PEMANFAATAN PERCA BROKAT MENJADI PRODUK AKSESORIS

Authors

  • Syifaullinnas Hs .
  • I Gede Sudirtha, S.Pd, M.Pd .
  • Ni Ketut Widiartini, S.Pd.,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpkk.v4i1.6552

Abstract

Penelitian jenis eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui kualitas aksesoris perca brokat berupa jepit rambut, anting, kalung, gelang dan cincin dilihat dari prinsip desain. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data adalah metode observasi. Produk aksesoris diuji oleh 16 orang panelis ahli. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar uji mutu hedonik dengan lima tingkatan (sangat baik, baik, cukup baik, kurang baik, sangat kurang baik). Kemudian dianalisis melalui analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk aksesoris dilihat dari aspek prinsip desain yaitu: 1) Kualitas produk aksesoris jepit rambut dilihat dari aspek prinsip desain berada dalam kategori sangat baik sesuai tolok ukur yakni keselarasan (3,9), keseimbangan (3,67), irama (3,7). 2) Kualitas produk aksesoris anting dilihat dari aspek prinsip desain sangat baik sesuai tolak ukur yakni keselarasan (3,56), keseimbangan (3,5), pusat perhatian (3,5). 3) Kualitas produk aksesoris kalung dilihat dari aspek prinsip desain berada dalam kategori sangat baik sesuai tolok ukur yakni keselarasan (3,93), keseimbangan (3,81), pusat perhatian (3,5). 4) Kualitas produk aksesoris gelang dilihat dari aspek prinsip desain berada dalam kategori sangat baik sesuai tolok ukur yakni keselarasan (3,81), irama (3,56), keseimbangan (3,75). 5) Kualitas produk aksesoris cincin dilihat dari aspek prinsip desain berada dalam kategori sangat baik sesuai tolok ukur yakni keselarasan (3,68), keseimbangan (3,5), pusat perhatian (3,9).
Kata Kunci : aksesoris, kualitas, perca brokat.

Research of this type of experiment aims to determine quality brocade patchwork accessories such as hair clips, earrings, necklaces, bracelets and rings views of the design principles. The method used to obtain the data are observational methods. Accessories products tested by 16 panelists expert. Data collection instruments used are the hedonic quality test sheet with five levels (excellent, good, fairly good, poor, very poor). Then Analyzed through descriptive analysis of qualitative and quantitative. The results showed that the product quality accessories from the aspect of design principles, namely: 1) Quality of products accessories hairpin seen from the aspect of design principles are in very good category that is appropriate benchmarks alignment (3.9), balance (3.67), rhythm (3.7). 2) The product quality earrings accessories from the aspect of excellent design principles appropriate benchmark for the alignment (3.56), balance (3.5), the center of attention (3.5). 3) Quality of products necklace viewed from the aspect of design principles are in very good category appropriate benchmarks that alignment (3.93), balance (3.81), the center of attention (3.5). 4) Quality of products accessories bracelet from the aspect of design principles are in very good category appropriate benchmarks that alignment (3.81), rhythm (3.56), balance (3.75). 5) Quality of products accessories ring viewed from the aspect of design principles are in very good category appropriate benchmarks that alignment (3.68), balance (3.5), the center of attention (3.9).
keyword : accessories, quality, brocade patchwork.

Published

2016-02-24

Issue

Section

Articles