Hidangan Tradisional Pada Kesempatan Khusus Perkawinan Di Desa Kutampi Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung Propinsi Bali

Authors

  • Ni Made Nopiawati .
  • Ni Wayan Sukerti, S.Pd, M.Pd. .
  • Ida Ayu Putu Hemy Ekayani, S.Pd., M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpkk.v2i1.4319

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan hidangan tradisional ditinjau dari segi (1) jenis hidangan, (2) peralatan, (3) proses pengolahan dan penyajian pada acara kesempatan khusus perkawinan di Desa Kutampi Kecamatan Nusa Penida. Penelitian ini dilakukan di Desa Kutampi Kecamatan Nusa Penida, dengan informan kuncinya adalah juru patus yang bertanggung jawab dalam pengadaan hidangan. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dan wawancara, kemudian data yang berhasil dikumpulkan dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa (1) hidangan yang disajikan merupakan hidangan tradisional yaitu makanan utama yang terdiri dari nasi tulen, sate lilit, sate tusuk celeng, gubah, iga, lawar, dan makanan sampingan yang terdiri dari jaje kukus, bantal, jaje uli, satuh, abug, iwel, klepet, wajik, kopi, dan teh (2) peralatan yang digunakan masih bersifat tradisional yang terdiri dari alat persiapan, pengolahan, dan penyajian, (3) teknik pengolahan yang digunakan meliputi digoreng, dikukus, dipanggang, direbus, dan disangan, serta cara penyajian hidangan menggunakan alat penyajian yang masih bersifat tradisional. Dari hasil penelitian, ada beberapa yang mengalami modernisasi yang memberikan kemudahan bagi masyarakat tetapi tidak menghilangkan kebudayaan sebenarnya.
Kata Kunci : Hidangan Tradisional ,Perkawinan, Desa Kutampi

This study aimed at: describing traditional dishes in terms of (1) the type of dishes, (2) equipments, (3) processing technique and serving technique in the special occasion such as marriage ceremony in Kutampi village, Nusa Penida Sub district, with juru patus as the key informant, who is responsible to serve the dishes. The data collection methods were interview and observation, and then the data obtained were analyzed by using descriptive qualitative analysis. The result of the research are (1) the dishes that are served are traditional foods are: nasi tulen, sate lilit, sate tusuk celeng, gubah, iga, lawar, in dissert there are jaje kukus, bantal, jaje uli, satuh, abug, iwel, klepet, wajik, coffee, and tea, (2) the equipments used are traditional, (3) the techniques of processing the dishes are fried, steamed, baked, boiled, and disangan, and the way of serving the dishes is also using traditional equipments. Based of the research, There are some suffered the modernization of that wich give ease for the public but cultures which actually not dissipate.
keyword : Traditional Dishes of Bali, Marriage Ceremony, Kutampi Village

Published

2014-11-06

Issue

Section

Articles