Hubungan HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PASTRY AND ARTS PADA MAHASISWA PRODI PKK KONSENTRASI TATA BOGA

Minat Belajar dan Hasil Belajar

Authors

  • Suci Ramadhani Musliadi sucira1210@gmail.com

Keywords:

Minat Belajar, Hasil Belajar, Pastry and Arts

Abstract

Penelitian ini di Latar Belakangi karena Hasil Belajar mahasiswa Mata Kuliah Pastry and Arts pada Mahasiswa Prodi PKK Konsentrasi Tata Boga tergolong Tinggi yaitu Dengan Pujian. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan Minat Belajar dengan Hasil Belajar mata kuliah Pastry and Arts pada Mahasiswa Prodi PKK Konsentrasi Tata Boga. Jenis Penelitian ini Deskriptif Kuantitatif dengan Pendekatan Korelasional. Penelitian dilakukan di Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Negeri Padang. Populasi mahasiswa sebanyak 106 Orang dan Sampel sebanyak 51 Orang dengan menggunakan teknik Sampel Random Sampling. Sumber data penelitian adalah Mahasiswa Prodi PKK Konsentrasi Tata Boga yang telah mengambil Mata Kuliah Pastry and Arts pada Angkatan 2018 dan 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket/Kuesioner yang di ukur menggunakan Skala Likert. Teknik Analisis Data dilakukan dengan Analisis Koefisiensi Korelasi dan Uji Koefisien Korelasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa Minat Belajar Pastry and Arts pada Mahasiswa Prodi PKK Konsentrasi Tata Boga secara keseluruhan termasuk ke dalam Kategori Sedang 21 (41%), dan Hasil Belajar Pastry and Arts pada mahasiswa Prodi PKK Konsentrasi Tata Boga pada Angkatan 2018 dan 2019 berada pada Kategori Sangat Baik yaitu Dengan Pujian dengan Hasil Frekuensi 31 (61%). Berdasarkan Uji Hipotesis Terdapat Hubungan yang Positif dan Signifikan antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar pada Mahasiswa Prodi PKK Konsentrasi Tata Boga dengan Hasil Nilai memperoleh nilai Signifikan sebesar 0,000.

References

Arif, M. F., Askandar, N. S., & Mahsuni, A. W. (2020:60-74). Analisis Pengaruh Persepsi Profesi Akuntan Publik, Motivasi dan Kecerdasan Adversity Mahasiswa Universitas Islam Malang Terhadap Minat menjadi Akuntan Publik. E-Jra: Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 09(01).

Djaali. (2017). “Psikologi Pendidikan”. Jakartsa: PT. Bumi Aksara.

Damanik, Nanda Ramadhan. (2022:46-53) Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan pada siswa kelas XII RKR di SMK Bima Utomo BS Batang Kuis. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Otomotif. Volume 2, No 2, Agustus 2022 pada Https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/roda/article/view/42939 (diakses pada tanggal 4 Februari 2023)

Kusumaningtyas, M. T. (2012:1-15). Pengaruh Persepsi dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Jurusan Akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Berkarir di Bidang Perpajakan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, 1(2).

Mahendra, Agus. (2018). “Teori Belajar dan Pembelajaran Motorik”. Bandung: 2018.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2013). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”. Jakartsa: PT. Rineka Cipta.

Suwardi, D. R. (2012:1-7). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian mata pelajaran akuntasi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bae Kudus. Economic Education Analysis Journal, 1(2).

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020:236-240). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3).

Downloads

Published

2023-11-30