Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Lks Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Melakukan Persiapan Pengolahan Di Smk Pariwisata Triatma Jaya Singaraja

Authors

  • Luh Era Desiyana .
  • Dra. Risa Panti Ariani, M.Si. .
  • Luh Masdarini, S.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpkk.v4i1.6639

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatkan hasil belajar siswa, dan (2) respon siswa terhadap penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD berbantuan LKS pada Mata Melakukan Persiapan Pengolahan, siswa kelas X Jasa Boga 2 SMK Pariwisata Triatma Jaya Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah, siswa kelas X jasa Boga 2 SMK Pariwisata Triatma Jaya Singaraja yang berjumlah 31 orang. Data hasil belajar diperoleh dengan tes hasil belajar dan tes unjuk kerja. Data respon siswa dikumpulkan dengan menggunakan angket tertutup. Analisis data dilakukan secara deskiptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD berbantuan LKS dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu pencapaian ketuntasan klasikal siklus I sebesar 19,35% dan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 90,32%, terjadi peningkatan ketuntasan klasikal siklus I ke Siklus II sebesar 70,97%, dengan klasifikasi memenuhi KKM, (2) Respon siswa terhadap Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan LKS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Melakukan Persiapan Pengolahan di SMK Pariwisata Triatma Jaya Singaraja diperoleh rata-rata skor sebesar 78,38 dengan kualifikasi positif.
Kata Kunci : Kata kunci : Hasil Belajar , LKS, Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Respon.

Abstrack This research aims to find out (1) increase student learning outcomes, and (2) student response against the application of the Cooperative Learning Type STAD using the student worksheet Categorized in Melakukan Persiapan Pengolahan, students of class X Jb2 SMK Triatma Jaya Singaraja. This research is a research action class, implemented in two cycles, each cycle consisting of planning, implementing, observation/evaluation, and reflection. The subject of the research is, students of class X Jb2 Triatma Jaya Singaraja totalling 31. Learning outcome data was obtained by tests the results of the study and test performance. Student response data is collected using the now closed. The data analysis done in quantitative deskiptif. The results showed that (1) the application of the Cooperative Learning Type STAD using the student worksheet can improve student learning results, i.e. the achievement of classical ketuntasan cycle I of 19.35% and cycle II obtained ketuntasan of classical 90,32%, an increase in cycle I of classical ketuntasan to the Cycle II of 70,97%, with classification meets the KKM, (2) student response against the application of the Cooperative Learning Type STAD using the student worksheet to improve the results of the Study Subjects Do Preparation processing in SMK Pariwisata Triatma Jaya Singaraja obtained an average score of 78.38 with positive qualification.
keyword : Keywords: results of learning, student worksheet, Cooperative Learning type STAD, response.

Published

2016-03-02

Issue

Section

Articles