PENGGUNAAN LKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELAYANI MAKANAN DAN MINUMAN DI KELAS XI BOGA 2 SMK NEGERI 1 SERIRIT

Authors

  • Ni Putu Sri Kristyani .
  • Ni Desak Made Sri Adnyawati, S.Pd,M.Pd .
  • Luh Masdarini, S.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpkk.v2i1.4320

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Peningkatan hasil belajar siswa dalam melayani makanan dan minuman di kelas XI boga 2 SMK Negeri 1 Seririt melalui penggunaan LKS, 2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan LKS pada melayani makanan dan minuman di kelas XI Boga 2 SMK Negeri 1 Seririt. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI Boga 2 SMK Negeri 1 Seririt dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Jumlah siswa laki-laki sebanyak 21 orang dan 15 orang jumlah siswa perempuan.Objek penelitian berupa hasil belajar siswa dan respon siswa dalam kompetensi dasar membuat minuman non-alkohol.Data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes, dan observasi. Sedangkan untuk respon siswa, data di kumpulkan menggunakan angket. Pada penelitian siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 73,75, sedangkan ketuntasan klasikal sebesar 52,78%. Pada penelitian siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar siswa, terbukti dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 73,75 menjadi 79,02 sedangkan ketuntasan klasikal meningkat dari siklus I sebesar 52,78% menjadi 94,44%. Berdasarkan angket respon siswa terhadap penggunaan LKS pada mata pelajaran melayani makanan dan minuman khususnya dalam kompetensi dasar membuat minuman non-alkohol adalah positif dengan rata-rata sebesar 51,66
Kata Kunci : Kata kunci: LKS, Hasil Belajar, Respon Siswa

The objectives of this research were: 1) improving students’ learning performance of XI Boga Class SMK Negeri 1 Seririt in serving food and beverage through the implementation used by Students’ Work Sheet, 2) describing students’ response through the implementation Students’ Work Sheet in used XI Boga Class SMK Negeri 1 Seririt in serving food and beverage. This research was Classroom Action-Based Research in which the subject of this research was students in XI Boga Class SMK Negeri 1 Seririt. This class consisted of 36 students, 21 males, and 15 females. The objects of this research were students’ learning performance and responses in basic competency of making non-alcohol beverage. The data of students’ learning performance was obtained through test and observation. Meanwhile, students’ responses data was obtained through questionnaire. In cycle I, the mean score of students was 73,75 meanwhile the passing classical was about 52,78%.In cycle II, it showed the improvement students’ learning performance. It was seen from the improvement of mean score in cycle I was 73,75 into 79,02 in cycle II and passing classical from cycle I was 52,78% into 94,44% in cycle II. Based on the questionnaire, the students’ responses through the implementationof used by Students’ Work Sheet in basic competency of making non-alcohol beverage was positive with the mean 50,11
keyword : Keywords: Students’ Work Sheet, Learning performance, Students’ Responses

Published

2014-11-06

Issue

Section

Articles