membangun Financial Education Pada Anak Usia Dini. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 137–154. https://doi.org/10.21154/wisdom.v3i2.4313. DOI: https://doi.org/10.21154/wisdom.v3i2.4313

Jazuli, A. (2021). Anteseden Financial Management Behavior: Financial Literacy Sebagai Intervening. Economic Education Analysis Journal, 10(1). https://doi.org/10.15294/eeaj.v10i1.45682.

Khairani, F., & Alfarisi, M. F. (2019). Analisis Pengaruh Financial Attitude, Financial Knowledge, Pendidikan Orang Tua Dan Parental Income Terhadap Financial Management Behavior Pada Mahasiswa S1 Universitas Andalas Padang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(1). https://doi.org/10.24815/jimen.v4i1.10489.

Khawar, S., & Sarwar, A. (2021). Financial literacy and financial behavior with the mediating effect of family financial socialization in the financial institutions of Lahore, Pakistan. Future Business Journal, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/s43093-021-00064-x. DOI: https://doi.org/10.1186/s43093-021-00064-x

Kuppens, S., & Ceulemans, E. (2019). Parenting Styles: A Closer Look at a Well-Known Concept. Journal of Child and Family Studies, 28(1), 168–181. https://doi.org/10.1007/s10826-018-1242-x. DOI: https://doi.org/10.1007/s10826-018-1242-x

Lajuni, N., Abdullah, N., Bujang, I., & Yacob, Y. (2018). Examining the predictive power of financial literacy and theory of planned behavior on intention to change financial behavior. International Journal of Business and Management Invention (IJBMI), 7(3), 60–66.

Lebaron, A. B., & Kelley, H. H. (2021). Financial Socialization: A Decade in Review. Journal of Family and Economic Issues, 42(S1), 195–206. https://doi.org/10.1007/s10834-020-09736-2. DOI: https://doi.org/10.1007/s10834-020-09736-2

Lebaron, A. B., Rosa-Holyoak, C. M., Bryce, L. A., Hill, E. J., & Marks, L. D. (2018). Teaching children about money: Prospective parenting ideas from undergraduate students. Journal of Financial Counseling and Planning, 29(2), 259–271. https://doi.org/10.1891/1052-3073.29.2.259. DOI: https://doi.org/10.1891/1052-3073.29.2.259

Marganingsih, A., & Pelipa, E. D. (2022). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, 1(2), 89–100. https://doi.org/10.55927/ministal.v1i2.310. DOI: https://doi.org/10.55927/ministal.v1i2.310

Mikeska, J., Harrison, R. L., & Carlson, L. (2017). A meta-analysis of parental style and consumer socialization of children. Journal of Consumer Psychology, 27(2), 245–256. https://doi.org/10.1016/j.jcps.2016.09.004. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jcps.2016.09.004

Moreno-Herrero, D., Salas-Velasco, M., & Sánchez-Campillo, J. (2018). Factors that influence financial literacy among young people: The role of parental engagement and students’ experiences with money matters. Children and Youth Services Review, 95(6), 334–351. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2018.10.042. DOI: https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2018.10.042

Nurdianti, R. R. S., Kurniawan, & Arnasik, S. (2020). Sosialisasi Financial Technology (FinTech) bagi Guru SMK Produktif Administrasi Perkantoran di Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.35447/prioritas.v2i01.158.

Pomares, G. A., & Villanueva, L. (2020). The effect of adverse childhood experiences on deviant and altruistic behavior during emerging adulthood. Psicothema, 32(1), 33–39. https://doi.org/10.7334/psicothema2019.142.

Purnama, E. D. (2021). Efek Lifestyle Dalam Memoderasi Pengaruh Pengetahuan Keuangan Dan Literasi Keuangan Terhadap Perencanaan Keuangan. jurnal inovasi penelitian, 1(8). https://doi.org/10.47492/jip.v1i8.322. DOI: https://doi.org/10.55681/economina.v1i3.100

Rahmalia, Z. (2022). Sosialisasi Gerakan Semangat Menabung Sejak Dini Serta Mengedukasi Perbedaan Antara Kebutuhan Dan Keinginan. jurnal pengabdian masyarakat dan inovasi, 2(1). https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.227.

Rosalia, V., Sari, D. R., & Anggia, Y. (2022). Improving Financial Literacy Knowledge from An Early Age by Socialization and Training to The Elementary School in Medan City. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2). https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v7i2.7270. DOI: https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v7i2.7270

Sari, N. E., Maruti, E. S., Fitriyani, D., & Ayuningrum, A. D. (2021). Penguatan Kecerdasan Finansial Anak Di Masa Pandemi Dengan Glass Bank. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.25273/dedukasi.v1i2.10982. DOI: https://doi.org/10.25273/dedukasi.v1i2.10982

Sugiharti, H., & Maula, K. A. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Accounthink : Journal of Accounting and Finance, 4(2). https://doi.org/10.35706/acc.v4i2.2208. DOI: https://doi.org/10.35706/acc.v4i2.2208

Vidia, M. P., & Muslih, M. (2022). Meningkatkan Kesadaran Menabung Pada Anak-Anak Sejak Dini Di Desa Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.55983/empjcs.v1i1.12.

Virdinarti, L., Khoiriyah, I. S. A., & Sacipto, R. (2020). Penerapan Financial Literacy Dalam Pengelolaan Keuangan Siswa. JURNAL KARYA ABDI MASYARAKAT, 4(1). https://doi.org/10.22437/jkam.v4i1.9830.

Vovchenko, N. G., Galazova, S. S., Danchenko, E. A., Ivanova, O. B., & Kostoglodova, E. D. (2018). Improvement of financial literacy as a crucial factor of economic development. European Research Studies Journal, 21(1), 16–24. https://doi.org/10.35808/ersj/1154. DOI: https://doi.org/10.35808/ersj/1154

Ye, J., & Kulathunga, K. M. M. C. B. (2019). How does financial literacy promote sustainability in SMEs? A developing country perspective. Sustainability (Switzerland), 11(10), 1–21. https://doi.org/10.3390/su11102990. DOI: https://doi.org/10.3390/su11102990

Zhao, H., & Zhang, L. (2020). Talking money at home: the value of family financial socialization. International Journal of Bank Marketing, 38(7), 1617–1634. https://doi.org/10.1108/IJBM-04-2020-0174. DOI: https://doi.org/10.1108/IJBM-04-2020-0174

Diterbitkan

2023-04-20

Cara Mengutip

Nurarifah, D., Yufiarti, & Dhieni, N. . (2023). Memahami Memahami Hubungan Antara Literasi Finansial Dan Pola Asuh Dengan Sosialisasi Finansial Orangtua Kepada Anak Usia Dini: 1. Pendahuluan, 2. Metode, 3. Hasil dan Pembahasan, 4. Kesimpulan, 5. Daftar Pustaka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(1), 133–139. https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.60500

Terbitan

Bagian

Articles