Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X IPS SMA Negeri 3 Singaraja Tahun 2019/2020

Authors

  • Wayan Ardika Economic Education Department, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Naswan Suharsono
  • Iyus Akhmad Haris

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i2.21551

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif TipeJigsawIIdi kelas X IPS SMA Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian One Group Pre-test and Post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 3 Singaraja yang berjumlah 105 orang. Pengambilansampel menggunakan teknikpurpose sampling, karenapenulis telah menentukan sampel yang dipilihyaitu kelas X IPS 1 yangberjumlah 33 orang. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes, kemudian hasil nilai tes dianalisis denganmenggunakan uji one sample t-Test berbantuan program SPSS 24.0 for Windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil post-test lebih besar dari nilai pre-test yang ditunjukan dengan nilai rata-rata pre-test 75.76 sedangkan nilai post-test sebesar 84.73dan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Kooperatif Tipe JigsawIIterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS SMA Negeri 3 Singaraja, dengan taraf signifikasi < 5%.

Downloads

Published

2019-12-12

Issue

Section

Articles