PROFIL PROGRAM PENDAMPINGAN SEBAGAI KEGIATAN PENGUAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI KELAS III SD WIDIATMIKA JIMBARAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v7i1.31736Kata Kunci:
pembelajaran, profil, program pendampingan, strategi pembelajaran. 概è¦, å¦ç¿’, å¦ç¿’ä¼´å¥ãƒ—ãƒã‚°ãƒ©ãƒ , å¦ç¿’ストラテジーAbstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil program pendampingan pembelajaran bahasa Jepang di kelas III SD Widiatmika Jimbaran. Penelitian ini menggunakan teori kajian pembelajaran yang mengacu pada program pendampingan pembelajaran bahasa Jepang. Data akan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Jepang di SD Widiatmika Jimbaran. Objek penelitian ini adalah kegiatan belajar mengajar yang merupakan proses dari interaksi antara guru dan siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meliputi tiga hal, yaitu sasaran, strategi dan kendala-kendala dari program pendampingan pembelajaran bahasa Jepang di SD Widiatmika Jimbaran. Sasaran program pendampingan pembelajaran bahasa Jepang di SD Widiatmika Jimbaran meliputi aspek membaca, menulis, mendengar, berbicara dan pengetahuan budaya. Strategi program pendampingan pembelajaran bahasa Jepang yang digunakan adalah strategi lagu, tanya jawab dan ceramah. Kendala-kendala yang dihadapi dalam program pendampingan adalah guru program pendampingan dan kendala media pembelajaran.要旨
本研究の目的は、ジンバランウィディアットミカ私立小学校の三年生における日本語学習支援プログラムを分析することを目的としている。本研究の目的は、日本語学習支援プログラムを参照する学習研究理論を使用している。データは、記述的な定性的方法を使用して分析される。研究の対象は、ジンバランウィディアットミカ私立小学校の日本語教師である。この研究の目的は、教師と学生の間の相互作用のプロセスである教育と学習活動である。調査方法は、観察、インタビュー及び、文献調査である。この研究の結果には3つは、ジンバランウィディアットミカ私立小学校の日本語学習伴奏プログラムの目標、日本語学習伴奏プログラムの目標を達成するための学習ストラテジーと日本語学習伴奏プログラムの障害を明らかことである。 分析した結果は、日本語学習の目標は、聞く力・読む力・話す力・書く力・文化の知識という5つの能力において、日本語能力を伸ばすことができることである。日本語学習の目標を達成するための学習ストラテジーは、 歌ストラテジーと Q&Aストラテジ講義である。日本語学習支援プログラムは、教師の指導の欠如と学習メディアの制約である。
Referensi
Armini, Ni Putu Yuli, dkk. 2018. “Profil Strategi Pembelajaran Bahasa Jepang di Kelas 4 SD Saraswati Tabanan”. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBJ/article/view/14949 (diakses tanggal 10 Desember 2019)
Arifin, Zaenal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Istiningsih, 2008. Model Pembelajaran Berbasis Among Dalam Penyuluhan. Yogyakarta: UPT-UNY
Matsumoto, 2007. Shokyuu o Oshieru. Tokyo: The Japan Foundation
Mulyasa, 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosda Karya
Purrosani, Adityo. 2015. “Program Pendampingan Pembelajaran Luar Sekolah Berbasis Wisata Pada Anak SD”. Yogyakarta: UNY
Padmadewi, Ni Nyoman. 2012. Strategi Pembelajaran Bahasa. Singaraja: Undiksha Press
Oxford, Rebecca L. 2017. “Relationship between Second Language Learning Strategies and Language Proficiency in The Context of Learner Autonomy and Self-Regulation”. Revista Canaria de Estudios Ingleses, Nomor 30 (hlm.109-126)
Rohaeti, 2019. “Program Pendampingan Kearifan Lokal Desa Adat Senaru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar”. Journal Abdimas (Lombok Utara): IKIP Siliwangi